Minggu, 29 Agustus 2010

Jalang Kotek


Namanya sih aneh...tapi sebenarnya jajan ini mirip dengan pastel. Bisa dibilang pastelnya Sulawesi gitu loooh....renyah kulitnya dan gurih isinya. Pokoe...enak dinyemil panas-panas dengan kuah sambelnya...

Bahan kulit :
- 250 gr terigu protein sedang/serbaguna
- 1/2 sdt garam
- 125 - 150 ml air hangat
- 15 gr margarin leleh
- 2 sdm minyak panas

Bahan isi :
- 2 buah wortel, potong kecil kotak
- 2 buah kentang, potong kecil kotak
- 200 gr daging cincang
- 100 gr tauge
- 1/2 bks soun, seduh air lalu tiriskan
- 1 batang daun bawang
- 2 tangkai seledri
- garam secukupnya
- gula pasir secukupnya
- 1 sdt saos tiram
- 4 butir telur ayam rebus, bagi menjadi 8 potong

Bumbu (haluskan):
- 5 buah bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica

Kuah sambel (blender semua lalu masak sampai mendidih):
- 2 siung bawang putih
- 4 buah cabe rawit
- 200 ml air
- 1/2 sdt cuka
- 2 sdm gula pasir
- garam secukupnya


Cara membuat :
  1. Isi : tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai wangi, masukkan daging cincang. Aduk sampai berubah warna. Masukkan wortel dan kentang. Tambahkan garam dan gula pasir serta saos tiram. Aduk lagi sampai lunak. Masukkan rajangan daun bawang dan seledri. Terakhir masukkan tauge lalu berikutnya soun. Matikan api. Dinginkan.
  2. Kulit : campur terigu dan garam dalam wadah. Aduk rata. Tuangi margarin leleh dan minyak panas sambil diaduk-aduk. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Tidak perlu diuleni sampai kalis. Cukup sampai rata saja.
  3. Ambil sedikit adonan, taburi tepung lalu giling di gilingan mie dari ukuran besar sampai yang terakhir ukuran 4 (atau tergantung selera apabila suka tebal atau tipis kulitnya). Ingat untuk selalu menaburkan tepung agar adonan tidak melekat di gilingan. Selain itu akan kelihatan lapisan-lapisan yang cantik.
  4. Potong dengan cutter bulat atau apa saja yang berbentuk bulat diameter sekitar 7 cm.
  5. Beri isian dan telur, tangkupkan lalu bentuk pinggirnya seperti pastel. Menggunakan 2 jari tangan, jempol dan jari tengah lipat ke arah dalam saling bersambungan.
  6. Selesaikan semua adonan dan letakkan di talam bertabur tepung.
  7. Goreng dalam minyak panas sambil disirami minyak agar terbentuk gelembung yang menjadi ciri khasnya. Kecilkan api menjadi sedang. Goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan dengan tisue makanan.

13 komentar:

rhythm of shutter mengatakan...

mba resepnya aku coba ya.. akhirnya nemu juga resep kuah sambelnya...

Hesti HH. mengatakan...

IYa silahkan mbak. Itu kalo sambelnya mau agak kental tinggal ditambah maizena. KAlo bawang putihnya besar cukup satu siung aja biar gak blenger baunya.

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak hesti, mau nanya nich, kulit pastelnya tahan renyah nga? thanks ya

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mbak,

Sayangnya kulit pastel ini gak bertahan kerenyahannya kalau dingin. REnyahnya ketika panas saja. Mungkin karena kulitnya tipis jd tidak bisa menahan kelembaban dari isiannya. Kalo bikin tebal dikit mungkin bisa garing mbak...

Anonim mengatakan...

Assallamualaykum...mbak hesti kalo kulitnya di buat dg terigu cakra kembar protein tinggi bisa ndak mbak...pengaruh ndak dgn hasil akhir kulitnya...?

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Saya sendiri belum pernah coba mbak jd ngga tau hasilnya gimana. Maaf gak bisa bantu ya

fersa salma mengatakan...

Akhirnya nemu jg Resep jalangkote.. Salam kenal mbak Hesti,, tau Soppeng ka iyya..

Hesti HH. mengatakan...

Haloooo salam kenal juga Fersa...apa kabar Soppeng ?? hehe

fersa salma mengatakan...

Alhamdulillah baik mbak Hesti.. Hehe.. Mbak, sy kan skrg tinggal di Surabaya, nti lebaran mau bikin burasa' biar serasa di kampung.. Minta resep Burasa'nya yg lengkap ya mbak.. Maaf loh sbelumnya ngerepotin..

Hesti HH. mengatakan...

Waaaa saya belum pernah bikin burasa sendiri. Kalau lihat orang sih pernah...tapi lain kali kalau bikin insyaAllah dipasang di blog yaaaa

Anonim mengatakan...

Tawwa lengkapna resepna...
Jadi semangat ka coba...
Ada resepta bikang doang kak ?

Hesti HH. mengatakan...

Hahaha alhamdulillah, bikang doang adaji silahkan cari di snack gurih

Anonim mengatakan...

Sukses kaaa, terima kasih reseptaaa
Enaknya gank....

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails