Kamis, 19 Agustus 2010

Nastar


Nastar umumnya dibentuk bulat kecil. Tapi kalau mau tampilannya lebih cantik bisa dicetak menggunakan cetakan nastar/terlet kecil lalu atasnya dihias dengan keju parut....hmmm...berikut resepku...

Bahan :
- 50 gr margarin
- 100 gram butter
- 60 gr gula bubuk
- 2 kuning telur
- 1 putih telur
- 25 gr susu bubuk full krim
- 300 gr tepung terigu protein sedang
- 150 gr keju permesan/cheddar

Selai nenas:
- 1 kg nanas, parut
- 400 g gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 batang kayu manis
- 1/2 sdt agar bubuk

Olesan :
- 5 kuning telur
- 1 sdm air
- 1/2 sdt minyak sayur
- 100 gr keju parut


Cara membuat :
  1. Selai nenas : masak nanas dan kayu manis sampai kandungan airnya menyusut. Tambahkan gula pasir, garam dan masak dengan api kecil sampai airnya habis. setelah api akan dimatikan segera tambahkan agar bubuk. Aduk sampai kalis. Angkat, dinginkan.
  2. Kocok mentega, margarin, gula, dan telur asal rata. Masukkan keju parut, aduk rata. Masukkan terigu secara bertahap sampai tercampur rata.
  3. Cetak menggunakan cetakan nastar. Panggang dengan api 125 C sampai setengah matang. Keluarkan dari oven. Lepaskan dari cetakan, beri kuning telur dan taburi keju parut (cara ini menghindari masalah kue yang sulit terlepas dari cetakan karena terkena kuning telur)
  4. Panggang lagi sampai kuning garing, dan keju mengering. Hilangkan panas. Simpan di dalam wadah kedap udara.

Source : Resep diambil dari buku 'Kue kering coklat, kastengel dan nastar' oleh Ny. Liem

10 komentar:

Anonim mengatakan...

Mba, kalo pake cetakan gitu susah nggak ngeluarinnya? aku pernah bikin sus pake cetakan pie kecil.. dan keluarnya susah banget... salahku sih gak dioles margarine... nyucinya masyaAllah susahnya.. :-(

aisy

Eci mengatakan...

mba kalo gak pake cetakan,itu apa harus setengah mateng jg ngoles kuning telur dan tabur kejunya?

Hesti HH. mengatakan...

Nggak mesti mbak, boleh langsung dioles. tapi kalau mau hasil akhir yang kuning atasnya (nggak kecoklatan olesannya) ya dioles separuh jalan mbak.

Anonim mengatakan...

Mba beli cetakannya dimana ya? Modelnya spt cetakan pie gitu ya..

Hesti HH. mengatakan...

di toko kue lokal aja mbak di sini (Sorowako) memang khusus tuk tarlet imut...

Eci mengatakan...

mba...itu bikin selai nanasx kayu manisnya tetep bentuk batangan begitu lsg dimasak dg nanasx? kira2 tetep enak ga kalo gak pake kayu manis?

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, utuh aja. Nggak pake jg nggak apa apa kok tetep enak.

sribudi utami mengatakan...

Mbak kalau pakai cetakkan itu ngisinya penuh apa setengan, soalnya tami pernah buat pakai cetakan seperti itu, waktu keluarinya malah banyak yang hancur. isi selainya tidak bisa banyak ya?

Hesti HH. mengatakan...

ISi dulu separuh untuk dasarnya, Selesaikan semua cetakan. Lalu sekaligus beri isi semua. Terakhir tutup dengan sisa adonannya dan rapatkan agar dalamnya gak ada spacenya. JAdi harus bisa dikira kira adonannya. Usahakan sisa adonan cukup untuk adonan tutupnya ^^

Saya alhamdulillah mudah banget ngeluarinnya mbak padahal nggak dioles. Caranya...bali semua cetakan berisi kue lalu gunakan penjepit untuk mengangkat cetakan. Biasanya yg bikin lengket itu kalau olesan kuning telur sampai ke pinggir dan mengenai cetakan. Kalau saya setengah waktu panggang dikelaurin semua cetakannya lalu dioles, tabur keju dan dipanggang kembali.

ISinya bisa banyak asal kulitnya tipis tapi biasanya jadi asem kalao kebanyakan.

Dwi Lastuti mengatakan...

mbak,
nastar supaya renyah garing pake apa ya? py ku teksturnya agak basah. makasih mbak.

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails