Senin, 21 Juni 2010

Chocolate Pie




Bahan Pie :
- 75 gr mentega asin
- 120 gr tepung terigu protein sedang
- 30 gr almond bubuk
- 2 sdm gula halus
- 1/4 sdt garam halus
- 1 kuning telur

- 2 sdm air es

Bahan Custard Filling:

- 2 kuning telur
- 1 sdm gula kastor
- 100 gr dark cooking chocolate

- 150 ml krim kental

- 125 ml susu cair
- 1 sdm tepung custard

Bahan Topping Ganache:
- 100 ml krim kental
- 150 gr dark cooking chocolate


Cara membuat:
  1. Taruh tepung, gula, garam di dalam wadah dan aduk sampai tercampur rata. Tambahkan mentega dan aduk menggunakan jari-jari tangan atau sendok garpu sampai terbentuk butiran kasar, tambahkan kuning telur dan air es perlahan sambil diaduk sampai membentuk gumpalan yg dapat digiling. Bungkus dalam cling wrap dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 15-20 menit.
  2. Panaskan oven dgn panas 375 F. Giling adonan kulit membentuk bulat sesuai dgn ukuran ring pie. Letakkan adonan merata dan sisihkan kelebihannya. Tusuk2 dgn garpu.
  3. Panggang sekitar 15 menit sampai kulit agak kekuningan.
  4. Sementara itu untuk membuat custard fillingnya, campur telur, tepung custard dan gula dalam panci, Tambahkan coklat, krim, dan susu dan aduk dgn api rendah. Aduk sekali-sekali sampai coklat meleleh dan campuran krim tadi menjadi licin. Angkat dari api.
  5. Tuang adonan filling ke dlm kulit pie lalu panggang sekitar 20 menit atau sampai custardnya kelihatan kokoh. Angkat dari oven.
  6. Buat bahan ganachenya. Panaskan krim asal panas saja, jangan sampai mendidih, lalu masukkan cincangan dark cooking tadi, aduk sampai licin. Tuang ke atas custard filling. Dinginkan.
  7. Simpan dalam kulkas sampai dingin.
  8. Sajikan di atas piring dengan serutan coklat dan taburan gula icing.
Cat: Kalau ingin membuat dengan ukuran yang lebih kecil, resepnya sama saja tinggal mengganti cetakan ring besar dengan cetakan tarlet yang kecil seperti di bawah ini.



Source: Resep filling dimodifikasi dari http://www.taste.com.au/recipes/22174/chocolate+tart.

38 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo ga da almond bubuk, ngaruh ga mba? trus pengen crustnya coklat juga, kira" di tambah coklat bubuk brp gram ya? sama bisa ga itu pke loyang pie 22cm? thnx

Hesti HH. mengatakan...

Coba cek di resepku yang lain mbak. Ada kok yang crustnya gak pake almond cuman tepung sama cokelat bubuk. Coba buka di http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/07/kbb-24-rich-chocolate-tart.html

Nggak kalah enaknya...
Loyang 22 bisa kok. Kalo adonannya lebih bisa dibentuk di cetakan tart/pie mini. Kalo nggak ada bisa pake cetakan muffin.

Anonim mengatakan...

yang rich chocolate pie...itu adonannya ga terlalu lembek ya mba? komposisi butternya banyak sih...biasanya 1:2 ama trigu...

Hesti HH. mengatakan...

Bener...agak lembek. Ketahuan kok dari perbandingan tepung mentega. Walaupun tetap bisa dibentuk tapi hasil akhirnya juga ngga terlalu bagus. Terlalu rapuh...

miss.kembang mengatakan...

Mba kl ga ada tepung custard gpp y?itu apa sih mba?

Hesti HH. mengatakan...

Nggak masalah mbak. Sama aja cuman kalo tepung custard itu udah ada vanilinya (pewangi) pewarna kuningnya...tapi sama aja fungsinya.

miss.kembang mengatakan...

Jd sy ga perlu ganti tepungnya?dignti maizena ga perlu?mw cb hr ini hihihi

Hesti HH. mengatakan...

Kalo cuma satu sendok pake maizena aja mbak, nggak usah sampe beli tepung custard...kecuali emang udah punya.

miss.kembang mengatakan...

Mba kl adonan fillingnya pk putih telurnya jg apa pengaruhnya ya?

Hesti HH. mengatakan...

Sejujurnya saya juga nggak ngerti. Tapi biasanya ada bagian kental dari putih telur yang bikin adonan bergerindil. Dan pasti less creamy dibanding yang pure kuning telur mbak...

miss.kembang mengatakan...

Mba ada tips spy mahir naro adonan pienya ke loyang pie?kok aq slalu retak pas ditaro trs bnyk yg lepas n patah2 gt...huksss

btw hasil dr putih telurnya itu akhrnya tlalu eneuk rasanya...krg enak mba hehehe

Hesti HH. mengatakan...

Kadang kadang aku begitu mbak...nggak papa ditambal aja ^^. Kalo mau adonan nggak terlalu kering, menteganya bisa ditambah dikit atau air esnya bisa ditambah 1 sdm

miss.kembang mengatakan...

Trus mba kl adonan filling pas dimkn suka brasa yg grenjel2 gt....knp y mba?apa gula sm custardnya ga ancur yaa?ada tipsnya ga mba?hehehe maap bnyk tnya ;p

Hesti HH. mengatakan...

Apa mungkin telurnya yang bergerindil mbak. Kalo gula kan terasa kasarnya. Bisa juga panaskan krimnya sampe mendidih atau hampir mendidih. Mungkin sebaiknya campuran susu, custard dan telur diaduk rata lalu saring. Setelah itu tambahkan bahan lain dan panaskan sampai kelihatan licin saja...

Anonim mengatakan...

Krim kental bisa di ganti kah mbak,soale dsni ƍäª ada krim kental :(

Hesti HH. mengatakan...

Kayaknya bisa mbak tapi kurangi aja jumlahnya dikit biar nggak encer.

Nit's mengatakan...

Mba..salam kenal yaa... mba mau tanya biasanya manggang kulit pie nya itu brp lama? Trus tau nya klo kulitnya udh mateng gmn? Trus kulit pie itu bisa disimpen smp brp lama di toples kedap udara? Makasih mba :)

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal MBak Nit,

Waktu panggang tergantung tebal tipis adonan kulit dan juga besar kecilnya. Selain itu panas oven juga berpengaruh karena semakin panas semakin cepat matangnya. Tapi normalnya untuk mini pie itu sekitar 15-20 menitan. Kelihatan dari warnanya yang dikit berubah menjadi kekuningan. Cara yang paling aman biar nggak
gosong setelah 15 emnit ambil dulu satu pienya lalu keluarkan dari loyang dan lihat bagian bawahnya kalau dah kuning kecoklatan artinya dah matang.

Untuk penyimpanan yang paling bagus adalah maksimal bisa sampe seminggu dalam wadah kedap udara.

Nit's mengatakan...

mba hesty... pie nya udh jadi, wanginya enaakk, trus pas aq coba, enaaakkk buangeettt tapii kulit pie nya blum mateng :(( , mana udh aq ksh filling n ganache lagi :( .. bisa di oven lg ga tu mba? oven ku kan otang biasa, panasnya ga rata, td aja kulitnya aq oven 1 jam kurleb....

Hesti HH. mengatakan...

Kalau udah dikasih filling, masih bisa sih dipanggang sebentar tapi karena udah dikasih topping juga, agak susah tuh mbak, entar meleleh toppingnya. Lama juga ya manggang kulitnya, mungkin apinya harus ditambah mbak, karena memang panas oven beda beda, yang jelas sudah ada pengalaman entar kalau bikin lagi inshaAllah tambah oke. makasiiiiih infonya ya mbak ^^

Nit's mengatakan...

ga jadi dioven lg mba, dah keburu abis heheehe....aq masukin kulkas, dingin2 enaak... ga sabar mau bikin pie yg laennya lagi... makasih juga mba resep2 nya, ga sabar mau coba yg lain jg... jgn bosen2 bakal ditanyain trus ya mba hihihi..

Hesti HH. mengatakan...

Syukurlah mbak kalo suka, ditunggu percobaan resep berikutnya yaaaa...

Anonim mengatakan...

mbak krim kental nya bisa di gnti dgn susu nggak?
atau ada pengganti yang lain? soalnya di sini krim kental susah di cari

Hesti HH. mengatakan...

Takut encer mbak...soalnya beda konsistensinya. kalau nggak ada bisa pake whipped cream non dairy (contoh:merk Haan) tinggal dicampur air sesuai takarannya llalu diberlakukan seperti krim kental cuman beda di rasanya. Enakan dairy...

hera mengatakan...

Mbak Hesti nanya lagi, kalau tidak ada tepung almond saya harus menggantinya dengan apa? Soalnya saya tinggal di kabupaten mbak, kalau coklat masak sih ada tapi tepung almond...yang jaga toko saja nanya tepung almond itu apa (hhh...cape deh)

Hesti HH. mengatakan...

Boleh diganti terigu mbak, gak terlalu jauh beda. Sekarang aku gak pernah pake almond kalo bikin. Semuanya terigu dengan jumlah yg sama...

agoes prints mengatakan...

klo resep kulit pienya coklat gmn mb?

Fe mengatakan...

halo mbak...salam kenal...mau nanya nich, kalo krimkental + susu cair diganti susu kental manis coklat kira-kira bisa nggak ya ? makasih mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan cari di bagian label chocolate atau pie. Ada kok sdh pernah saya bikin ^^

Hesti HH. mengatakan...

salam kenal jugaaa...
Nggak bisa diganti susu kental mbak karena manis sekali nanti hasilnya. Teksturnya jg akan beda...

Namirah Yasmin mengatakan...

Salam kenal Mbak Hesty... saya sudah praktek pie coklat ini... cuma cara motong pie agar bisa secantik punya mbak Hesty bagaimana?? punya saya amburadul, fillingnya kemana mana.. he he he ... mohon tipsnya..... terima kasih

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak....
Gampang mbak, biar rapi dan pisaunya gak belepotan celupkan dulu pisaunya dalan air panas mendidih lalu lap dan gunakan untuk memotong. InsyaAllah rapi mbak...

Anonim mengatakan...

Mba hesti salam kenal.. Kalau ga ada oven mba pie ini bisa dikukus kah. Maaf amatiran. Terimakasih.. Sari.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mba...kalau kue cake bisa mba dikukus tapi kalau pie ngga bisa karena ciri khasnya yg renyah akan hilang. Malah mungkin jadinya bantat atau keras karena basah dari uap air.

ayu mulyasari mengatakan...

Kalau ini pake loyang ukuran brp mba?

Hesti HH. mengatakan...

21 cm mba tapi ada sisanya saya taryuh di loyang kecil

Erika Ciajali mengatakan...

Kalo krim kental saya ganti cooking cream bisa g mbak?

Erika Ciajali mengatakan...

Kalo krim kental di ganti cooking cream bs gak mbak?

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails