Kamis, 17 Juni 2010

Klappertaart

Bahan Custard:
- 1000 cc susu cair
- 230 gr gula pasir
- 50 gr tepung terigu
- 50 gr tepung custard
- 50 gr tepung maizena
- 150 gr margarin/mentega
- 9 btr kuning telur
- 1 sdt vanili bubuk
- 2 btr kelapa muda (serut, jgn sampai kena bagian kulitnya)
- 100 gr kenari panggang

Bahan Topping :
- 6 butir pth telur
- 4 sdm gula pasir
- kismis secukupnya (direndam air hangat)
- kayu manis bubuk

Cara membuat:
  1. Larutkan susu, gula, dan tiga macam tepung, saring. Panaskan di atas kompor sambil diaduk terus menggunakan sendok kayu sampai mengental dan meletup letup.
  2. Angkat dari api, panas panas masukkan mentega atau margarin, aduk rata.
  3. Masukkan kenari aduk rata. Setelah itu masukkan kuning telur satu persatu sambil diaduk sampai rata (boleh jg menggunakan mixer), lalu masukkan kelapa muda, aduk rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam pyrex persegi atau talam lebar beroleskan mentega. Boleh juga menggunakan cup alumunium kecil.
  5. Panggang dgn panas oven 325 F selama kurang lebih 30 menit sampai agak meletup-letup.
  6. Sementara itu kocok putih telur bersama gula yg diturunkan sedikit demi sedikit sampai kaku.
  7. Semprotkan topping di atas adonan tadi dan taburi kayu manis bubuk dan kismis.
  8. Panggang lagi dgn api atas sampai topping berwarna kekuningan.



Cat: Bagi penyuka keju bisa dimodifikasi dgn tambahan keju parut untuk topping atau dicampur dalam adonan.


Source: Resep ini dimodifikasi dari dapur Pennylanenya Mbak Riana (resep klappertart Wiltonnya Mbak Ruri alm)

16 komentar:

Ulien Gobel mengatakan...

Assalamu'alaikum...
salam kenal mba... semoga mba dan keluarga selalu diberikan kesehatan... amin.

mba, aku suka banget sama klapertart, tapi setiap buat kenapa selalu cair yah? ngga pernah berhasil buatnya, apa karena kurang terigunya? mohon sarannya dari mba Hesti. terima kasih

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Amiiiin makasih mbak doanya semoga mbak Ulien juga sehat selalu ya.

Iya mbak, biasanya kalau terlalu lembek memang kurang tepung, bisa ditambah sedikit dari takaran yg biasa. harusnya konsistensinya kayak vla padat. Bukan vla cair (seperti tuk puding)

catatan emma mengatakan...

salam kenal mbak Hesti, sy emma... biasanya klappertaart basah tahan berapa hari ya mbak?

catatan emma mengatakan...

salam kenal mbak hesti, sy emma. biasanya klappertaart basah tahan berapa lama ya mbak ?

Ike mengatakan...

mba Hesti, kalau saya mau buat setengah resep saja jadinya kuning telurnya pake berapa biji mbak?dan itu kalo pake loyang biasa aja manggangnya bisa?loyang di oles margarin terus dikasih aluminium foil terus oles margarin lagi atau bagaimana mba?maaf nanyanya banyak, masih pemula ini mbak :D

Hesti HH. mengatakan...

@Emma : kalau yang basah bisa 4-5 hari di kulkas. Kalau di suhu uang cuman sehari semalam

@Ike : 5 kuning telur mba kalau kecil telurnya tapi kalau gede gede bisa pakai 4 aja. bisa dong pakai loyang jangan lupa dioles ya ngga usah dikasih alumunium foil lagi.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum
Mbak aku ijin praktek resepnya ya.
Semoga menjadi amal baik buat Mbak,

Terimakasih

Lusi Ambarsary mengatakan...

salam kenal mbak Hesti, izin share resepnya ya mbak, oya klau tepung curtard apa ya mbak

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : makasih doanya mba,,,

@Lusi : silahkan mba, tepung custard itu tepung kalengan merknya Hercules yg biasa saya pakai. Terbuat dari maizena yg sudah diberi perasa dan pewarna

Unknown mengatakan...

saat step terakhir, panggang lagi hingga topping kekuningan biasanya berapa lama ya kira2 mba hesti? ^^

Hesti HH. mengatakan...

Beda oven beda waktunya mba. Kalau saya api atas gak bisa diatur mba karena panas sekali jadi cuman sebentar sekitar 10 menit

Adelina Ramba mengatakan...

Hallo mbak Hesti.. makasi buat resep-resepnya ya.. suka banget sama resepnya mbak hehe..
Mbak kl mau d tambahkan rhum itu gimana ya?
Makasi

Anonim mengatakan...

salam mb hesti.saya tari,jadi silent reader selama 1th terakhir,semenjak saya mulai suka memasak.dan sdh beberapa saya praktekin tanpa ijin(sekalian minta ijin ya mb). termasuk klappetart ini, enaaaak sekali walaupun dengan bhn seadanya tanpa tepung custard dan kenari, dan berkali kali bikin. dan saya yg mau saya tanyakan, bagaimana membuat topping putih telur yg mumbul kayak punya mb hesti. punya saya kempes terus mb. saya mengocoknya sesuai resep/ sampai kaku.yg dimaksud kaku itu apa ya mb? saya sdh mengocok hardpeak, softpeak,sampai overbeating"-" , dan semua hasilnya kempes dengan sukses. mohon pencerahannya ya mb. secara suami saya suka sekali dgn siklapi ini. terima kasih

Hesti HH. mengatakan...

@Adelina : alhamdulillah kalau cocok mba. Bagi non muslim boleh ditambahkan ke vlanya tapi setelah vla matang mba, panas panas langsung dikasih sedikit aja

Hesti HH. mengatakan...

@Tari : sampai kaku tapi harus rajin dicek mba jangan sampai udah kaku dikocok terus. Malah mendingan cenderung kaku soft peak ya yg masih ada jambul petruknya.

desi sari mengatakan...

Ass mba.. Kira2 kalau ga pake kuning telur gimana ya? Saya alergi kuning telur. Tapi suka sekali klapertart. Hikss

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails