Minggu, 06 Juni 2010

Roti Keju

Rotiiii......rotiiii.....gak pernah bosan deh kalau makan roti. Daripada beli, mendingan bikin sendiri. Udah gak pake pengawet, dijamin sehat dan bersih lagi. Kali ini aku bikin roti dengan aneka macam isian dan topping. Ada roti abon, roti daging, roti blueberry,...kismis,.. coklat, keju..., cinnamon. Lengkap deh. Nah untuk roti keju resepnya di bawah ini ya...

Bahan:

- 400 gr terigu protein tinggi (cakra, kereta kencana, gunung)
- 100 gr terigu protein sedang (kompas, bromo, segitiga biru)

- 120 gr gula pasir halus

- 1 sachet ragi instan

- 2 sdm susu bubuk
- 3 kuning telur
- 1 sdt garam halus

- 75 gr margarin

- 225 - 230 ml air hangat

Filling/topping :
- keju


Olesan
:
- 2 kuning telur
- 3 tetes air putih/susu cair


Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kering seperti terigu, gula, susu, ragi ke dalam wadah.
  2. Masukkan kuning telur lalu mulai mengocok menggunakan mixer spiral. Turunkan air sedikit demi sedikit sambil terus dimixer sampai adonan kalis. Masukkan garam dan mentega sambil terus dikocok sampai elastis.
  3. Fermentasikan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutup dengan kain lembab dan diletakkan di tempat yang bersuasana hangat.
  4. Setelah mengembang 2x lipat kempeskan adonan. Timbang adonan masing-masing 40 gr. Mulailah membentuk sesuai selera.
  5. Fermentasikan kembali selama kurang lebih 45 menit.
  6. Olesi kuning telur, panggang dengan suhu 200 C atau 400 F selama kurang lebih 10 menit sampai kuning kecoklatan.
  7. Angkat. Panas-panas olesi dengan butter.
Untuk roti keju cara membentuknya ambil sedikit adonan, pipihkan membentuk segitiga tumpul, lalu isi keju bagian bawahnya seperti di gambar. Gulung terus sampai ke atas hingga membentuk bulan sabit. Taruh di atas talam bersemir margarin, diamkan sampai mengembang 2x lipat.


72 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak mentega nya cair atau padat ?

Hesti HH. mengatakan...

Mentega tuk olesannya padat aja. nanti kalo dioles pake kuas meleleh sendiri. Tapi bisa jg pake yg leleh.

miss.kembang mengatakan...

Mba aq lg bljr buat roti kepangya....msh acak2an hihihi
Tp seneng pas liat hasilnya ;)

Hesti HH. mengatakan...

Namanya juga lagi belajar mbak. Aku juga dulu begitu, nggak langsung cantik.
Alhamdulillah kalo suka. Ada di blog mbak kah postingannya??

Anonim mengatakan...

1 sachet ragi berapa gram yah?

Hesti HH. mengatakan...

1 sachet sama dengan 11 gram mbak.

lafia rahman mengatakan...

mbak hesti...aq dah nyobain salah satu resep roti mbak...
alhamdulillah berhasil,pdhl aq pake stngh resep n wkt ngulenin adonan kurang elastis tp ternyata hasilnya empuk n lembut..
jd semangat peken bikin lagi..jazakillah ya mbak dah mau bagi2 resepnya :)

sasa mengatakan...

mb ini pake mikser yg bagaimana? apa bisa pake mikser ph****ps yg untuk rumahan?

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak Lafia,
Senang kalau resepnya sukses mbak. Kurang elastis aja dah empuk kan mbak...apalagi kalau elastis ^^

Mbak Sasa,
Bisa mbak, aku juga dulu pake itu yang spiralnya. Kalau mixernya panas, dimatikan dan lanjutkan dengan tangan sampai dirasa udah lembut.

Rika Octaviani mengatakan...

mba hesti..kalau pakai 1 jenis tepung aja ngga apa" kan?atau berpengaruh dengan hasil rotinya? mohon balasannya

Rika Octaviani mengatakan...

1 lagi nih mba hesti...
kalau menguleninya pakai tangan bisa nggak? soalnya belum punya mixer, maklum baru mau belajar buat roti dan kue-kue ^_^
di tunggu balasannya

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak tapi pakai cakra aja atau protein tinggi. Kalau protein rendah nggak bisa ngembang indah.

Boleh juga pakai tangan tapi bikinnya jangan banyak banyak nanti gempor tangannya. Cukup satu resep aja dan nguleninnya harus lama biar hasilnya bertekstur lembut.

Yani Kusmayani mengatakan...

Izin...Copas resepnya ya, Bunda Hesti. terima kasih...

safira syfa mengatakan...

bisa jadi berapa roti mbak?

safira syfa mengatakan...

bisa jadi berapa roti mbak??

Hesti HH. mengatakan...

sekitar 20an mbak..

Anonim mengatakan...

halo hesti salam kenal ya
blogmu jd idolaku nih soalnya lgkp dgn tips n sdh diuji coba
kmrn aku resep roti vla jagung pk resep asli
vlanya maknyus tp rotinya ga kalis n jth2 waktu di mkn
tp hbs jg di embat anak2ku wkkkwwkk
hr ini aku bikin lg tuh krn penasaran tp pk resep hesti yg water roux
nah ini jadinya baru roti ueeenak
thx yaa
from cc

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaaa, alhamdulillah mbak kalo cocok ma resep water rouxnya. Senang bisa buatin anak anak roti yang lembut dan sehat tanpa bahan tambahan ^^

Anonim mengatakan...

Love your blog

mayasari mengatakan...

salam kenal mbak hesty,aku seneng banget nich ama resep2 embak.mau nanya nich kalau bikin roti ampe 2kiloan tepung pakai mixer buatan rumahan apa harus waktu profing ama bagi adonannya waktunya sama ya mbak?mau coba untuk isi snach pkk besok nich.tolongya dibantu.taks

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mbak, maaf telat balasnya.

Saya nggak pernah bikin 2 kg mbak. Kasihan mixernya. Walaupun saya pake Bosch saya selalu bikinnya setengah setengah resep. Karena kalau keringnya 500 gr tepung ditambah bahan lain pas jadi udah sekilo beratnya. Mixernya bisa panas. Apalagi kalau ngerjainnya cuman sendiri...belum selesai semua adonan keburu overfermentasi. Jadi saya bikin dulu. Begitu difermentasi sekitar 1/2 jam saya bikin lagi adonan berikutnya.

Helena Rijoly-Matakupan mengatakan...

Dear Mbak Hesti,
Makasih banget resepnya. Aku pengen banget bikin roti dan tadi malam aku coba resepnya mbak Hesti. Berhasil deh mbak. Senang banget jadinya. Suami dan Anak malah makan sebagian besar roti setelah makan malam. Oh ya, Ada tips nih, Awalnya si adonan gak mau ngembang karena di UK belum anget. plus heater kita lagi bermasalah.sedangkan kalau mau adonannya naik/ngembang 2x setelah pengulenan pertama, maka harus ditempat hanget. Jadi aku nyalain oven dan biarkan panas. sementara itu aku uleni lagi si adonan sampai benar2 kalis dan elastis (sekitar 5 menitan). Terus aku matikan oven,biarkan oven tetap tertutup. masukan kembali adonan kedalam wadah. tutup rapat dengan cling wrap. lalu masukan kedalam oven hangat. sekitar 15-20 menit kemudian adonan sudah naik. hehehehe...

sulis mamanya rimba mengatakan...

Hai..mba Hesti,
Penasaran nich ma resep rotinya pengen nyoba tapi koq ga pake bread improver emang beneran bisa empuk dan lembut ya mba, bisa tahan lama gak empuknya? Sementara liat resep2 lainya pake.
Trus pakenya air hangat bukan ir es, emang bedanya apa sich mba?
Matursuwun bgt mba.



wiwi mengatakan...

mbak hesti, saya kemarin dh bikin rotinya 1/2 resep. diresep kan tertulis gram dimasukkan bersama margarin, tapi sy lupa dan sy campur dengan bahan kering lainnya. trus, airnya lebih 20 ml jd lembek trus saya tambah terigu 3 sdm. saya ngaduknya pake mixer, trus saya lanjut pakai tangan tapi ga kalis. padahal sy nguleninya sdh 30 menit masih juga lengket. kira2 kalo pake mixer itu berapa menit dan dilanjutkan pake tangan berapa menit mabk hesti? hasilnya udah cantik, tapi masih sedikitt liat. apa karena ga begitu mangembang ya mbk ?

Helena Rijoly-Matakupan mengatakan...

Mbak, Senang banget aku sudah bisa dibilang bisa bikin roti. Makasih sudah berbagi. ini hasilnya saya http://helenabudgetkitchen.blogspot.co.uk/2013/07/homemade-bread-with-cheese-filling.html

Hesti HH. mengatakan...

@Helena : waaaaaah seneng dengarnya mbak, syukurlah kalau suka sama hasilnya. Semakin sering kita bikin semakin tau selanya dimana dan semakin lincah bentuk bentuknya. Selamat ya mbak...

@Wiwi : Iya nda masalah. margarin dan garam dimasukkan terakhir karena mereka menghambat perkembangan ragi Tapi bukan berartu gak bisa ngembang lho. Kalau pake mixer heavy duty sekitar 10 menit kalau handmixer biasa bisa sampai 15 menitan. Atau 10 menit saja lalu dilanjut pakai tangan sekitar 10 menit sampai kalis elastis. kalau liat artinya fermentasi belum maksimal.

Anonim mengatakan...

mbak, mau tanya. kalau kita buat roti coklat, keju atau apa aja agak banyak untuk persediaan. bagaimana cara menyimpannya agar tahan untuk seminggu ? jika dimasukkan dalam kulkas, pada saat akan dimakan harus dioven lagi apa cukup dipanaskan pakai microwave saja ? sebelumnya terima kasih mbak.

Anonim mengatakan...

salam kenal mbak Hesty,saya marwiah dari sulsel sejak saya dapat bloknya mbak saya selalu buka tiap ada waktu, bloknya mbak memberi banyak inspirasi buat saya, saya baru sempat catat resepnya belum ada waktu praktek, trims ya resep-resepnya.

Elka Ferani mengatakan...

Hai Mbak Hesti. Raginya apa nggak kebanyakan tuh? Untuk 1/2 kg tepung biasanya saya pake 1/2 sachet ragi. Kira-kira apa bedanya ya antara pake 1/2 sachet dengan pake 1 sachet? Apa hasil rotinya lebih ngembang/empuk atau gimana? Mohon pencerahannya, terima kasih :)

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : kalau ditaruh di kulkas tahan lama mbak. Kalau saya krn gak punya microwave jd nggak bisa ksh saran bagus apa nggak pakai itu. Tp saya cm pake dua cara. Masukkan di rice cooker (di atas nasi) atau dioven sebentar dgn api tinggi sekitar 5 menit saja. Tapi oven sdh dalam keadaan pdipanaskan terlebih dahulu.

@Marwiah : salam kenal jg Marwiah, aga kareba??

@Elka : sbnarnya ini resep lama saya mbak. kalau resep roti yg baru biasanya saya pake 3/4 sachet saja. Kalau dibilang kebanyakan sebenarnya nggak juga tapi biasanya jadi bau ragi dan fermentasinya cepat naiknya...
Lebih empuk sih tidak...menurutku sama saja.

Anonim mengatakan...

Mbak hestiiii... Tadi aku coba bikin setengah resep.. Dan berhasiilll... Empuuuk... Semua suka.. Hehehe... Ini roti pertama aku.. Udah sering bikin cake tapi gak berani bikin roti, takut gagal.. Tapi setelah baca2 di blog nya mbak hesti aku jd yakin untuk mencoba.. Makasih banyak yach... ;)

pam budi mengatakan...

mbak tanya dong, kalo nguleni rotiabis dikasih margarin tu berapa menit ya biasanya?
makasih mbak

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillaaaah...selamat ya berhasil menaklukkan roti *hehe ditunggu praktek berikutnyaaa

@Pam Budi : maksudnya pakai tangan mbak? bisa sampai 20 menitan kalau kuat. Yang penting udah mulus, licin, kalis elastis mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Eh maaf mas ya...tadi gak muncul fotonya jd ta'kirain perempuan

Ike Nuryani mengatakan...

Salam kenal, terimakasih u selalu share resep2nya. Saya sudah coba resep rotinya dan.... BERHASIL. Alhamdulillah semua suka. tp ada satu yg blm ada solusinya yaitu gimana supaya coklat u taburan diatas roti tdk meleleh. Klo boleh tau mba Hesty pake coklat apa?? Terimakasih.

Ike Nuryani mengatakan...

Salam kenal, terimakasih u selalu share resep2nya. Saya sudah coba resep rotinya dan.... BERHASIL. Alhamdulillah semua suka. tp ada satu yg blm ada solusinya yaitu gimana supaya coklat u taburan diatas roti tdk meleleh. Klo boleh tau mba Hesty pake coklat apa?? Terimakasih.

isnaini 082 mengatakan...

hari ini perdana nyoba bkin roti di rumah, krn biasanya bikin dikampus hehehe
seru bg,,t pas msh anget lembut eh pas udh dingin kerassss banget..pas inget2 apa yg bkin keras yah, eh ternyata pas ngulenin supaya cpt kalis aku tmbah tepung terus hehehe
aku mau tanya nih mba,,kalau di kampus biasanya resepnya pake "bread improver" terus pake margarin juga pake mentega juga dan lebih banyak menggunakan mentega dibanding margarinnya..
itu pengaruhnya apa sih mba?ada bedanya untuk hasil tekstur?
terimakasih mba :D

Ike Nuryani mengatakan...

Salam kenal, resep rotinya top bgt deh. Dicoba, langsung berhasil. Keluarga saya suka sekali. Ada yg mau saya tanya, supaya coklat yg dipakai u hiasan rotinya (diatas roti) ng meleleh gimana caranya n pk coklat apa? Terimakasih u semua infonya. Salam

Ike Nuryani mengatakan...

Salam kenal, resep rotinya top bgt deh. Dicoba, langsung berhasil. Keluarga saya suka sekali. Ada yg mau saya tanya, supaya coklat yg dipakai u hiasan rotinya (diatas roti) ng meleleh gimana caranya n pk coklat apa? Terimakasih u semua infonya. Salam

Hesti HH. mengatakan...

@Mbak Ike: maaf baru bales ya...
Alhamdulillah kalau suka. Kalau cokelatnya saya pake merk Ceres mbak, jangan terlalu banyak karena meleleh...

@isnaini : iya mbak kebanyakan penambahan tepung bikin keras. Nggak perlu ditambah tepung nanti kalau dah lama bisa kalis sendiri. Kalaupun butuh dikit banget mbak...ditambah sekali aja. Kalau bread pmprover memang bahan tambahan untuk melembutkan mbak, tp saya mengurangi bahan kimia jd nggak pake. Pake metode water roux tetep lembut banget.
Kalau penggunaan mentega dan margarin sama aja mbak sebagai lemaknya. Tapi butter jelas lebih wangi...

Anonim mengatakan...

mba makasi tips ngbntuk rotinya ya hehe uda aku coba nih, ga sbagus mba hesti pastinya, masi awam bgd soal perotian :D
tpi thanks ya uda dibagi tips bwt ngebentuk reti dengan cantik ^^

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, jangan khawatir mbak, semakin sering bikin semakin lincah tangannya dan semakin cantik hasilnya. Daku jg begitu kok ^^

IcHa-IcHa diDinDinK mengatakan...

Mba ini kejunya bs diganti coklat atau selai gt ga mba?

IcHa-IcHa diDinDinK mengatakan...

Mba ini kejunya bs diganti coklat atau selai gt ga mba?

IcHa-IcHa diDinDinK mengatakan...

Mba ini kejunya bs diganti coklat atau selai gt ga mba?

Hesti HH. mengatakan...

Boleh kalau cokelat, tapi kalau selai takut bleber karena bolong bolong. Bisa sih asalkan sealnya bisa rapat kayak bentuk bakpao aja.

Anonim mengatakan...

mba hesti,salam kenal..makasi resepnya mba , akhirnya aku bisa bikin roti selembut ini, udah aku coba dan berhasil, enak banget.. thank you mba.

Anonim mengatakan...

salam kenal mba hesti, makasi ya mba share resepnya, aku udah coba berhasil,asli lembut dan enak banget, thank you mba,

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, ikutan senang deh. Makasih feed backnya, semangat terus bakingnya yaaaaa

Habibah Fillah mengatakan...

Assalamualaikum mba hesti.., saya mampir lagi dan bertanya lagi..
mba hesti biasanya pake ragi yang merk apa mba?, trus klo buat roti gini ngulennya klo ga pke mixer bias po mba? soalnya saya belum punya mixer roti.. cuma ada mixer biasa aja..

Makasih ya mba...

Shyswy Andaki - Kalit mengatakan...

mbak hestiiiii makasih banyak-banyak untuk resepnya....senang banget dapat resep ini..kemarin cobain 1/2 resep jdnya 6 buah dengan ukuran besar...habis semua oleh suami dan anakku sambil angkat jempol mereka...langsung deh kupatenkan dalam catatanku,kini jadi resep andalanku untuk buat roti.senangnya hati..terimakasih sudah mau berbagi mbak :-) ada yg mau saya tanyakan mbak...kain lembab itu yg bgmn ya? kmrn saya buatnya: kain dibasahkan dikit lalu diperas,baru diletakkan di atas baskom tapi kok sptnya lambat ngembang..akhirnya saya ganti dg tutup teflon yg kaca yg kebetulan diameternya sama dg baskom..jd bisa smbil lht adonan...itu saja mbak yg mau ditanya..terimakasih sebelumnya :-)

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Saya biasa pake Haan mbak krn cuma itu yg ada di sini ^^
Bisa kok pake mixer biasa. Saya jg dulu sering pake Philip handmixer. Tapi supaya mixernya awet dan gak panas mixernya cukup 10 menit aja lalu lanjut dengan tangan ngulennya mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak. Ikut bahagia kalo ada yg bikinnya sukses.
Bener mbak kain yag dibasahkan dengan air panas/hangat lalu diperas.

Suroyo Asri mengatakan...

Saya sudah sering praktek resep ini tp br sekarang mau blg "makasih banyak mbaaa..."gampang buat amatarin spt saya dan hasilnya sangat memuaskan.

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, saya yang makasih banyak resepnya dah dipraktekkan dan sukses ^^

selfia mengatakan...

Mbak hesti kalau adonannya saya buat malam dan pagi hari baru saya bakar apkah akan mempengauhi rasa dan bentuknya gak mbak..??mohon pencerahannya ya mbak..

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, kalo di suhu ruang ragi akan bertambah terus dan bauya akan menjadi asam...
Kalau mau bisa ditaruh di kulkas mbak, tetap mengembang tapi perlahan...

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak Hesti,
Mau tanya kejunya pake keju biasa? Karena saya pernah bikin, kejunya larut kedalam adonan jadi gak seperti roti keju. Terima kasih sharingnya mbak...

Anonim mengatakan...

Mbak perbedaan dari resep yang ini, sama water raoux , kentang dn satu lgi yang memakai ketan itu, apa ya,,,klw untuk dapat kelembutan dn agak tahan beberapa hari yg mana y mbak,terima kasih... Salam putri

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : saya pake keju cheddar kraft mba

@Putri : sama aja mbak cuman beda cara. Tapi paling lembut emang kentang. Kedua water roux dan yg pake pasta ketan. Supaya tau harus dicoba semuanya mba ^^

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum mba hesty... pertama uji coba buat roti, aku praktek resep roti ini. Hasilnya sangat2 memuaskan.. sampe suami muji.. emang kamu udah sering buat roti??? aku blng ini uji coba pertama.. suami blng masa sih? soalnya langsung berhasil...berhasil.. hooreee... Suami dan baby boy sukaaa skali.. smp pengen meluk mba hesty... thanks yah mba.. jgn bosan2 berbagi.. Pokoknya kl resepnya mba hesty, aku berani buat deh.. walaupun baru pertama kali baking.. (jadi curhat deh...) habis kadang kalau aku mnt diajarin jarang ada yg mau berbagi hiks..hiks.. pdhl suamiku doyan roti banget... dari roti smp pizza aku sikat smua.. dan semuanya berhasil.. Smoga Barokah yah mba... Luv you mba... hehehe...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam...

Waaaa jadi terharu saya mbak. Senang sekali kalau resep dari blog bisa sukses bikinnya apalagi jadi favorit keluarga. Salam buat keluarga ya. Peluk dari jauh *muaaach*

Resti Widyasti mengatakan...

Hai mba hesti salam kenal
Jatuh cinta sama resep ini,pake mixer ataupun bread maker sukses, di panggang atau jd roti goreng pun enak bgt teksturnya.

Thanks for sharing mba hesti

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah makasih ya mba udah feedback ke aku ^^

Budi setiawan mengatakan...

halo mbak, aku kan lagi belajar masak nih, lagi browsing2 di internet jadi mampir deh ke blog mbak ini, seneng deh baca baca artikel artikel tulisan mbak, gini mbak.. waktu aku liburan.. aku jalan jalan ke lombok island sambil ingikutin paket wisata lombok dan aku beli oleh oleh di toko yang jual madu asli .. nah sekarang aku sedang cari cari resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu, nah mbak punya gak resep yang ada unsur madu nya biar aku bisa praktekkan ? Terimakasih ya ..

Abimayu Galang mengatakan...

Itu pakai mesin mixer roti gan? :D

hamdani dani mengatakan...

Mbak ijim copy resep ya,,,,,,saya mau nyoba hihihi

Hesti HH. mengatakan...

silahkaaan

Eci mengatakan...

hallo mba hesti apa kabar? eci muncul lagi nih mau tanya2..heheh.. mba itu roti yang dicup, toppingannya pake apa ya yang coklat melingkar kaya obat nyamuk.. apa cuma pasta coklat aja? terus saya kalo bikin, coklat mesesnya pasti meleleh deh..ada tips ga mba supaya ga meleleh? makasih yah...

Hesti HH. mengatakan...

ITu isi blueberry, atasnya juga disemprot melingkar selali blueberry. Kalau gak mau meleleh banget pakai merk ceres mba

Anonim mengatakan...

Salam kenal mba, saya mau mencoba bikin roti setelah sekian lama praktekin resep mba Hesti yg kue kering. Terutama nastar dan semua bilang enak. Alhamdulillah makasih ya mba. Saya mau bertanya itu ovennya 200° pakai api bawah aja atau api atas bawah? Sebelumnya terimakasih mba untuk jawabannya.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mba, alhamdulillah mba kalau cocok resep kukernya ^^
Saya pakai api bawah aja mba tapi usahakan loyang tidak selebar rak oven spy apinya yg dari bawah bisa menguningkan permukaan roti

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails