Senin, 07 Juni 2010

Special Birthday Cake

Ini adalah resep lapis surabaya yang kumodifikasi. Resep aslinya kudapat dari majalah Sedap Sekejap.

Di atas tampak lapisan cakenya setelah dipotong. Terdiri dari 2 lapis cake coklat dan 1 lapis cake putih. Diantaranya terdapat krim coklat yang dipadukan mint coklat sehingga rasanya dingin-dingin seger gimana...gitu. Dan di lapisan atas krim putih dari whip cream diakhiri dengan topping ganache. Ini resepnya silahkan dilihat....

Bahan:

Cake coklat:
- 10 kuning telur
- 1 putih telur
- 100 gr gula pasir
- 50 gr terigu
- 15 gr coklat bubuk
- 50 gr mentega asin
- 50 gr margarin
- 1 sdm susu kental manis

Cake putih:
- 10 kuning telur
- 1 putih telur
- 90 gr gula pasir
- 50 gr terigu
- 15 gr maizena
- 50 gr mentega asin
- 50 gr margarin
- 1 sdm susu kental manis

Cara membuat:
Kocok telur dan gula sampai mengembang, masukkan tepung (terigu, maizena/coklat) sambil diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan mentega dan margarin cair sambil diaduk perlahan. Tambahkan susu kental sambil diaduk rata. Tuang ke dalam loyang 28x28x4 cm yang dioles margarin dan ditabur tepung terigu. Panggang dengan panas 350 F selama kurang lebih 15 menit.

Filling:
- 400 gr whippy bubuk
- 800 gr air es
- 125 gr dark cooking chocolate yang dilelehkan
- 5o gr mint cooking chocolate
- 2 sdm gelatin bubuk
- 3 sdm air

Cara membuat:
Kocok wippy dan air es hingga mengembang, bagi dua. Satu bagian ditambahkan coklat cooking dan coklat mint yang sudah dilelehkan dan gelatin yang sudah ditim dengan air, kocok rata. Sisihkan.

Topping :
- 250 gr dark cooking chocolate
- 200 ml krim kental

Penyelesaian :
  1. Taruh cake coklat di atas alas/board, tuang separuh krim coklat.
  2. Susun cake putih di atasnya lalu tuangkan sisa krim coklat.
  3. Susun lagi cake coklat lalu tuang setengah bagian krim di atas kua, dan sisanya di keempat sisi cake.
  4. Panaskan krim kental asal panas saja, jangan sampai mendidih. Angkat dari api, masukkan potongan dark cooking chocolate. aduk sampai coklat lumer dan adonan licin.
  5. Tuang ke atas cake lalu ratakan cepat dengan spatula. Rapikan juga ke sisi-sisi kue.
  6. Dinginkan.


Source: Dimodifikasi dari Majalah Sedap Sekejap

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalaamu'alaikum Wr. Wb

Mba Hesti, satu resep ini untuk loyang ukuran berapa ya Mba? terimakasih

aisy

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam Wr Wb.

Pake talam 28x28cm kalo mau tiga lapis karena agak tipis. Saya biasa bikin cokelatnya 2 resep. Kadang juga putihnya yang 2 resep. Sesuai selera saja...

Anonim mengatakan...

mba mau nanya soal fillingnya donk. kenapa pake gelatin ya? saya biasanya buat dekor cake pakai whip cream bubuk haan, tp kenapa stlh 2 jam cair ya? ada solusi ga mba? apa hrs di tambah coklat cair?

makasih infonya

Hesti HH. mengatakan...

Sebenarnya niat awalnya supaya bikin whipcreamnya nggak mudah leleh, tapi ternyata gelatin malah menyumbang tekstur yang unik. Teman-teman yang makan bilang kuenya serasa pake filling ice cream.

Memang, walaupun pake gelatin tetap akan leleh juga namanya saja lemak susu, kena panas jelas mencair. Beda dengan buttercream. Jadi kue bergelatin cocoknya ditaruh di kulkas aja. KAlo ada acara ultah, pas mau dimakan baru deh dikeluarin, gak bisa dipajang lama-lama...entar dimakan udah gak seru lagi. Penambahan gelatin membuat creamnya lebih kokoh...jadi fillingnya lebih set gitu dibanding nggak pake. Walaupun ditambah cokelat cair saya rasa nggak jauh berbeda mbak.

ia mengatakan...

saya sering liat kue yang dipinggirnya ada "pagar" coklatnya seperti birthday cake ini. mau nanya, itu DCC yang dibentuk tipis begitu atau ada hiasan kue yang siap beli ya mba?

Hesti HH. mengatakan...

iya mbak DCC yg dibentuk tipis di atas mika

jdeby mengatakan...

Mohon info untuk mentega asin yang dimaksud mbak itu merk apa ya, terus kalo untuk krim kental itu seperti apa ya dan merk apa yang mbak gunakan???Kalo mau buat Whipping cream yang kokoh itu whipping cream cair atau bubuk yang kokoh merk apa ya??

Hesti HH. mengatakan...

Untuk mentega saya biasa pake anchor atau blue triangle. Krim kental bentuknya kayak susu tapi kental karena terbuat dari kepala susu. Kalau dikocok bisa ngembang sedangkan susu tidak. Saya pakai anchor. Yang kokok biasanya bubuk krn tidak cepat meleleh di suhu ruang. Tapi kalau untuk ganache (cokelat) bagusnya krim kental. Rasanya lebih gurih

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails