Sabtu, 12 Juni 2010

Tiramisu



Kemarin ada temen yang pesen tiramisu tuk ultah anaknya. Jadinya, kali ini tiramisunya harus dihias secantik mungkin dong....hehe. Di atas ini penampakannya setelah dihias. Dan yang di bawah ini penampakan sebelum diberi pagar coklat....


Bahan:

Cake:
- 6 butir telur
- 160 gr gula pasir
- 100 gr terigu
- 25 gr susu bubuk
- 25 gr maizena
- 50 gr margarine
- 50 gr butter
- 1 sdt SP

Sirup (masak sampai mendidih) :
- 1 sdm kopi instan
- 100 gr gula pasir
- 250 ml air

Krim Tiramisu:
- 250 gr mascarpone cheese, suhu ruang , kocok
- 250 ml krim kental/whip cream (kocok)
- 50 gr krim bubuk + 100 ml air es (kocok)
- 2 sdm gelatin bubuk (ditim dengan 3 sdm air matang)
- 4 btr kuning telur
- 85 gr gula pasir halus

Cara membuat:
  1. Kocok telur, gula dan SP sampai mengembang, masukkan campuran tepung, susu, dan maizena yang sudah diayak, lalu terakhir, margarin dan butter yang sudah dicairkan.
  2. Tuang di talam persegi 24 cm lalu panggang dengan panas oven 350 F sekitar 25 menit atau sampai kuning keemasan.
  3. Angkat, dinginkan. Belah 2 cake.
  4. Kocok kuning telur dan gula dalam wadah tahan panas sambil dipanaskan di atas panci yang berisi air yang mendidih sampai kental. Campurkan kocokan telur dengan semua bahan krim, kocok asal rata jangan sampai terlalu lama karena krim akan pecah. Tim gelatin dengan air setelah lumer masukkan ke dalam kocokan krim tadi. Kocok asal rata.
  5. Lingkarkan ring persegi(kalau tidak ada pakai mika) di sekeliling cake. Letakkan selembar cake di dasar mika. Siram dengan sirup kopi. Tuang separuh adonan krim ke atas cake lalu susun cake berikutnya, siram sirup kopi dan tuang sisa krim. Diinginkan di lemari es sampai mengeras. Keluarkan dari kulkas. Lepaskan mika perlahan. Hias sesuai selera.

Selain tiramisu di atas aku juga pernah membuat dengan versi yang lebih kecil dengan menggunakan ring plastik mika. Resepnya sih sama aja hanya cakenya dicetak menggunakan plastik mika dengan ukuran bulat mini. Gunting mika berbentuk panjang sesuai ukuran yang diinginkan lalu gabungkan kedua ujung nya dengan selotip. Jadi deh.....lebih imut kaaaaaannn......



32 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak,krim bubuk untuk apa sih?knp ga semuanya krim kental aja?ada pengaruh ga kalo pake krim kental semua? trs perbandingannya gimana?
oiya,kalo kejunya ga pake yg mascarpone tp pake krim cheese aja gmn?
thks ya mbak..blog nya membantu sekali buat pemula kaya aku :)

Hesti HH. mengatakan...

Boleh pake krim kental semuanya mbak, malah lebih enak tapi aku suka dicampur biar agak kokoh dikit. Kalau krim kental semua cepat banget lelehnya apalagi di suhu ruangnya Indonesia ^^

Boleh pake creamcheese malah lebih kerasa kejunya. Lebih enak menurutku...

Maureen Tehusalawany mengatakan...

kak SP itu apa? Maklum baru mw belajar...hehehe

Hesti HH. mengatakan...

Halooo Maureen, apa kabarnya?? Sp itu sejenis emulsifier gunanya tuk memudahkan pencampuran air dan minyak. Jadi kalau di kue dia bikin lebih lembut dan mengembang. Biasanya kue Indonesia yg pake banyak kuning telur (sprt lapis surabaya) tdk butuh karena kuning telur sdh banyak mengandung emulsifier. Tapi karena ini kue yg telurnya sedikit dan dicampur dengan putihnya maka digunakan SP. Di luar negeri orang lebih sering menggunakan baking powder/soda sbg pengembang.

Maureen Tehusalawany mengatakan...

baik kak skrg aq di canada...jd pake baking powder/soda bisa aja kan? btw aq suka blog kakak...jd pengen pulang ke soroako...

Hesti HH. mengatakan...

Bisa diganti dengan 1/2 sdt baking powder. Tapi kalau punya mixer canggih yang putarannya kencang sekali, tanpa baking powder pun bisa bagus ngembangnya. Sampai kental berjejak.

Nadiyah Nur Fitri mengatakan...

Kak mau tanya, itu yang gambar terahir (tiramisu cup) biar creamnya bisa naik2, pake spuit atau gimana? Thanks ka :)

Nadiyah Nur Fitri mengatakan...

kak mau tanya dong, itu yang di gambar terakhir, di tiramissu cup, biar creamnya bisa naik2 kaya jarum tajem gitu ka? Thanks ;)

Hesti HH. mengatakan...

Iya Nadiyah, culup pake spuit polos kecil disemprot sambil ditarik ke atas dan dilepaskan...

Nadiyah Nur Fitri mengatakan...

Oke thank you kak :)

croissant mengatakan...

Dear K'Hesti,
Perkenalkan saya Yani teman seangkatannya Hendra
Mohon ijin yah, resep"nya dipraktek di rumah

Anonim mengatakan...

Mba hesti,mw tanya utk pengocokan kuning telur di atas panci yg berisi air mndidih itu brp lama ya ? Makasih ya mba.

Hesti HH. mengatakan...

@croissant : waaa tnyata ada orang Sorowako komen *senangnya* silahkan adeek..

@Anonim : waktumnya beda beda tergantung mixernya mbak. Pkoknya sampai kental aja...gak perlu berjejajk. kan intinya cuma untuk mematangkan si kuning telur

Laily Hidayati mengatakan...

mbak........mohon ijin pake resepnya yaa
trus untuk kuning telurnya harus dimixer ya ?? klo dikocok biasa pake kocokan telur apa ada pengaruhnya ??
terima kasih sebelumnya

Laily Hidayati mengatakan...

mbak ijin pake resep yaa
trus untuk kuning telur (krim tiramisu) itu harus di mixer ya ? klo di kocok pake kocokon telur biasa apa ada pengaruhnya mbak ?
trima kasih sebelumnya

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak Laily.
Boleh pake kocokan telur asalkan bisa mengembang mbak. Mgkn butuh waktu lbh lama.

Anonim mengatakan...

mba pas step masukin tepung dll itu dikocok pake mixer?ato aduk pake spatula aja ya mba?trims hehe

Hesti HH. mengatakan...

Sebaiknya diaduk balik saja perlahan mbak. Bisa juga pake mixer kecepatan paling rendah mbak, asal rata aja gak boleh kelamaan.

viola mengatakan...

Selamat sore mbak hesti
ijin pake resepnya yaaaa
oh iya klo pengen cake nya rasa coklat kira2 di tambah coklat bubuk apa DCC cair?
trus ada yg di kurangi ato gak?
makasih

Hesti HH. mengatakan...

Sore mbak,

Silahkan mbak, kalau pengen rasa cokelat yang digunakan cake cokelat mbak, pake coklat bubuk. Kurangi sedikit terigunya dan tambahkan cokelat bubuk. Sekitar 20 gr

Eci mengatakan...

mba hesti,,,,sy mau tanya yang bagian mengocok kuning telur diatas air mendidih itu maksudnya posisi air masih diatas api ya mba? atau setelah air mendidih matikan kompor baru mulai mengocok telurx? maaf saya baru pemula bikin tiramisu jadi bingung2 bikin krimnya,,,hehe

jumin oey mengatakan...

mbak hesti,klo tiramisu ukuran mini,motong kue nya pake apaan ya mbak ???? trims

Hesti HH. mengatakan...

@Eci : betul mbak...

@Jumin : bisa pake ring cutter atau pisau mba. Pisaunya harus tajam dan dibasahkan dulu dengan air panas dan dilap supaya motongnya rapi.

Eci mengatakan...

mba hesti aku udah coba resep ini...berhasil n yummmii banget deh rasanya....#girangsambiljingkrak2...hiihihi..

Hesti HH. mengatakan...

Mantaaaaaapppp...ikutan jingkrak jingkrak.
Alhamdulillah mbak, makasih ya dah info ^^

Anonim mengatakan...

halo mb hesti, sy mau tanya. cara masang mikanya gimana ya?kalo ga pake mika atau loyang ring bisa ga?
luluk

Hesti HH. mengatakan...

Bisa saja kalau ngga pake mika tapi susah ngeluarkan dari loyang karena kuenya lembut. Kalau pake mika setelah set kan mikanya dilepas. kalau liyang ring bisa dilepas pinggirannya jd kue bisa dipotong. Kalau tidak mau pakai mika bisa dituang di gelas gelas saja jadi makannya disendokin.

reza maulina mengatakan...

Mba klo ga pake gelatin trus whipp creamnya yg bubuk semua boleh ga ya?!

Hesti HH. mengatakan...

Bisa saja mba cuma kurang kokoh. Kalau yang bubuk bisa juga cuma beda di rasa mba...

Anonim mengatakan...

Mbak hesty mau nanya ni,, klo seumpama adonan nya aku bagi ke 2 loyang, biar ga susah belah roti jd 2, itu lama ngoven nya tetep apa gmn? Kan kue nya jd lbih tipis..?
Mkash ya mbak..jzkllah khoir
Aisyah

Hesti HH. mengatakan...

Tentu saja dikurangi mba. Untuk kue tipis cukup panggang sekitar 10-15 menit mba

Anonim mengatakan...

Mbak hesty mw nanya nih bgm mbak bs dpt bahan kue yg "ajaib".?..hhheehe coz saya tinggal di daerah susah bgt utk praktek...oia ijin resepnya ya mbak hes utk di praktekkan...jzakillah

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails