Posts

Showing posts from March, 2012

Tantangan KBB # 28 : Torta Pasqualina

Image
Pertama menerima surtjin tantangan ini aku agak kurang bersemangat. Gimana nggak, aku baru aja diberitahu kalau hubby kena tekanan darah tinggi. Jadi makanannya mulai sekarang harus dijaga. Aku kontan jadi puyeng juga. Secara aku suka bikin kue, malahan mungkin karena sering mengkonsumsi kue dan masakan buatanku itulah hubby jadi sakit. Terutama kue kering dan cake cake dengan kandungan lemak yang tinggi. Jadi mulai sekarang aku berusaha bikin kue kue berbahan simpel atau kue tradisional yang ringan. Mungkin sekali sekali tetap baking kue tapi untuk bekal anak anak. Lhaaa...datanglah surat cinta tantangan membuat torta pasqualina ini. Selain cara membuatnya yang sedikit agak rumit, bahannya juga tinggi kalori. Isinya cuman keju dan telur aja... Torta Pasqualina adalah istilah dalam bahasa Italia yang secara harfiah berarti Kue Paskah. Merupakan hidangan khas Paskah dari Piemonte dan Liguria. Adonannya merupakan adonan berlapis, sedikit seperti 'adonan fillo', tapi le

Matcha Bubble Drink

Image
Bubble drink adalah minuman berupa es teh, yang ditambah susu maupun jus buah dan dilengkapi dengan bubble yang terbuat dari biji biji tapioka. Mulai muncul di Taiwan pada tahun 1980an. Sekarang sudah populer di negara negara seperti Amerika, Canada dan Australia serta negara Eropa lainnya dengan banyak varian rasa. Awalnya aku kira nama bubblenya dari biji biji tapiokanya eeeh ternyata bukan. Dinamakan bubble karena minuman ini pembuatannya dengan cara dikocok/diblender hingga tercipta busa busa di permukaannya. NAh busa busa ini yang disebut bubble. Tapi karena tapioca pearlsnya juga berbentuk gelembung bulat maka banyak orang mengartikan bubble sebagai tapioca pearlsnya. Well...cukuplah pembahasan bubblenya, nggak masalah juga. Yang penting bubble ice tea ya begini ini bentuknya hehe. Dan supaya gampang, ya kita sebut saja si tapioca pearlsnya dengan bubble. Setujuuuu?? Sudah lama antri di waiting listku, akhirnya kebikin juga. Malu sama Mbak Elsa, janjinya diundur undur te

Bubur Dange

Image
Dange adalah sagu kering yang umum terdapat di daerah Luwu Sulawesi Selatan. Terbuat dari sagu basah yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi lembaran yang tipis. Mirip dengan sagu ambon hanya beda di bentuknya saja. Kayaknya sudah melalui proses pemasakan atau pemanggangan karena bisa langsung disantap. Dange merupakan karbohidrat pengganti nasi. Biasa disajikan bersama ikan parede (kuah kuning) maupun lawa (ikan mentah yang diolah bersama jeruk nipis supaya matang). Kalau untuk yang terbiasa mungkin rasanya sedap ya, tapi kalau aku...berhubung belum pernah coba selain dibuat bubur jadi berasa aneh. Teksturnya agak kering dan baunya khas sagu agak agak kecut begitu...kalau aromanya sampai ke hidung hubby pasti langsung ngacir. Tapi kalau sudah diolah menjadi bubur, dia kembali lagi dari persembunyian dan minta jatah buburnya, hihi...soalnya enak. Teksturnya beda dengan bubur biasa. Terasa kenyal-kenyal bergerindil halus...walaaah pokoknya susah menggambarkannya, harus dicoba se

Waje'

Image
Berbekal ingatan aja, aku beranikan diri membuat kue waje' ini. Sebenarnya kalau resep wajik sih banyak di internet, tapi yang aku taunya mama bikinnya agak beda karena menggunakan kelapa parut dalam campuran ketannya. Mungkin di sinilah letak perbedaan waje' Sulawesi dan wajik Jawa. Malah kalau di Sulawesi ada yang namanya Baje Kotu yaitu waje yang dibikin lebih kering dan manis supaya bertahan lama dan dibungkus kecil kecil menggunakan kulit jagung. Resepnya nggak aku tulis, karena aku main cemplang cemplung aja dengan ilmu kira kira. Akhirnya hasilnya memang tidak memuaskan, hihi. Tekstur sudah bagus, legit santannya dapat, cuman rasanya agak kurang manis. Kelihatan kok dari gambarnya...warna cokelatnya agak pucat. Tapi insyaAllah lain kali pengen nyoba lagi dengan menambahkan gula. Yang jelas bahan bahan yang aku pakai adalah ketan, gula merah, kelapa parut, sedikit garam, santan dan pandan.

Aneka Roti Asin...

Image
Roti asin? roti yang rasanya asin? haha enggak lah...maksudnya, ya roti yang bukan roti manis alias gurih. Kalau roti manis kan yang isinya cokelat, gula palem, selai, dsb dsb, sedangkan roti asin atau savoury breads yang kayak roti pizza, roti kornet, tuna dan semua yang berasa gurih. Emang hari ini pengen makan yang gurih gurih sambil minum teh manis... Resep aku pake metode water roux, karena sudah jatuh cinta dengan kelembuutannya. Resepnya dari resep rotiku yang biasa tapi aku kurangi takaran gulanya. Begitu juga water rouxnya aku bikin setengah dari resep Vivian Pang supaya nggak bersisa lagi.

Gogoso Kambu

Image
Gogos atau gogoso adalah makanan tradisional khas Makassar yang mirip mirip dengan lemper dari Jawa maupun lalampa dari Menado. Bentuknya lebih panjang dan agak langsing dibandingkan dengan lemper. Gogos ada yang tanpa isian dan ada juga dengan isian. Nah yang menggunakan isian inilah dinamakan gogoso kambu atau gogos isi. Isinya biasa dari ikan tongkol yang dicampur kelapa sangrai dan bumbu. Kalau mau tahan lama biasa cuma diisi dengan abon. Kalau yang tanpa isi biasa dijual dengan pendamping telor asin. Hah...pasti pada heran kan, kok dimakan sama telor asin. Iya memang gogos ini bukan termasuk snack atau jajan buat nyemil. Tapi sebagai makanan utama pengganti nasi. Biasanya diperuntukkan buat bekal kalau lagi bepergian. Kalau di daerah Sulawesi, persinggahan bus itu pasti dipadati dengan penjaja gogos ini. Itulah sebabnya gogos ini tanpa isi dan dimatangkan dengan cara dipanggang, agar tahan lama. Bisa sampai seminggu tergantung cara masaknya. Nah yang aku bikin kali ini

Apang Coe

Image
Kue ini adalah jajanan khas dari daerah Menado. Tekstur dan rasanya mirip kue mangkok tapi yang ini aromanya jelas lebih wangi karena menggunakan bumbu spekuk dan dikukus menggunakan takir pandan. Hmmmm...ueeenak!! Resep aku lihat dari Sajian Sedap . Berikut resepnya ya... Bahan : - 150 gram gula merah, sisir halus - 130 ml air kelapa - 1 lembar daun pandan - 150 gram tepung beras - 75 gram tepung terigu protein sedang - 1/2 sendok teh ragi instan - 180 ml santan dari 1/2 butir kelapa - 1/2 sendok teh garam - 1 sendok teh bumbu spekuk - 1 sendok teh baking powder - daun pandan besar untuk takir Bahan taburan : - 100 gram kelapa parut kasar - 1/4 sendok teh garam - 1 lembar daun pandan Cara membuat : Rebus air kelapa, gula merah, dan daun pandan sambil diaduk sampai larut. Saring. Ukur air gula 200 ml. Tuang sedikit-sedikit ke tepung beras sambil diuleni sampai lembut. Setelah dingin, masukkan tepung terigu, ragi instan, santan, garam, dan bum

Liburan ke Rumah Mbah...

Image
P ostingan ini sebenarnya sudah lama, semenjak anak anak liburan semester kemarin. Tapi baru sempat aku posting. Yang paling menyenangkan untuk anak-anak adalah kala liburan tiba. Tempat berlibur kami yang tetap yaitu di Malang karena ada rumah Mbah dan di Makassar karena ada rumah Nenek. Tapi memang suasana rumah Mbah selalu dirindukan. Karena alamnya yang masih asli. Banyak kebun dan hewan ternak...seru jadi banyak mainan juga. Apalagi tuk Hanif yang memang punya minat khusus sama binatang-binatang. Dia suka semua binatang...kalau di rumah Mbah, pagi pagi udah hilang aja. Waktu dicariin ternyata ada di belakang, lagi bantuin Mbah pungutin telur bebek, kasih makan kambing, kelinci, ayam, ikan, walaaaah pokoknya mostly waktunya ada di halaman belakang. Main sama kelinci... Kasih makan kambing... Hanif dan Iyut lagi nangkap ikan pake jaring, katanya "Bu nanti kita masak ikan ini yaaa...?" Di bawah ini barusan habis petik sayur labu siam di kebun... Sel

Kue Kanji Keju

Image
Kukis ini adalah salah satu kue favorit lebaran mama. Sudah lama aku nggak bikin, ngga tau sudah berapa kali lebaran...terlewat resepnya padahal biasanya kalau bikin ini yang paling duluan habis. Soale uueeenak sih, bukan hanya gurih tapi manis juga. Dan tekstur khas kue kanji/sagu yang melt in your mouth. Tapi tetap kerasa renyah dari parutan kejunya, syaratnya dipanggang sampai benar-benar garing dan tengahnya sudah kering. Kalau bentuk kue dibikin pipih maka akan lebih cepat matangnya. Punyaku agak tebal jadi membutuhkan waktu lebih lama. Bahan : - 325 tepung kanji, sangrai lalu dinginkan - 125 gr keju cheddar parut - 1 kuning telur - 125 gr gula halus - 185 gr margarin (aku pake butter separuh) - 1/2 sdt vanili bubuk Cara membuat : Dalam wadah, kocok margarine, butter, vanili dan gula halus sampai rata. Tambahkan kuning telur, kocok asal rata. Masukkan keju parut, aduk rata. Tambahkan bahan tepung aduk hingga rata. Bentuk bulat atau love lalu letakkan di loyan

Apang Bakar

Image
Apang bakar atau apem bakar?? mungkin sebenarnya sama sih maksudnya, tapi kalau kami orang Makassar kan kelebihan vitamin 'NG' jadi nyebutnya kue apang, qiqiqi...maaf ya temang cuma bercandaja' kodong...^^ Iya, kalau nggak salah kue ini khas dari Sulawesi Tengah. Kalau di Sulawesi Selatan ada apang paranggi dan kalau di Sulawesi Utara ada apang coe. Mirip mirip ya...kesamaannya adalah penggunaan gula merah dan bumbu spekuk dalam campuran bahannya. Nah resep aslinya bisa dilihat di DetikFood . Di bawah ini aku modifikasi sedikit. Aku bikinnya setengah dari resep di bawah hasilnya sudah lumayan banyak. Tapi kalau mau ada acara bisa bikin banyak kayak resep di bawah. Aku juga menggunakan 2 cetakan carabikang, yang satu ukuran kecil dan yang satu berukuran mini seperti di gambar. Bahan : - 400 gr gula merah, sisir halus - 100 gr gula pasir - 600 ml air - 1 lembar daun pandan, potong-potong - 2 butir telur ayam - 100 gr agak muda , parut - 100 gr kenari, pa