Sabtu, 05 Februari 2011

Apple Tarlet


Bahan :

Kulit pie :

- 300 gr tepung terigu protein sedang
- 150 gr margarine/butter
- 5 sdm gula halus
- 1/2 sdt garam
- 2 kuning telur
- 5 sdm air es

Apple filling :
- 2 buah apel ,potong-potong kecil (aku pake Fuji, kalo kecil 3 buah)
- gula pasir
- kayu manis bubuk
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm butter
- sedikit maizena + air

Cara membuat :
  1. Siapkan isian : masak gula bersama sedikit air sampai mendidih. Masukkan apel. Tambahkan kayu manis bubuk, butter dan garam. Masak sampai lembut tapi tidak hancur, masih bertekstur. Setelah airnya menyusut, beri larutan maizena yang dicampur sedikit air. Aduk rata sampai meletup-letup. Matikan api. Dinginkan.
  2. Kulit pie : tuang terigu, gula, garam dalam wadah. Aduk rata. Masukkan margarine/butter. Aduk menggunakan garpu atau ujung jari-jari sampai berbutir-butir.
  3. Tuang telur, aduk asal rata. Tuang air es sesendok demi sesendok sambil diaduk terus menggunakan ujung jari-jari sampai bergumpal. Jangan diuleni atau akan menghasilkan kulit pie yang keras.
  4. Simpan di kulkas selama 15-30 menit.
  5. Giling tipis menggunakan 2 buah plastik. Bulatkan dengan gelas atau cutter bulat. Letakkan dalam cetakan tarlet atau pie mini. Sisakan adonan kulit pie untuk bikin penutup pie. Potong memanjang menggunakan cutter bergerigi. Tangkupkan di atas adonan isi. Rapatkan ujung-ujungnya agar tidak terlepas pada saat pemanggangan.
  6. Tusuk-tusuk dengan garpu. Beri isian apel. Oles kuning telur.
  7. Panggang sampai kuning keemasan dengan api 175 C. Angkat.



16 komentar:

Anonim mengatakan...

pengin nyoba ... tahan berapa hari sih ..

Hesti HH. mengatakan...

Seminggu juga tahan kalau di kulkas, tapi kulitnya udah gak renyah lagi mbak. Paling enak memang kalau disajikan hari itu juga...

Ervan Roynaldo mengatakan...

malam bunda hesti.bun mau tanya dong klau buat kulit pienya tdk boleh pakai tangan .yang saya mau tanya di resep bunda pakai ujung jari2.ujung jari2 itu apa ya bun? thx

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya telapak tangan. Kalau menggunakan telapak tangan,suhu badan kita kan panas.
Kalau diuleni biasanya hasilnya nanti keras karena pengerjaan gluten.
Jadi diminimalisir dengan ujung ujung jari saja sampai terbentuk
crumble atau adonan yang berpasir. Habis itu tetap
dikumpulin/disatukan dengan telapak tangan. Bisa dilihat cara bikin kulitnya di

Hesti HH. mengatakan...

http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/04/strawberry-cheese-pie.html

Anonim mengatakan...

Pretty! This was an extremely wonderful post. Thanks for providing this information.


Also visit my page ... airbnb blog

teea naru mengatakan...

kalo pake food procecor berpengaruh kah mbak? terima kasih...

Hesti HH. mengatakan...

Boleh mbak kalau mau cepat. Tapi jangan kelamaan prosesnya. Asal mulai menggumpal langsung matikan mbak...

yuyu mengatakan...

mba buat pie kalo pakai mixer bosch yang universal bisa ga? tp kan gak ada mata yang buat pie nya.

Stephanie Hartono mengatakan...

halo mbak, ini masing2 brp banyak ya untuk isian? spt gula pasir, kayu manis dan maizena? lalu di oven brp menit? kalau pake loyang ukuran 20 apa bisa? terima kasih :D

Hesti HH. mengatakan...

Ngga bisa kayaknya mbak...kalo food processor bisa tuh ^^

Hesti HH. mengatakan...

Tergantung apelnya mbak, kalo pake apel hijau butuh lebih banyak gula karena apelnya asem. kalau yg ini mgkn sekitar 3 sdn aja atau bisa ditambah tergantung selera. nanti diicip aja mbak sudah manis apa belum. Kayu manis setengah sendok teh aja. Maizena bisa 1 sdm+ 50 ml air. Bisa kok pake loyang diameter 20cm...

Stephanie Hartono mengatakan...

mbaaaaaaaaaaak, mantaaappp hasilnya hehehehe semua teman2 di persekutuan bilang enaaak hihihihihi :D terimakasih buat sharing resep2nya, mau coba resep yang lain hehehehe :D

Hesti HH. mengatakan...

Senangnyaaaaa...makasih ya mbak udah laporan. Ditunggu kue berikutnya ^^

Rismayanti megawati mengatakan...

Mbak hesti,, boleh tanya ukuran cetaknnya berapa cm? Kasih saya trik dong biar pai nya nggak nempel ketika di keluarin..

Terima kasih mbak

Hesti HH. mengatakan...

Ini ukuran yg saya pakai 3.5 cm diameter bawah dan 5.5cm diameter atas. Cara biar nggak lengket nggak perlu dioles margarin mbak, tapi hati hati jangan sampai bahan isian kena pinggiran karena mengandung gula jadi akan lengket.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails