Kamis, 24 Februari 2011

Strawberry Cheese Cotton Cake


Kue ini dah sering aku bikin. Yang bikin ketagihan adalah kelembutannya. Sesuai dengan namanya cotton cake, tekstur cakenya super lembut apalagi dipanggang dengan cara au bain marie. Yang dimodifikasi cuman toppingnya aja. Kadang dikasih selai blueberry, kadang juga cuman selai aprikot. Nah kali ini aku pake selai strawberry.


Resepnya kuambil dari majalah Sedap. Resep aslinya Tiramisu Cotton Cake. Terdiri dari dua lapis, keju dan kopi. Tapi aku cuman pake resep cheesenya aja. Ini aja udah maknyuuus banget.
Di bawah ini penampakan kuenya pas baru diangkat ya...

Kue ini paling enak kalo udah menginap di kulkas. Jadi agak padat, lembut basah-basah gimana gitu.





Bahan :
- 65 gr mentega asin
- 65 gr tepung protein rendah
- 80 gr susu cair
- 100 gr creamcheese (aku pake 100 gr keju yg diparut halus)
- 100 gr kuning telur (kocok lepas)
- 200 gr putih telur
- 1/3 sdt garam
- 1/4 sdt cream of tartar (aku gak pake)
- 125 gr gula pasir

Cara membuat :

  1. Panaskan oven 160 C.
  2. Panaskan mentega asin sampai meleleh. Matikan api. Masukkan tepung terigu. Aduk sampai kalis. Angkat.
  3. Panaskan susu cair. Tambahkan keju parut. Aduk sampai keju larut. Hangat-hangat tuang ke kocokan kuning telur. Kocok rata.
  4. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk sampai licin. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  6. Masukkan campuran tepung sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  7. Tuang ke dalam loyang 22x22x4 cm (aku pake loyang bulat) yang dialas kertas roti tanpa dioles.
  8. Letakkan di loyang yang diberi sedikit air. Oven selama 45 menit.
  9. Matikan api. Biarkan kue dalam oven sampai panasnya turun perlahan-lahan.
  10. Tuang atasnya dengan selai strawberry. Dinginkan di kulkas.
Source : dimodifikasi dari Majalah Sedap.

49 komentar:

nur mengatakan...

hi hesti.aku seorg ibu penggemar blog mu..ingin kenalan dengan mu n tanya2 sedikit konsultasi masakan, tp gmn caranya ya..? emailnya apa? facebook? twitter ?
btw ini facebook ku: Nur kh.
amail :nurhaeriah@gmail.com
and wanna say : " what a great blog n very generous of you share all the receipes to everybody... :D. Bless U n family ! "
Thanks !

Hesti HH. mengatakan...

Hi jg Nur...waaaah makasih banyak atas pujiannya. Emailku hesti.ariefs@gmail.com
FBku: Hesti Saifuddin.
Makasih sekali lagi ya doanya...aku jg senang bisa berbagi...

Lisa mengatakan...

Mbak, salam kenal ya....aku suka banget sm blog nya mbak hesti, resepnya ok trus fotonya cantik2 :) hampir tiap hari aku buka blognya mbak hesti, penasaran ada resep baru apa lagi nih, hehe....makasih ya mbak, udah mau sharing resep2nya, aku jadi termotivasi untuk belajar baking. Biasanya klo lihat resep yg agak susah aku udah males mau coba... Btw mbak, aku barusan coba cotton cake nya, hasilnya enak, suamiku jg suka, walaupun ga secantik punya mbk hesti. Aku mau tanya ni mbak, kulit atasnya kok bisa cantik gitu gimana caranya ya? Apa waktu memanggangnya pk api atas juga? Bagi2 dong mbak triknya, hehe.... Makasih ya mbak atas ilmunya yg banyak bgt berguna buat aku n aku tunggu "karya seni"nya yg selanjutnya :D

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah, makasih ya Mbak Lisa atas komen manisnya.

Saya sama sekali nggak pake atas kok mbak, tapi mungkin ukuran oven dan loyang jg berperan di sini. Kalo aku, loyang yg isi airnya gak terlalu lebar jadi masih ada space banyak di sisi sisi loyang supaya panas api dari bawah naik ke atas dan menguningkan permukaan kue. Jado loyang yang dibawah memang lebih lebar dari yang berisi kue tapi jangan sampai terlalu lebar hingga menutupi semua rak oven...

Lisa mengatakan...

Oh gitu ya mbak... Kemarin aku pakai loyang bawahnya seukuran rak oven nya, pantasan bagian atas ga mau kering. Trims ya mbak atas infonya :)

hesti mengatakan...

hai mba... nama kita sama ya hehehhe
aku kagum banget sama kue2nya mba nih, cantik2... boleh ya mba kapan2 konsul, maklum masih belajar nih.. thanks

Hesti HH. mengatakan...

Halo mbak Hesti...kembaranku niy

Makasih ya udah berkunjung, kalau ada yang mau ditanyain, dengan senang hati aku jawab ^^

fitria annisa duniaku mengatakan...

assalamualaikum mbk hesti. pengagum mbk juga nih saya hehe. mau tanya mbk resep diatas kocok adonannya pake mixer ngga ya mbk? pemula mbak jd tanyanya aneh hehehe

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam...

Iya mbak, kalo adonan kuning telur cukup diaduk tangan aja. Tapi putih telur dan gula harus menggunakan mixer.

rima rahman mengatakan...

assalamualaikum mbak hesti..salam kenal ya,rima pengunjung setia blog mbak.seneng bs liat resep2 mbak yang praktis,rima dah coba beberapa resep mbak,Alhamdulillah dah ada yang sukses,,,
mo' tanya nih mbak,,100gr kuning telur itu brp biji ya?
makasih ya mbak dah bagi resep2nya.

wiordy mengatakan...

salam kenal mba hesti, saya udah nyoba resep ini, kalo bantet kenapa ya mba? saya pake telur yg udah di kulkasin dulu, berpengaruh ya mba?
makasih sblmnya mbaaa :)

wiordy mengatakan...

salam kenal mba hesti, salut deh sama mba yg resepnya brhasil teruus :), saya nyoba resep mba yg ini, tapi hasilnya bantet kenapa ya mbaa? saya pake telur yg dikulkasin, ngaruh ya mbaa? saya pemula mbaa hehe masih belajar
makasih sblmnya mbaa :)

wiordy mengatakan...

salam kenal mba hesti, salut deh sama mba yg resepnya brhasil teruus :), saya nyoba resep mba yg ini, tapi hasilnya bantet kenapa ya mbaa? saya pake telur yg dikulkasin, ngaruh ya mbaa? saya pemula mbaa hehe masih belajar
makasih sblmnya mbaa :)

widia mengatakan...

Salam Kenal Mbak Hesti, Mbak hesti aku nanya ya, selainya bisa kinclong dan cantik gitu pakeknya gimana ya mbak, btw mbak turun gak mbak kuenya???

widia mengatakan...

mbak nanya lagi ada yang ketinggalan, 100gr kuning telur kurang lebih brp telur ya mbak, makasih

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Waaaah saya juga gak ingat mbak, entar kalo bikin lagi saya hitung yaaaa

Hesti HH. mengatakan...

IYa mbak sebaiknya telur yang digunakan di suhu ruang biar maksimal ngembangnya. Tapi sebenarnya saya juga pernah bikin pake telur dingin tapi gak papa tetep naik.
Kalau bantatnya setelah sempat naik biasanya karena kelamaan ngocok putih telurnya atau sampai kaku banget. Kalau bantatnya dari awal artinya mbak kelamaan aduk adonan sehingga udara yang sudah rebentuk dalam adonan keluar kembali...aduknya asal udah nyampur mbak langsung dituang di loyang...

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Widia,

Kuenya turun dikit wajar mbak asal jangan kebanyakan dan gak cekung kok tetep rata.. Seleinya pake khusus yang buat tpping mbak bukan selei botolan yang ada buah stroberinya...
Kalau 100 gr kuning telur maaf mbak saya udah lupa berapa butir pakenya soalnya dah lama banget...maaf yaa

Nong mengatakan...

Hallo mbak Hesti, Salam kenal.. Kemaren gih nyari resep kue-kue tradisional Indonesia, trus dari picture-nya yg paling menarik hati yach punya mbak Hesti. Jadinya hihihihi addicted maen ke blog mbak Hesti. Really Well Done!!! Proud dech and salut ma blogger from Indonesia, apalagi punya mbak Hesti yg visitor-nya from everywhere. Lainkali saya ijin mo nyobain resepnya..:) salam dari Negri Kincir Angin.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Nong....waaaaaah yang di Belanda jauhnyaaaaa
Makasih mbak tuk apresiasi dan komplimentnya...semoga bisa tetap konsisten rajin ngeblognya *hidung kembang kempis ke GeEran* ^^

Anonim mengatakan...

hai mbak Hesti, salam kenal yaaa.... setiap hari melototin blog-nya mbak hesti, gak pernah ada lelah mata ini. mau nyobain resep ini, untuk pemula sebelum pake cream cheese beneran. doain biar jadi cake beneran ya mbak...hihiiii...takut error

wassalam,
-mukaromah-

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Mukaromah, makasih ya udah rajin mantengin blogku ^^
Aku doakan sukses ya mbak di prcobaan perdanaanya, jangan lupa ditunggu kabarnya yaaaa

Dwi Harianty mengatakan...

Salam kenal mba hesti...kyknya kuenya enk banget lhtnya.ijin y mba,kpn2 sy mau nyobain resep mba hesti.mksih sblmnya.

Mukaromah Ahmad mengatakan...

Mbak hesti, mau laporan.......strawberry cotton cheese cake buatanku berubah nama mbak, kata anakku jadi strawberry bantet cheese cake..hiks hikss.... rasanya ennakkk....tapi modele jan nggilani kalo kata mereka. hadoooh....harus dicoba lagi mbak meski kata anakku ya udah kalo gak bisa, bikin roti aja kayak tante hesti yg modelnya cakep2. doakan lagi ya mbak.....

Hesti HH. mengatakan...

@Dwi harianty : salam kenal mbak, silahkan dicoba mbak semoga sukses yaaa

@Mukaromah : hiyaaaaaaaaa kok bisa ya mbak?? apa gak mau naik sama sekali atau padat bawahnya sajakah mbak? Kalau bawahnya saja bisa saja pas nyampur dengan putih telur kurang rata. Kalau bantat semua bisa jadi dari kondisi telur yang kurang segar atau sewaktu pengocokan putih telur kurang mengembang atau bahkan kocoknya malah kelamaan...
Jangan putus asa ya, lain kali dicoba lagi...

Mukaromah Ahmad mengatakan...

heheheeee......mungkin jawaban pertanyaan mbak Hesti iya semua mbak, pokoknya harus coba lagi. sumangat sumangat....oh iya, semalem nyoba roti manis resep mbak Hesti, hasilnya top markotop...empuk dan gampang nguleninya. makasih sharing-nya mbak cantiiik.

Hesti HH. mengatakan...

Iya semangaaaaat yaaa....alhamdulillah rotinya jadi bisa mengobati kegagalan cheesecakenya. makasih yaaaaaaa

Anonim mengatakan...

Mbak hesti waktu buat pake keju cheddar biasa ya? Yakin mbak kl pake cream cheese berhasil? Wanti2 sblm buat hihi soalnya kan cheddar sm cream cheese beda mba teksturnya

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak...soale beberapa orang jg udah sering mengganti creamcheese dgn keju cheddar.

peni mengatakan...

Assalamuallaikum mbak hesti,mau nanya kalo dicetak pake cup alfol bisakah?
Trus manggang nya pake au bin marie ato biasa aja? Makasih sebelumnya.
Wassallam.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, bisa mbak tetep pake au bain marie karena buat dapert tekstur lembabnya

peni mengatakan...

Mbak hesti,kira2 kue apalagi ya yang mirip begini tapi lebih enak dimakan dingin selain klappertaart...hehehe..
Makasih mbak.

wahyuni firdaus mengatakan...

Assalamualaikum mbak. Lihat komen2 diatas terlihat kl mbak hesti low profile ngt orange. Jangan bosen mbak ngasih resep kue 2 yang enak . Semoga bisa jadi ilmu yang bermanfaat. Ijin nyoba dan share ya mbak?

peni mengatakan...

Assalamuallaikum mbak,aq udah nyoba kue ini,lembuuuuttt bgt...tp rasa putih telurnya kok dominan napa ya mbak?
Wassalam.

Hesti HH. mengatakan...

@Peni : Waalaikumsalam. Coba puding tape panggang mbak silahkan cari di label tape. Tentang kue yg berbau telur emang begitu mbak cuman bisa diminimalisir dengan penambahan vanili.

@Wahyuni : Waalaikumsalam, alhamdulillah mbak semoga bisa seperti itu ^^
Silahkan dishare mbak...

Anonim mengatakan...

Assalamuallaikum, teh hesti. Tanya boleh dong. Kalo d dalam adonan cotton cake dikasi potongan keju kotak2 bikin ambles/ bantat ga? Suwun :)

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, insyaAllah kalau kecil kecil ngga ambles mmba asal jangan kebanyakan...hehe

Lidia Dian mengatakan...

Salam kenal mb Hesti..

Lidia Dian mengatakan...

Mb Hesti mau nanya ni..kalau pas tepung dimasukin ke kocokan putih telur itu pakai mixer gak? Atau cukup dg spatula? Lalu cara nganduknya gmn mb? Soalnya masalah aduk mengaduk riskan membuat bantat. Hehehe..makasih ya mb..jasamu tiada tara..hehehee

Vika Lynn mengatakan...

Mba Hesti mau nanya nih, gimana cara bikin selai strawberry semulus itu pas dituangi ke atas cake nya ya?
thanks :)

Hesti HH. mengatakan...

@Lidia Dian : salam kenal mba, tepungnya cukup diaduk pakai spatula mba dengan cara aduk balik perlahan (seperti membentuk angka 8). Asal tercampur rata. Kalau kelamaan ngaduknya makan udara yang sudah terbentuk di dalam adonan akan keluar lagi sehingga kue menjadi bantat.

@Vika Lynn : ini selai strawberry jadi mba bukan dibikin. tapi kalau mau bikin sendiri bisa diblender stroberinya dan dimasak bersama gula serta terakhir diberi larutan maizena untuk mengentalkan dan memebri efek glossy

Nova Carter mengatakan...

dear mba hesti....
photo2 kue nya cantik-cantik itu pake kamera apa ya? eh salah ya...
yg photo mba hesti sendiri apa gmn?perpaduan antara menu dan setting nya OKE

Hesti HH. mengatakan...

Hehe makasih mba, saya moto sendiri pake kamera DSLR Canon 60D

Anonim mengatakan...

Halo Mbaq Hesti..salam kenal..saya mau ngucapin makasih banyak atas bloq nya..membantu sekali untuk seorang pemula seperti saya yang kebetulan tinggal jauh di rantau(jerman)..apalagi resep masakan tradisionalnya..Danke schon...(lina)

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mba Lina kalau bisa membawa manfaat untuk orang lain....ikut senang. Makasih juga yaaaaa

Anny Lim mengatakan...

Salam kenal mba Hesti! aku silent reader blog mba, always amazed with your recipes :D. Saya mau tanya, saat dipanggang di oven, loyangnya ditaruh di rak tengah atau rak paling bawah? untuk apinya pakai api atas bawah atau api bawah saja?

Selain itu, kue bisa tahan berapa lama ya, apalagi kalau diluar kulkas? saya rencananya mau kirim ke teman lewat pos (di-bekukan semalam sebelum dikirim).

terima kasih!
~Anny

Hesti HH. mengatakan...

Halo mba Anny, salam kenal juga, makasih ya udah jd pembaca setia.
Untuk kue ini saya pakai api bawah saja dan di rak paling bawah.

Kalau tahannya bisa sampai 3 hari di suhu ruang mba. kalau masuk kulkas bisa semingguan

Sri Warsiti mengatakan...

Assalamualaikum mba hesti, salam kenal. Kemarin Aku buat bantet terus, kenapa ya pas masuk oven malah ambles adonannya. Aku masak sekali 2 loyang yg oval dan bulat diameter 18cm. Apa krn loyangnya menutupi semua permukaan oven ya?

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, salam kenal mba. Kalau ambles biasanya karena ngocok putih telur kelamaan. Cukup soft peak mba jgn sampai kaku sekali. Atau ada kuning telur yg ikut masuk di putihnya.

Bisa jg kurang sirkulasi panas karena ovennya penuh

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails