Sabtu, 19 Februari 2011

Juku Pallumara

Alhamdulillah wa syukurillah...sekian lama off posting akhirnya bisa lagi. Kemarin sempat off karena wilayahku terkena gempa lumayan besar. 6,1 skala richter. Listrik padam selama 3 hari menyusul mati air...lumayan mencekam. Seumur-umur baru kurasakan gempa sebesar ini. Sampe-sampe demi keselamatan kami sekeluarga terpaksa tidur di teras rumah...kalau-kalau ada gempa lagi siap kabuuur. Tapi walaupun sampai saat ini gempa susulan kecil masih terjadi...tapi setidaknya listrik sudah mulai nyala dan aktifitas bisa normal kembali walaupun masih diliputi was-was. Alhamdulillah masak and baking juga dah mulai lancar. Salah satunya di bawah ini.


Nah...ini salah satu masakan ikan favoritku asal Makassar. Bumbunya minimalis tapi rasanya maximal bo'...hehe. Syegeer pake kuah air asam ditambah belimbing. Ikannya bisa apa aja. Tapi kali ini aku pake ikan rappo-rappo yang dagingnya sangat tebal. Mungkin kalo dalam bahasa Indonesia namanya ekor kuning. Mungkin ya...aku gak yakin juga.

Bahan :
- 1/2 kg ikan (apa saja)
- 2 sdm air asam yg agak kental
- 1/4 sdt kunyit bubuk
- 10 buah cabe rawit
- 3 buah belimbing wuluh, potong dua memanjang
- gula merah/pasir secukupnya
- garam secukupnya
- air

Bumbu (tumis dengan 3 sdm minyak) :
- 3 butir bawang merah
- 2 sing bawang putih
- 2 batang sereh, iris serong
- 1 potong lengkuas, iris tipis

Cara membuat :
  1. Setelah ikan dibersihkan dan dipotong-potong, susun di dalam panci stainless.
  2. Tuang air sampai melebihi tinggi ikan. Tambahkan air asam, kunyit, gula dan garam. Tambahkan cabe rawit dan belimbing. Masak dengan api sedang.
  3. Masukkan bumbu yang sudah ditumis sampai wangi. Aduk rata. Masak sampai bumbu meresap.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails