Kamis, 24 Februari 2011

Coklat Praline


Untuk membuat coklat praline ini aku terlebih dahulu berguru pada mbah google. Habis itu langsung praktek supaya ilmunya gak hilang. Apalagi bahan-bahannya dah ada semua. Sebenarnya mudah bikinnya karena cuman lelehin coklat, diisi dan ditutup lagi dengan coklat. Cokelatnya terserah selera mau dark, milk, or white choholate. Isiannya tergantung kreatifitas kita. Kali ini aku pake permen nougat susu kacang, cincangan bengbeng (belajar dari blognya Mbak Shirley, tengkiu ya mbak...blognya sangat informatif), selai strawberry, almond, mede, selei kacang dan karamel.

Tipsnya ialah melelehkan cokelat dengan cara ditim di air mendidih yang telah dimatikan apinya. Aduk-aduk terus sampai licin. Kalau dari pengalamanku...coklat putih membutuhkan waktu lebih lama. Mungkin tergantung dari merk cokelatnya juga. Setelah itu tuang di dalam cetakan lalu goyangkan sekelilingnya agar coklat rata. Kalau perlu diketuk-ketuk agar udara yang terperangkap bisa keluar. Dinginkan sampai coklat mengeras. Masukkan filling lalu tuang sisa cokelat. Hilangkan panasnya lalu simpan di kulkas sampai mengeras. Keluarkan dengan cara diketuk-ketuk perlahan. Udah deh...siap dihias dengan lelehan cokelat.



9 komentar:

Anonim mengatakan...

Mbk cetakn coklatx beli dmn?

Hesti HH. mengatakan...

Say beli di sini mbak...lokal di pasar aja.

Hommy Sinaga mengatakan...

mbak, sy ada beberapa pertanyaan :)
1. coklatnya pakai merek apa kalau boleh tau/
2. saat proses pencetakan, apakah menggunakan cup aluminium atau langsung ke cup kertas, mbak?
3. untuk coklat hiasan, apakah menggunakan coklat yang sama? tapi kok ada yg berwarna coklat lebih muda gitu mbak?

terima kasih.

Hesti HH. mengatakan...

1. Saya pakai Collata karena di sini cuman ada merk ini
2. saya pakai cetakan praline dari plastik mika
3. Hiasan ada yang dark cokelat tapi yang muda itu dari milk cokelat

Irma Yunia mengatakan...

Thanks info resepnya mbak, izin share :)
http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-diabetes/
http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-kanker-serviks/
http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-kanker-otak/

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb.
Salam kenal mbak hesti, saya banyak belajar resep makanan dari blog nya mbak hesti ini.. ada yg mau saya tanyakan ttg coklat ini..
1. Coklat yg digunakan apakah sm dg coklat yg kita gunakan utk membuat brownis.. dpt info dari penjual bahan2 kue kalau coklat itu ada yg khusus si gunakan utk campuran cake, kalau utk hiasan cookies atau permen ada coklat lain lagi yaitu coklat praline yg tdk cpt meleleh.. nah resep mb hesti kali pake coklat yg mana ya mbak ?
Matur susun mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, salam kenal jg mba...

1. Cokelatnya semakin bagus kualitasnya semakin bagus juga hasilnya mba, kalau saya pakai yang cooking chocolate karena di sini cuma ada itu saja. Jadi saya pakai merk Collata mba

inge&arkan@mom mengatakan...

assalamualaikum, nanya nanya lagi, Mbak, hehe, saya ini sepertinya tipe murid yang kebanyakan nanya ke gurunya. Gak bisa disuruh CBSA...
Mbak, adonan coklat berarti dituang dua kali ya, Mbak? lapisan bawah harus kering dulu sebelum dikasih isian ya, Mbak? bener bener kering atau asal sudah tidak terlalu encer lapisan coklat bawahnya, waktu naruh isian praline nya? ohya, Mbak, di bbrp chocolate' s factory, kan ada coklat dengan kadar coklat yang bervariasi, apakah peningkatan kadar coklat itu dilakukan dengan penambahan coklat bubuk, atau memang diperlukan proses khusus? kalau penambahan rasa pada adonan coklat sendiri caranya gimana ya, Mbak?
Maaf ya, Mbak, nanyanya kebanyakan, atau mungkin sebenarnya Mbak Hesti membahasnya di postingan lain, tapi saya yang belum lihat, hehe, ketahuan dulu kalau sekolah disuruh baca buku males, belum belum nanya terus.

Hesti HH. mengatakan...

Asal udah nggak terlalu encer mba. TApi kalau isiannya padat cokelat dasarnya harus sudah set. tentang pertanyaan berikutnya maaf mba saya juga kurang ngerti. Kayaknya saya juga perlu memperdalan belajar percokelatan...hehe

Kalau penambahan rasa biasanya menggunakan cokelat yang sudah ada rasanya mba. Tapi kalau untuk cokelat dark atau milk saya jg kurang paham mba. Apakah bisa ditambahkan esense atau pasta krn saya jg belum pernah coba

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails