Monday 9 May 2011

Mini Milk Mantou




Habis blogwalking ke blognya Alice ... ketemu blognya Vivian Pang. Ngiler dan udah lama cari resep mantou jadi pingin praktek. Alhamdulilah setelah dibikin...sukses mantounya. Rotinya lembut padahal tidak ada lemak dan telur di dalamnya. Lebih lembut dari bakpau yang pernah aku bikin. Thanks to Vivian for the amazing recipe and tutorial...and thanks to Alice for making this happen...^^

Ini resepnya versi aku ya...

Bahan :
- 2 cups tepung protein sedang (aku pake segitiga biru)

- 1 cup tepung protein rendah (aku pake kunci biru)
- 1 sdt baking powder
- 1½ sdt ragi instant
- ½ sdt garam
- 3 sdm gula pasir
- 1 cup susu cair (sisakan sedikit untuk olesan)

Cara membuat :
  1. Campur terigu, baking powder, ragi, garam dan gula. Aduk rata. Tuang susu dan mixer sampai kalis. Tutup dan istirahatkan 10 menit. Ambil ½ adonan dan letakkan di talenan/meja yang sudah dioles sedikit mentega. Bentuk pipih persegi panjang.
  2. Olesi permukaannya dengan sedikit susu cair lalu gulung seperti bolu gulung.
  3. Potong menjadi beberapa bagian. Kalau saya menjadi 8 bagian. Kalau lebih kecil bisa 10-12 potong.
  4. Letakkan di atas kertas roti. Dan panggang selama 10-15 menit di dalam kukusan yang terlebih dulu sudah dipanaskan dengan api tinggi kemudian setelah mendidih diturunkan sedikit panasnya menjadi sedang. Tutup dibuka sedikit saja agar panasnya tidak berlebihan.
  5. Setelah matang buka kukusan perlahan-lahan agar roti tidak terkena tetesan air. Buka kertas rotinya dan dinginkan di rak pendingin
  6. Mantou siap disajikan begitu saja atau dengan tambahan filling or topping.



18 comments:

Julia said...

hi Hesti,

so attempting :) kalau boleh tanya, cups nya itu pakai ukuran apa ? thanks.

Hesti HH. said...

Julia, aku pake cup yang dijual 1 set isi 4 (1, 1/2, 1/3 dan 1/4 cup). Barusan aku timbang sekitar 140 gr 1 cup tepungnya. Kalo air 1 cup yg sama = 250 ml. Setahuku kalo cup tepung dan cairan berbeda cup ukurnya. Tapi aku pake aja punyaku. semoga membantu ya...

mila said...

halo mba hesti,
aku minta ijin copas resep mantaunya yah :)
thank you,

Hesti HH. said...

Silahkan dicopas ya Mil...

Unknown said...

izin copas yaah

Hesti HH. said...

Silahkan mbak...sekedar info resep terbaru yang lebih lembut menggunakan 2 cup tepung protein rendah dan 1 cup protein sedang. Kalau yg diatas kan lebih banyak protein sedangnya...

Anonymous said...

Mbak Hesti,
Aku coba bikin mantou ini stgh resep, tp stlh dikukus, bau ragi terasa sekali di mantau.
Aku rasa krn aku pakai susu dr kulkas, jd ragi tidak bereaksi sempurna.
Apakah sebaiknya mencampur susu hangat dlm adonan yah?

Mohon tipsnya :)

Hesti HH. said...

Mungkin aja mbak. Tapi emang tips untuk menghindari bau ragi pada roti ragi dicampur dengan air suam kuku (kalo kepanasan raginya nanti mati) biarkan 10 menitan sampai mengembang baru dimasukkan ke dalam adonan. Boleh dicoba mbak, ditunggu hasilnya yaa....

Memang penggunaan air dingin atau susu dingin biasa diisyaratkan dalam pembuatan roti untuk suhu indo yang panas supaya raginya tidak terlalu cepat bekerja. Biasanya orang eropa/amrik menggunakan air hangat karena suhu di sana yang terlalu dingin. Jadi sesuaikan saja dengan cuaca di daerah mbak.

Anonymous said...

Terima kasih atas masukkannya. Iya, weekend ini akan dicoba lagi!
Aku jg udah coba resep semur ayam mbak Hesti. Enak sekali recikan bumbunya.
Blog mbak bikin aku makin semangat masak :)))
Thanks for sharing

murni said...

Mba Hesti, kalau mau bikin mantou goreng, apakah adonan ini bisa di treat seperti donat? Kemudian kalau menggunakan tepung tang mien itu bagaimana ya mba, pernah dengar tepung itu. Terima kasih sebelumnya.

Hesti HH. said...

Alhamdulillah, semangat yerus ya mbaaaak...makasih ^^

Hesti HH. said...

Mungkin bisa mbak...tp yg ini mgkn rasanya akan kurang gurih.
Kalau yg pake tangmien bisa dilihat di resep bakpauku yg lain ada kok mak

vhevelyn said...

Sista... klo untuk 1kg perbandingan gulanya berapa ?

Hesti HH. said...

Maaf mbak saya kurang tau persisnya karena resep di atas menggunakan takaran cup bukan kilo. Harus ambil kalkulator dulu ^^

Matahari said...

Salam kenal mbak, resep ini ga pake gula ya? Soalnya mantau bukannya rasanya manis, tp tergoda juga buat mencoba, nice recipe

Hesti HH. said...

Pakai mbak...ada di resepnya. 3 sendok makan.

Wiwi said...

Mba resepny ga pake minyak sm skali?

Hesti HH. said...

Iya bener mba...

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...