Jumat, 13 Mei 2011

Mantou Pandan


Udah 3 hari blogger read-only mode. Bisa dilihat...tapi gak bisa diutak atik. Hicks...memang lagi maintenance sih jadi harus sabar.

Pagi ini akhirnya...alhamdulillah bisa lagi. Semoga besok-besok tetep bisa.
Well aku lagi demam mantou...masih penasaran dengan resep-resep mantou yang lain jadi hari ini postingannya mantou lageeeee....

Resepnya...masih pake resep Vivian Pang. Bedanya aku gak ada persediaan daun pandan alias pohon pandannya udah botak. Di tetangga ada sih...tapi lagi malas ngambil. Wes...pake pandan pasta aja. Hasilnya yaaa bisa ditebaklah...warnanya ngejreng tapi rasanya dan wanginya tak seharum pandan asli. Tapi teksturnya teteup lembut lah. Apalagi kalo disantap hangat-hangat fresh from the oven...eh salah, fresh from the steamer...

Di bawah ini resepnya versi Indonesia ya...

Bahan :
(A) Adonan Putih
- 280 gr terigu protein sedang
- 140 gr terigu protein rendah
- 2 sdt baking powder
- 1 sdt ragi instan
- ½ sdt garam halus
- 3 sdm gula pasir
- 250 ml susu cair
- 1 sdm minyak goreng

(B) Adonan Pandan
- 280 gr terigu protein sedang
- 140 gr terigu protein rendah
- 2 sdm santan bubuk (aku gak punya jadi separuh airnya diganti santan)
- 2 sdt baking powder
- 1 sdt ragi instan
- ½ sdt garam
- 3 sdm gula pasir
- 250 ml air pandan
- 1 sdm minyak

Cara buat :
  1. Campur semua bahan kering, aduk rata
  2. Tuang susu cair dan campur/ulen sampai rata. Bisa juga menggunakan mixer spiral.
  3. Masukkan minyak, uleni sampai kalis dan halus.
  4. Tutup dan diamkan selama 10 menit. Lakukan hal sama pada adonan pandan.
  5. Bagi 2 masing-masing adonan. Ambil adonan putih dan pandan satu. Giling di atas meja yang sudah dioles sedikit minyak-margarin agar tidak melengket. Olesi permukaannya dengan air. Tempelkan kedua adonan. Olesi lagi permukaannya dengan air. Gulung seperti gambar di bawah. Potong-potong lalu taruh di atas kertas roti. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan.
  6. Masukkan dalam kukusan yang belum dinyalakan. Biarkan 10-15 menit dalam kukusan tertutup.
  7. Mulai panaskan kukusan dengan mantou di dalamnya. Setelah air mendidih, turunkan panas kukusan menjadi panas sedang. Lanjutkan mengukus selama 7 menit.
  8. Angkat perlahan agar tidak terkena tetesan air. Lepas kertas rotinya dan dinginkan.


Tapi friends...berhubung aku bikinnya kegedean karena adonannya tidak aku bagi 2...terpaksa 1 buah mantou yang sudah dipotong tadi, aku bagi 2 lagi. Kelihatan kan gulungannya cuma separuh.

Oh iya...kalo menggunakan tutup kukusan yang tidak ada lubangnya seperti gambar di bawah,


buka sedikiiit sekali tutup kukusan agar mantou tidak oversteamed, yang mengakibatkan mantounya keriput.


Mantou ini enak juga dinikmati dengan filling or topping. Seperti aku...menikmati dengan olesan selai duren home-made. Hmmmm....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hallo, Mba Hesti.
Mba, untuk pasta pandannya berapa banyak?

Makasih.

-Moniq-

Hesti HH. mengatakan...

Dikira kira aja mba sekitar dua tetes. Kalau saya pakai air pandan dan ditambah pewarna

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails