Jumat, 13 Mei 2011

Mini Spiral Milk Mantou


Masih bikin mantou lagi. Kali ini mantou cokelat spiral. Instead of using chocolate paste...Vivian Pang menggunakan cokelat bubuk yang dicairkan dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Jadi rasa cokelatnya asli bo'. Thanks to Vivian Pang atas ilmunya dalam per'mantouan' ...




Ini hasil penampakannya kalo dibelah dua... lucu yaaa....^^

Di bawah ini resep Vivian Pang versi aku ya...

Bahan :
- 280 gr terigu protein sedang
- 140 gr terigu protein rendah
- 1 sdt baking powder
- 1½ sdt ragi instan
- ½ sdt garam
- 3 sdm gula pasir
- 250 ml susu cair (kurangi karena menggunakan cokelat pasta)

- 1 sdt cokelat bubuk
* Untuk membuat coklat pasta, cairkan dengan sedikit air lalu aduk
sampai kental.

Cara buatnya mirip pandan mantao. Adonan dibagi 2. Yang satu dikasih cokelat pasta buatan. Yang satu tetap putih. Yang berbeda di cara gilingnya. Adonan di bentuk silinder panjang lalu digabungkan. Digiling membentuk persegi panjang...lalu digulung dan dipotong-potong. Hasilnya akan membentuk pola spiral, dan tidak semua sama teksturnya. Silahkan lihat gambar di bawah ya...


13 komentar:

meinekueche mengatakan...

Mba...hari ini ga jadi buat sosis goreng mie, sosisnya abis, heheheheh...akhirnya saya percobaan buat mantou...tapi kok gagal ya? penampakannya mengerikan gitu, kenapa ya mba?

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah...mungkin kebanyakan olesan margarin/minyak di tempat menggiling adonannya mbak. Jadi adonannya berpisah kayak puff pastry...
Emang adonannya lembek ya mbak Rini? Aku kalo kelembekan alias gak bisa diulen aku tambah tepung dikit aja. Pokoe sampai kalis dan gak terlalu lengket di wadah.

EDSIANT mengatakan...

mbak hesti, td pagi aq praktekin bikin mantou. berhasil sih, tp aq salah motongnya, ketipisan kayak motong bolu gulung hehehe.... Baru nyadar pas liat blog mbak barusan. Ternyata rasanya ya kayak bak pau ya. Mbak, apa sih bedanya mantou sama bakpau. Sekalian aq ijin share..... thx ya mbak.....

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...iya memang mbak. Potongnya harus tebelan biar nantinya bisa berdiri mantounya.

Setahuku sama aja mbak bahan dasarnya. Bedanya di penyajian aja, kalo bakpau biasanya ada filling or toppingnya. Sedangkan mantou biasanya plain, dimakan bersama lauk sebagai pengganti nasi.

Hesti HH. mengatakan...

Oh iya, kalau mau mantou yg lebih empuk bisa lihat di sini mbak
http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/05/bakpau-ayam.html

Lebih empuk kalau menggunakan tepung protein rendah lebih banyak dibanding protein sedang...

Vhita Hani mengatakan...

thx mbak, infonya lengkap kap... (yg nanya sebenernya aq mbak, saking semangatnya td kliru pake akun suamiku. maklum lappy nya gantian hehehe...)

Anonim mengatakan...

mbk hesti.. aku udah coba praktek mantao nya tapi kok bantat ya.. nggk bisa ngembang gitu.. padahal udah aku tambah fermipannya... apa nguleninnya kurang lama ya... aku capek nguleni nya... emang nguleninya itu brp lma sih mbk ??? ato adonan ya pake telur ya.. soalnya aq kalo bikin bakpao pake putih telur jadi.. lhah ini kok nggk pake telur mbk!!!

derika

Anonim mengatakan...

mbk hesti.. aku udah coba praktek mantao nya tapi kok bantat ya.. nggk bisa ngembang gitu.. padahal udah aku tambah fermipannya... apa nguleninnya kurang lama ya... aku capek nguleni nya... emang nguleninya itu brp lma sih mbk ??? ato adonan ya pake telur ya.. soalnya aq kalo bikin bakpao pake putih telur jadi.. lhah ini kok nggk pake telur mbk!!! mohon pencerahanx...

derika

Hesti HH. mengatakan...

waaaah kok bisa mbak,

Fermipannya baru nggak mbak? kadang kalo udah lama atau kemasannya dah dibuka raginya nggak aktif lagi. Kalaupun ngulennya nggak terlalu lama harusnya bisa ngembang walaupun gak terlalu lembut. Aslinya niy mantou emang gak pake telur mbak, biasanya sih begitu supaya warnanya gak kuning. Ngulen biasanya kalau pake tangan jelas lebih lama dibanding mixer ya. kalau mixer sekitar 10 menitan sdngkan pake tangan mungkin butuh setengah jam biar bagus hasilnya.

anggunvalistia@ymail.com mengatakan...

yaahh.. aku ngulen.y sm tangan cuma 10 menitan...hehehe..
lho emang pake mixer bisa pa mbk? ap nggk menggumpal g2, mixer,y gk kuat..
owh jd telur bs mmpengaruhi wrna y mbk.. hmm tuh kn dpt ilmu lg,, heheh...


Anonim mengatakan...

fermipan.y aq beli kemaren.. tinggal stengah aq pake lg...
mgkin krn i2 y mbk... hehe... za dah kpan2 q pgen coba bkin lg,, akan kubenahi kslahan2.q.. hehehe.. :)
o iya mbk kmren krn rada bntat.. trus aq coba goreg.. wuiih.. trnyata enak jg mbk... ank2 kecil pd suka.. hehe...

derica

Hesti HH. mengatakan...

Kalau pake mixer jangan pake standing mixer. Mixer harus dipegang sendiri mengikuti adonan. Yang spiral cantolannya. Naik turun aja bukan diputar putar. Kecuali pake mixer besar kayak bosch atau kitchen aid bisa juga.

Hesti HH. mengatakan...

Kalau permifan udah dibuka harus ditutup rapat bungkusnya lalu ditaruh di dalam wadah kedap udara simpan di kulkas. kalo terbuka dan kena udara jadi mati raginya mbak. Mungkin itu sebabnya nggak mau ngembang.

Memang mbak kalo orang Cina sukanya roti mantau plain digoreng lalu cocol susu kental manis ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails