Selasa, 24 Mei 2011

Apple Turnovers





Apple turnovers adalah sejenis pie yang dibentuk, diberi isian apel dan dilipat makanya namanya turnover. Rasanya ya kayak pie. Tapi sering juga orang menggunakan kulit puff pastry agar lebih renyah. Yang paling enak ya jelas isiaan apelnya. Wangi kayu manisnya itu lho...

Kali ini aku akan mencoba adonan pie yang lain. Yaitu pie yang gak pake telur. Resepnya di bawah ya...

Bahan kulit pie :
- 150 gr terigu
- 75 gr butter
- 2 sdm gula halus
- 1/4 sdt garam
- 2-4 sdm air es

Bahan filling :
- 2 buah apel, kupas potong dadu kecil
- 1 sdm kismis
- gula pasir +gula palem secukupnya
- garam secuil
- 1 sdm butter
- kayu manis bubuk

Cara membuat :
  1. Filling : panaskan butter sampai meleleh. Masukkan potongan apel, gula, garam, kayu manis dan kismis. Masak sampai kandungan airnya habis dan apel mulai lunak. Kalo suka isian yang lebih padat bisa ditambahkan sedikit larutan maizena.
  2. Kulit Pie : campur semua bahan kering, aduk rata. Masukkan butter lalu aduk menggunakan garpu sampai beremah. Tambahkan air es sesendok sesendok. Jangan langsung diturunkan semua. Bila diaduk adonan sudah mulai melengket dan mulai lepas dari wadah jangan ditambah air lagi.
  3. Gumpalkan adonan. Bungkus cling wrap, masukkan di kulkas selama 30 menit.
  4. Giling menggunakan 2 buah plastik sampai tipis. Potong-potong segiempat sama sisi (aku pake 9x9 cm). Beri isian di bagian tengahnya. Tangkupkan memmbentuk segitiga. Letakkan di talam yang di alas kertas roti. Toreh sedikit bagian atasnya agar uap yang terperangkap bisa keluar. Beri jarak.
  5. Rapatkan ujung-ujungnya menggunakan garpu. Oles kuning telur. Panggang dengan panas oven 170 C atau 325 F selama sekitar 15-20 menit, atau sampai atasnya berwarna kuning kecoklatan.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Mba,,talamnya harus di alasin kertas roti ya

Anonim mengatakan...

kalo di goreng gimana bu...

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : iya mba...boleh juga dioles tipis margarin

@Anonim : waaah maaf saya juga belum pernah coba jd gak bisa review

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails