Senin, 23 Mei 2011

Roti Pandan




Udah lama pingin bikin roti pandan tapi gak jadi-jadi melulu. Eh pas lihat di blognya Mbak Alice... ngecesss abis. Roti pandannya cantik, ijo dan lembut teksturnya dikasih isian macam-macam. Daku tak kuasa menahan hasrat tuk membuatnya *cieeeeee*... secara semua bahan ada. Tinggal pandan nih yang musti dicari.

Aku minta daun pandan sama tetangga. Dan langsung beraksi si dapur.
Setelah 3 jam lebih selesai sudah. Hasilnya betul-betul lembut. Aku pake resep roti yang biasa hanya menukar air biasa dengan air pandan. Tapi ternyata warnanya kurang cantik...kayaknya tetep harus dikasih pewarna makanan. Kalo pandan sih memang wangi...tapi warnanya gak keluar. Memang Mbak Alice pake pasta pandan tapi warnanya bagus...pasta yang aku punya gak bagus ijonya...ngejreng. Gak alami banget deh pokoe...tapi rotinya, mantap kallleeeeee ^.^...

Makasih buat Mbak Alice atas inspirasinya...



Roti pandan isi coklat mises



Lembuuuuuut sekali...udah dingin aja lembut apalagi waktu masih panas....hmmmm kayak kapas, gak kalah sama bakery terkenal...xixixi. Bedanya ini gak pake bahan pengawet.



Ini roti pandan dengan filling keju dan topping streusel. Anak-anak suka yang ini. Yang di atas versi roti sisir. Yang di bawah pake cetakan pie.




Adonan aku olesi dulu sedikit susu kental manis baru dikasih keju cheddar parut. Pas panas...weeeeh meleleh kejunya.



Ini isi selai kaya botolan. Enak juga. Tapi dari semua rasa...yang juara di bawah ini.....



Ini dia. Gambar yang di bawah walaupun gak cantik...tapi rasanya enaaaak sekali. Pake selai kaya pandan buatan sendiri. Aku suka apalagi hubby. Hubby sampai nambah-nambah... katanya ini isi apa ?? *gak pernah makan pandan kaya sebelumnya* aku paling suka yang ini. Aku bilang itu selai kaya...tapi pake pandan jadi wangi pandan...




Padahal isiannya ada kesalahan. Harusnya campuran bahannya pake maizena, eeeh ternyata daku kehabisan. Jadinya pake terigu aja. Tetep enak walaupun teksturnya kurang licin...

Bahan :
- 400 gr terigu protein tinggi
- 200 gr terigu protein sedang
- 125 gr gula pasir
- 3 kuning telur
- 1 sachet (11 gr) ragi instant
- 2 sdm munjung susu bubuk full cream
- 75 gr margarine
- 300 ml air perasan pandan
- 1 sdt garam

Filling :
- selai kaya botolan
- selai kaya pandan homemade
- mises cokelat
- keju cheddar

Topping :
- 2 kuning telur
- 3 tetes air
- strausel (untuk yang keju)


Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kering kecuali garam. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan kuning telur. Mulai mixer (spiral) dengan kecepatan tinggi. Masukkan air sambil terus dimixer. Setelah mulai tercampur masukkan garam dan margarin. Mixer sampai halus dan elastis.
  3. Tutup dengan serbet lembab. Biarkan mengembang 2x lipat.
  4. Kempeskan. Bentuk sesuai selera, beri isian. Taruh di talam beroles margarin. Biarkan mengembang selama kurang lebih 30-45 menit atau mengembang 2x lipat.
  5. Untuk roti sisir panggang dengan panas oven 190 C selama kurang lebih 15-20 menit sampai kuning kecoklatan. Untuk roti individual, panggang dengan api 200 C selama kurang lebih 10 menit sampai kuning kecoklatan. Bila bawahnya sudah kuning tapi atasnya belum segera pindahkan ke rak atas untuk menguningkan bagian atasnya. Masukkan roti berikutnya di rak pertama.
  6. Setelah matang keluarkan dari oven, olesi dengan butter. Hilangkan uapnya, segera masukkan ke wadah kedap udara agar bertahan kelembabannya.


Roti sisir pandan isi keju





Roti pandan cokelat



Roti pandan kaya

15 komentar:

Tri mengatakan...

halo mbak hesti..blognya bagus banget....suka deh...boleh contek2 ya resepnya...must try items nih..hehe
kalo kata emak dulu, buat ijo2 suka pake daun suji..kalo pandan aja emang kurang...

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak udah berkunjung ke blogku...
Silahkan dicontek resepnya, senang kalo bermanfaat.

Iya bener...harus pake suji kayaknya. InsyaAllah lain kali deh...

Anonim mengatakan...

Hello, I'm so interested on how to make this bread but I don't speak your dialect.I would really appreciate if you could email me a copy in English version.Actually I let my bread machine do all the work.:) Just want to eat but not do the hard work.LOL.My email is cmahalnj2003@gmail.com.Peace! I'll wait!

lafia rahman mengatakan...

hallo mbak hesti,,aku penggemar berat blogmu..resep-resepnya simple n foto2nya cantik n menggoda lho..boleh g bagi2 resep selai kaya bikinana mbak?suamiku suka banget makan nasilamak dgn topping selai kaya..makasih

Hesti HH. mengatakan...

Hallo juga mbak Lafia, salam kenal...

Makasih mbak dah mampir. Kalau resep selei kaya bisa dilihat di label selai di kanan atas.

Unique mengatakan...

suka banget blognya mba hesti, klo nyari resep pasti buka blognya mba hesti sampe suamiku yg hobi bikin roti eh kecantol ma blog ini jg hihi.. oiya mau nanya nih mba,boleh ya?? hehe yg isian kaya+ pandan itu cara ngisinya ky gmn ya mba??

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak aoresiasinya. Ngisinya seperti di gambar mbak, dipipihkan lalu diisi dan dirapatkan ujung ujungnya...

Lucyana Loarwan mengatakan...

Padahal isiannya ada kesalahan. Harusnya campuran bahannya pake maizena, eeeh ternyata daku kehabisan. Jadinya pake terigu aja. Tetep enak walaupun teksturnya kurang licin...

halo mba hesti... mau nanya nih, jadi selai pandannya ditambahin maizena lg ya?

Lucyana Loarwan mengatakan...

Padahal isiannya ada kesalahan. Harusnya campuran bahannya pake maizena, eeeh ternyata daku kehabisan. Jadinya pake terigu aja. Tetep enak walaupun teksturnya kurang licin...

halo mba hesti... mau nanya nih, itu selai pandannya ditambahin maizena lg ya?

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak...campuran tepung terigu dan maizena

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, bikin topping streusel-nya bagaimana? Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Hesti HH. mengatakan...

ITu cuman mentega+terigu+gula halus dicampur semua lalu diaduk dengan ujung jari atau garpu sampai berbutir butir halus mbak.

Anonim mengatakan...

O...ok saya akan coba. Terima kasih, mbak.
Sisca - Surabaya

peni mengatakan...

Assalamuallaikum mbak hesti,mau nanya,ini kyk kue bluder itu kah? Kalo dicetak di cup muffin bisa nggak? Terus kalo diuleni tanpa mixer,cm pake tangan boleh gak? Maaf ya mbak,bnyk pertanyaan hehehe...Makasih sebelumnya.
Wassalam.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, bisa mbak pake cup muffin. Boleh juga pake mixer asalkan adonan bisa kalis elastis.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails