Rabu, 18 Mei 2011

Gulai Nangka


Enaknya gulai ini dimakan bersama nasi hangat...hmmm. Apalagi kalo sayurnya udah bermalam. Bumbu-bumbunya udah merasuk sempurna. Weeeehhh...lezaaaat..

Sebenarnya aku gak tau sayur nangka ini mau dikasih nama apa. Dibilang gulai mirip kari...dibilang kari bukan juga. Yang jelas mamaku masaknya ya gini ini...jadi akunya ikutan aja...hehe

Bahan :
- 750 gr nangka muda yang sudah dibersihkan, potong kotak
- 500 gr iga sapi berdaging
- 5 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk purut
- 2 batang sereh, geprek
- 3 potong lengkuas, geprek
- 2 sdm air asam jawa
- 2 sdm gula merah
- 1 liter santan
- 5 sdm minyak tuk menumis bumbu

Bumbu halus :
- 3 cabe merah
- 8 buah bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 5 butir kemiri, sangrai
- 1 cm kunyit
- 1 cm jahe
- 1 sdt ketumbar
- 1/4 sdt jintan
- 1/2 sdt merica
- garam secukupnya
- 1 batang sereh, iris tipis
- 2 cm lengkuas, iris tipis

Cara membuat :
  1. Masak iga, sedikit garam dan air sampai dagingnya agak lunak. Masukkan santan dan sayur nangka muda. Masak di atas api sedang.
  2. Sementara itu panaskan minyak. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas , daun salam dan daun jeruk sampai wangi. Tuang bumbu ke dalam sayur. Tambahkan gula merah dan air asam. Aduk rata.
  3. Masak sampai sayur nangka matang dan lunak tapi tidak hancur.
  4. Sayur nangka siap disajikan.

15 komentar:

bunbun mengatakan...

hiyaaaaa.. ini dia yang ditunggu tungguuu... hmmmm..
akan kucobaaaaaaaa insyaAllah.. :)

looks very very very yummy!! :)

Hesti HH. mengatakan...

Tengkyuuu say...btw di sana ada nangka muda kah Bun?

bunbun mengatakan...

aku sendiri belum pernah liat sih.. tapi beberapa waktu lalu, temenku ada yang bikin gudeg nangka.. nah.. itu kayaknya pake nangka muda.. hehe, nanti aku interview dulu beli dimananya.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Hmmmm...mungkin emang ada...kan bukan hanya di Indo adanya. Jackfruit nama Inggrisnya artinya di luar Indo juga ada. Jangan2 udah ada nangka kalengan ya...??

bunbun mengatakan...

iyaaa.. nangka kalengan. kemarin aku nanya2.. horeeee.... nanti kalo udh beli, bisa bikin ini.. *slurrrppp* udh terbayang2... ^^

Alice mengatakan...

disini tidak ada nangka muda...hiks :'(

Hesti HH. mengatakan...

~ Bunbun : hiyaaaaa...ayooo bikin...slurp juga.

~ Alice : sayang banget ya mbak? aku kira Singapura bahan makanannya banyak miripnya dengan di Indo...si Bunbun di Jerman dapat yang kalengan.

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, mau nanya donk... di bahan-bahannya kok ada 2btg Sereh geprek n 3potong sereh geprek... maksudnya???

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak, itu salah tulis, maksudnya lengkuas. Entar aku revisi ya. Makasih udah diberitahu...

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

sedaaaapnya..

Dahlia Olvo mengatakan...

Ahhhh kedoyanan aku ini.. ngubek2 resep nemu juga yg cucookkk... makasih mba . Markitcoba :*

Hesti HH. mengatakan...

Siiiip good luck yaaa

Ragita Maksum mengatakan...

mbak Hesti kok resepnya nga ada alias kosong cuma photonya ajah, terima kasih :-)

Yani Parinduri mengatakan...

Assalamualaikum mba Hesti..salam kenal ya..trimakasih banyak resepnya..kemaren aku buat ini utk pengajian suami di rumah..enak mba..suami request nya gulai cubadak padang, trus aku masak ini, katanya sama kayak di restoran padang 😋😋😋

Hesti HH. mengatakan...

waalaikumsalam, alhamdulillah mba ikut senang dengarnyaaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails