Saturday 28 May 2011

Jamur Goreng Krispy


Waaah...ternyata di tempatku bukan hanya udah ada pengembangbiakan jamur merang. Jamur yang lain juga udah mulai ada. Tadi aku ke pasar ketemu jamur tiram and jamur kuping segar. Senaaangnya...segera aku beli jamur tiramnya...pingin bikin goreng jamur krispy. Ini dia di bawah tampangnya...cantik and segeeer...




Bahan :
- jamur tiram yang sudah disuwir-suwir
- 100 gr tepung terigu
- 200 gr tepung maizena
- 2 sdm tepung bumbu
- 1/2 sdt baking powder
- garam
- merica
- telur, kocok lepas (yang masih dingin dari kulkas)

Cara membuat :
  1. Campur terigu, maizena, tepung bumbu, garam, dan merica. Aduk rata.
  2. Celupkan satu persatu jamur tiram ke dalam telur lalu balur ke dalam campuran tepung. Tekan -tekan agar tepungnya menempel.
  3. Goreng dalam minyak banyak dengan api sedang sampai kuning kecoklatan.

Pas sementara digoreng...baru diangkat dari wajan, batch pertama sudah habis sama anak-anak. Padahal rencananya mau dibuat lauk makan sama nasi...hehe. Ternyata mereka doyan. Untung aku sempat sempatin foto soale gak yakin kalo bisa bertahan lamaa...anak-anak mondar-mandir dapur nyomotin jamurnya .... duh senangnyaaa^^





Lihat jamurnya...kayak fried chicken ya...anak-anak suka karena rasanya kayak ayam fried chicken beneran...krispy kalo masih panas...kalo mau krispynya bertahan lama taruh di oven dengan mode warm selama kurang lebih 2 jam.

7 comments:

Rhie said...

hai mbak hesti, salam kenal ya.
kemaren aku browsing resep jamur tiram en nyasar ke sini. udah lama penasaran sama jamur tiram yang dijual di pasar enaknya dibikin apa.
pas nyoba resepnya mbak hesti, orang-orang di rumah langsung pada suka dan habis dalam sekejab. makasiiih yaaa.....
oiya mbak, izin copas resepnya di blog aku ya
tengkyuuuuuu.......

Hesti HH. said...

Salam kenal mbak Rhie,

Alhamdulillah kalau suka mbak. Senang dengernya...silahkan dicopas mbak...

Umi Kinan said...

Mba Hesti, jamurnya sebelum diolah dicuci dulu ga? Soalnya pernah bikin, pas mau digoreng jamurnya terlalu lengket jadi nempel hasilnya. Atau karena telurnya gak dari kulkas ya?

Hesti HH. said...

Cuci di air yg ngalir mbak, tp jangan direndam. Yg penting kotorannya (kalau ada) hilang. Kalau di luar negeri beberapa jenis jamur malah nggak dicuci spy gak nyerap air.

Balurnya pas mau digoreng mbak. Kalau dibalur sekaligus semuanya, nanti jadi lengket2 dan lembek krn jamurnya menyerap air sewaktu dicuci.

Unknown said...

Resep tagu goreng krisnya gmn mbk????

Mita said...

Mbak... beda hasil apabila tepung maizena lebih banyak daripada tepung terigu gimana mb? soalnya dibandingkan sama resep2 sejenis rata2 tepung terigunya lebih banyak dari tepung maizenanya ... makasih mbak.. ^_^

Hesti HH. said...

sama aja mba...sama sama kripspy. kalao terigu biasa kalau dingin jadi keras krispynya. Kalau maizena biasanya ngga

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...