Kamis, 22 April 2010

Sus

Resep sus ini kudapat dari bunda tercinta. Walaupun banyak resep kue sus yang beredar aku teteup setia dengan resep ini, karena rasanya dah pas and cocok buatku...thank you mum...I dedicated all my kitchen art specially for you.....


Bahan kulit:
- 150 gr margarine
- 150 gr tepung terigu protein sedang
- 250 ml air
- 1/4 sdt garam
- 4 butir telur (5 butir kalau kecil)

Filling :
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 600 ml air
- 6 sdm gula pasir (atau sesuaikan selera berdasarkan derajat kemanisan)
- 30 gr tepung custard/maizena
- 30 gr tepung terigu
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1 kuning telur
- 1 sdm salted butter

Cara membuat:
  1. Masak air, margarine dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis. Matikan api. Dinginkan.
  2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Masukkan dalam kantong segitiga, gunting ujungnya sekitar 1 1/2 cm lalu semprotkan memanjang di atas talam bersemir margarin.
  4. Panggang dengan panas oven 200 C atau 400 F selama kurang lebih 25 menit atau sampai kuning kecoklatan. Oven tidak boleh dibuka selama memanggang, akan berakibat turunnya kue.
  5. Sementara itu, untuk filling campur semua bahan kecuali butter lalu saring dan masak sambil diaduk terus sampai mendidih meletup-letup. Masukkan butter, aduk sampai butter lumer dan adonan vla licin. Angkat dari api, tuang di wadah dan tutup dengan cling wrap.Usahakan wadah pas ukurannya dengan jumlah vla sehingga tidak ada ruang antara vla dan cling wrap, supaya tidak terbentuk lapisan di atasnya. Dinginkan.
  6. Setelah matang, kue sus yang sudah dingin tadi, isi dengan adonan vla. Bila diinginkan, bisa dihias dengan coretan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan seperti gambar di atas. Untuk 'eclair aku menambahkan coklat mint untuk coretan setelah kuoles dengan dark cooking seperti gambar di bawah.
Tips : untuk menghasilkan vla yang licin mengkilat, aduk terus adonan pada saat di masak. Pada saat sudah mau mendidih, aduk lebih cepat dengan arah berputar. Vla yang kelihatan nggak rata atau bergumpal-gumpal, perlahan-lahan menjadi licin. Tuang dalam mangkok/wadah. Panas-panas tutup dengan cling wrap sampai menyentuh permukaan vla (jangan ada spacenya) untuk menghindari vla berkulit.


21 komentar:

miss.kembang mengatakan...

Mba yg no.2 itu telurnya msk keadonan terigu td?jd aduk aja ya?ga perlu pk mixer?

Hesti HH. mengatakan...

Iya bener mbak. Adonan terigu nggak perlu sampai dingin sekali. Yang jelas udah hangat cenderung dingin. Kalau terlalu dingin adonan jadi mengeras dan kalau dikocok ma telur susah licinnya. MAsukkan telurnya sambil dikocok mixer biar cepat ratanya. Bisa juga diaduk tapi jadinya agak lama. Aku kalo bikin setengah adonan diaduk aja nggak pake mixer.

Untuk vla kalau suka yang agak padat bisa ditambah tepung terigu sedikit sekitar 10 gram jadi total 70 gr.

miss.kembang mengatakan...

Kl resep ini jd nya bnyk y mba?
Aq mw cb hr ini ;)

Hesti HH. mengatakan...

Kalo ukuran besar 30 bijian, kalo sedang bisa 40an mbak...

Anonim mengatakan...

mba hesti, kebetulan stok segitiga biruku lagi habis. kalau diganti tepung cakra gimana mba?


makasih mba.
irine

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak Irine saya belum pernah pakai cakra. Tapi pernah denger banyak teman teman yang pakai dan tetep jadi kok...

Venny Nyoto mengatakan...

Mbak kalo margarine diganti butter boleh kahh??

Venny Nyoto mengatakan...

Mbam kalo margarine nya diganti butter bolehh ya??? Thx mbakk

Venny Nyoto mengatakan...

Mbak hesti saya td buat dgn resep diatas tp saya ganti butter unsalted (merk elle) dan telor saya ksh 5 krn kan saya pake telor kampung krn agak kecil...walhasill GATOT alias gagal totalll.....hiksss hiksss....knp yaa mbakk??adonannya jadi berminyak dan waktu manggang tuh sus bagian bawahnya butter nya keluarr semua so alhasil jelekk bgtt d...knp ya mbak??? Nahh sblmnya saya pernah pake mbak tp saya pake margarin blue band..en...Jadi evenn ga perfect...knp ya mbak??? Plss...info nya ya mbakkk....

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaah turut prihatin mbak. Kok bisa ya. Padahal kalau resep luar pakenya butter lho bukan margarin. Mungkin konsistensi butter dan margarin beda. sehingga membutuhkan jumlah tepung yg lebih banyak. Bisa juga karena kelamaan ngaduknya di kompor jadi minyaknya keluar semua. Yg penting udah kalis mba membentuk gumpalan besar langsung diangkat. Sesekali jg diaduk dalam proses mendinginkannya. Lain kali semoga berhasil ya mbak. Maaf telat balas komennya >,<

Maria Magdalena Yuliany mengatakan...

Mba hesti... saya memakai oven gas...dan untuk mendapatkan soes yg cantik...kokoh dan kulit bawahnya tidak gosong memerluka waktu 2jam... tetapi saya lihat mba hesto tulis 25menit aj...mohon pencerahannya mba..

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaah lama sekali mbak.. Kalau saya pakai oven listrik mbak. Apa beda ya panasnya *lho malah balik nanya*

obat infeksi saluran kemih terbaik mengatakan...

thanks buat resep kue sus nya,, kebetulan lagi cari resep ini,, :)

linnalicious mengatakan...

Mba ak penasaran bgt dgn resep kue sus mba, memang tdk pakai baking powder yah mba?

Hesti HH. mengatakan...

IYa mba ngga pake...kan banyak telurnya jadi kalau proses bikinnya benar harusnya ngembang alamai tanpa bahan tambahan.

Anonim mengatakan...

Kemarin saya coba praktek resep ini. Kue sus salah satu kue favorit mama. Krn tepung protein sedang tinggal 100g, yg 50g protein tinggi. Berhasil, kopong! Terima kasih dan sukses u/ mbak Hesti.
Sisca - Surabaya

Hesti HH. mengatakan...

Beneeer mba temen temenku banyak juga yang pakai protein tinggi dan tetep berhasil dan lebih kokoh. Makasih juga mbaaaaa

asri mengatakan...

Mbak caranya nyepuit bentuk eclair biar cntk kayak punya mbak hesti gmn ya?? Dispuit sekali aj memanjang atau dua kali disebelahnya atau dua kali tp ditumpuk jazakillah

Hesti HH. mengatakan...

Sekali aja memanjang mba tapi lubang spuitnya agak besar supaya susnya bisa agak tinggi

Diana's Green Kitchen mengatakan...

Mba maaf apa bisa kalo di panggang pake oven listrik tapi pake api bawah dulu selama 25 menit kemudian pake api atas bergiliran? soalnya listrik di rumah gak bisa langsung pake api atas dan bawah. Makasih sebelumnya mba. Salam kenal.

Hesti HH. mengatakan...

BISa asal udah kering mba kalau masih basah dalamnya lalu ganti api langsung ciut mba susnya...sus memang butuh perlakuan khusu. Ovennya gak boleh dibuka buka...nanti susnya kempes

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails