Tuesday 16 November 2010

Kue Kering Soun



Kuker ini bertekstur renyah tapi bukan karena menggunakan baking powder. Tapi ke dalam adonannya diberi soun yang terlebih dulu digoreng sampai mengembang dan garing lalu dihaluskan menggunakan gelas (kalo pake blender teksturnya hilang), jadi kalo dimakan terasa krenyes-krenyes...harum susunya disumbangkan oleh penggunaan susu bubuk dalam adonan dan ayakan tepung biskuit marie susu (Regal) di bagian luarnya.

Bahan :
- 150 gr margarine
- 50 gr butter
- 160 gr gula halus
- 2 btr kuning telur
- 2 sdm susu bubuk
- Terigu secukupnya
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 bks soun (goreng sedikit2 dalam minyak banyak sampai garing lalu tiriskan)
- 1/2 bungkus biskuit marie susu (mis:Regal) diblender halus


Cara membuat :
  1. Gunting-gunting soun kering agar tidak terlalu panjang. Goreng sedikit-sedikit dalam minyak sampai garing. Tiriskan di atas tisu dapur. Biarkan dingin. Haluskan/gilas menggunakan bagian bawah gelas. Sisihkan.
  2. Mixer margarine, butter dan gula halus asal tercampur rata. Tambahkan kuning telur,vanili dan susu bubuk, kocok asal rata.
  3. Masukkan terigu sedikit-sedikit sambil diaduk sampai mendapatkan tekstur yang dapat dipulung. Jangan masukkan terigu sekaligus karena adonan akan menjadi keras bila terkena udara. Bentuk bulan sabit. Tekan/pipihkan sedikit bagian tengahnya agar tengahnya tidak mentah.
  4. Panggang dengan panas api 150 sampai kuning dan garing. Angkat. Biarkan hangat. Hangat-hangat ayak dengan biskuit marie di atasnya. Biarkan dingin. Simpan dalam toples.

8 comments:

AirdaffaCake said...

mau dong resepnya mba???

Hesti HH. said...

Maaf ya,aku lagi di luar kota. InsyAlah tg 26 balik. Baru daku bisa ngeblog lagi soalnya resepnya gak hafal ada di buku resep. Memang aku suka posting gambar dulu kalo lg cape...nanti menyusul resepnya...tp kalo udah lama sering lupa. Sabar yaaa...^^

Hera said...

Ass. Mbak Hesti saya mau tanya, ini sounnya yg bungkus besar atau kecil? Soalnya di sini dijual ada 2 macam bungkusan. Terima kasih sebelumnya

Hesti HH. said...

@ Hera : waalaikumsalam, yang bungkus kecil mbak.

Regita Cahya said...

Mbak kalo kue keringnya dibuat jualan tetapi untuk dijual anak sekolahan kira kira bahannya ada yang lebih praktis g?

Susan Shanty Dahrun said...

Terimakasih mb hesti mau coba resep ini,mau nanya su'un nya di gilas halus atau kasar mb,

Hesti HH. said...

Digilas halus mba....tetep juga gak bisa halus banget. Yang penting pake gelas...kalau pake blender nanti hilang teksturnya.

Susan Shanty Dahrun said...

Ohh gtu,,ok makasih mb hesti,,ini baru mau coba buat lebaran heee.....

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...