Jumat, 26 November 2010

Bakpia Pathok


Hari ini aku bikin bakpia pathok. Resepnya dapat dari majalah Sedap. Cuman kumodifikasi dikit isiannya biar lebih mantap. Kutambahkan keju parut dan sedikit susu bubuk. Dan hasilnya...bisa ditebak...enaaaaak laaah....walaupun bikinnya agak ribet,...tapi aku bikin 1/2 resep aja biar gak terlalu lama. Ini resep aslinya di bawah yaaa..

Bahan A :
- 250 gr terigu protein sedang
- 1 sdm mentega putih (aku pake butter)

- 50 gr gula tepung

- 1/4 sdt garam

- 140 ml susu cair

Bahan B :

- 250 gr tepung protein sedang

- 100 gr minyak goreng

- 1/4 sdt garam


Bahan isi :

- 100 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam

- 150 ml santan dari 1/2 butir kelapa

- 1/8 sdt garam

- 1 lmbr daun pandan

- 75 gr gula pasir


Cara membuat :
  1. Kukus kacang hijau yang sudah ditiriskan selama 20mmenit. Angkat.
  2. Masukkan santan, garam, daun pandan dan gula pasir. Masak sampai kalis. Bentuk bola-bola, sisihkan.
  3. Bahan A: campur terigu, mentega, gula, dan susu cair sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Bentuk bulat sisihkan.
  4. Bahan B: campur semua bahan sampai bergumpal.
  5. Timbang bahan A masing-masing 15 gram dan bahan B masing-masing 10 gram. Bulatkan.
  6. Pipihkan bahan A. Isi dengan bahan B. Giling tipis panjang. Gulung.
  7. Lipat ke kiri dan ke kanan. Sisihkan. Lakukan hal yang sama pada semua adonan.
  8. Pipihkan adonan. Beri isi. Bentuk bulat. Pipihkan sedikit. Letakkan di loyang tanpa olesan margarin. Oles kuning telur.
  9. Oven 10 menit dengan susu 180 C. Keluarkan dari oven. Balik semua adonan, sambil agak dipipihkan. Oven lagi 10 menit. Balik lagi.
  10. Oven lagi 5 menit. Balik lagi oven lagi 5 menit sampai matang.



Source : dimodifikasi dari Majalah Sedap

16 komentar:

Tuty mengatakan...

Hesti,
Bakpianya cantik.... memang bikin bakpia tuh lama ya ngerjain satu2.

Hesti HH. mengatakan...

Makasih Tuty...udah berkunjung ke blogku.

Kalo bakpia sih gak juga susyah2 amat. Kalo udah biasa bikin roti...malah bikin roti lebih lama. Yang penting isinya udah dibikin duluan. Sisanya udah lebih mudah kok. Kelihatannya aja ribet...karena adonan kulitnya ada dua.

Ngerjain kulitnya memang satu satu...giling kiri kanan, lipat kiri kanan...jadi kalo ngga mau terlalu lama, ya kayak aku aja bikin setengah resep. Ayoooo dicoba,...memang membutuhkan kesabaran...tapi kalo udah jadi, puasnya luar biasa deeh...^,^

mimie kesuma mengatakan...

mbak.... kalau bakpia patuk itu kok tipis bgt ya kulitnya...
dan tdk terlihat berlapis2.
tapi rasanya butter bgt...
mb ada resep bakpia patuk nggak???
share dunk mbak..... ^_^

Hesti HH. mengatakan...

Mbak Mimie...bakpia pathok sama bakpia patuk apa nggak sama ya mbak?? aku taunya ya ini dan resepnya dari majalah. Ada lagi resep lain punya temen mama tapi bukan bakpia patuk dan teksturnya berlapis lapis juga...maaf ya kalo ngga membantu ^^

sashy mengatakan...

ini kue kesukaanku mba , mau nyoba resepnya yah mba Hesti , boleh kan ? :)

Syl mengatakan...

Mbak Hesti aku lagi cari resep pia , eh nemu nih...salam kenal yaa :)
btw aku mau nanya itu untuk isiannya di timbang berapa gram ya mbak ?
makaciiih mbak Hesti

Hesti HH. mengatakan...

Aku sih nggak ditimbang mbak, dikira kira. Lebih banyak isi lebih enak tapi jangan sampai kebanyakan sampai susah ditutup adonannya. Yang sedang sedang aja...

Hera mengatakan...

Ass. Minal Aidin Wal Faidzin, maaf lahir dan batin Mbak Hesti. Selama bulan ramadhan sdh 2 kali bikin bakpia ini soalnya suami dan bapak saya suka sekali, jd biar tangan pegal tapi senang soalnya laris manis. Terima kasih ya Mbak Hesti

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Sama sama ya mbak, maaf lahir batin juga...
Alhamdulillah, senang dengar kalau mbak dan keluarga suka. makasih udah feedback ke aku ya mbak ^^

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, Salam kenal, aku pernah nyoba, dr kuliat A & B diisikan kok bocor, akibatnya kurang mulus, /pecah, pernah buat juga kulitnya wkt dioven melembung berisi udara, itu karena apa ya mbak? Mohon advisenya
tks
Http://www.allenmoms.blogspot.com

Santi mengatakan...

MBak Hesti. aku juga buat kok ikutin resep mbak, wkt giles adonan 1 & 2, itu jebrol terus mbak, pecah gitu...,akhirnya adonan 2 di skip msh jadi sih, tp ga berlapis, trus adonan bsknya krg crispi, kl krg lama manggangnya hrsnya brp lama ya mbak ?
ada cara yg lbh efisiena ga selain satu2 buletin adonan ?
-

Hesti HH. mengatakan...

@Allen mom : kalau bocor artinya waktu gilingnya mungkin terlalu tipis mbak.
Kalau melembung itu biasa mbak nanti kempes sendiri kok. Itu artinya ada udara yang terperangkap diantara lapisannya sewaktu proses menggiling atau pengisian fillingnya

@Santi : maaf mbak, gak ada cara efisien tuk menyingkat waktunya. Tapi memang kalau ingin berlapis ya harus lewat proses itu. Kalau pecah itu mungkin ketipisan ya mbak. Saya sendiri belum pernah ngalamin jadi belum terlalu paham.
Untuk bakpia patok terkenal karena emang beda dgn bakpia lainnya yg krispi mbak. Bakpia patok nggak renyah. KKulitnya lembut dan tidak beremah seperti pia umumnya

Novita Putri mengatakan...

resep resepnya mbak hesti emang bikin betah di dapur :)

Anonim mengatakan...

Mbak itu bahan B minyaknya 100gr ya bukan 100ml?trims mbak Hesti

Hesti HH. mengatakan...

Hahahahaaaa,,,,amiiin mbak Novita...

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak....coba ditimbang sama aja kok

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails