Sabtu, 13 November 2010

Pepes Ayam



Hari ini aku bikin pepes ayam. Anak-anak suka, bapaknya juga. Padahal si mas gak suka makan ayam. Tapi kalo aku bikin gak bilang kalo itu ayam, dikirainnya ikan tenggiri karena aku juga biasa pake itu. Hahaha...pas udah mau habis, baru kubilangin...mas itu tadi ayam lhoo....eeehhh masa sih...kok enak yaa. Biar aja deh udah terlanjur katanya...huahahaha.....
And biar lebih mantap aku bikin sambel mangga. Pokoke baru dengar kata mangga rasanya ngiler abiiis...soale enak. Ada asam, pedas, gurih terasi...lengkap deh...kalo di Sulawesi namanya racak-racak mangga....

Bahan :
- 300 gr daging ayam tanpa tulang, potong kotak kecil
- 1 sdm jeruk nipis
- 10 tangkai kemangi
- 10 buah cabe rawit merah
- 1 butir telur, kocok lepas
- 2 sdm santan kental instan
- 3/4 sdt garam
- 3 lembar daun salam, potong-potong
- daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :
- 2 buah cabe merah
- 8 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 5 butir kemiri, sangrai
- 1 cm jahe
- 2 cm kunyit
- 2 tangkai sereh
- 2 cm lengkuas

Cara membuat :
  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan sedikit garam.
  2. Cuci ayam lalu tiriskan. Campur ayam dengan semua bahan halus. Tambahkan kemangi dan santan. Aduk rata.
  3. Siapkan daun pisang. Beri sedikit daun salam lalu sendokkan adonan ayam. Tambahkan lombok keci di atasnya. Bingkus lalu semat dengan lidi.
  4. Kukus selama 30 menit sampai matang. Bakar sampai harum.

Sambel mangga :
- 1 buah mangga muda yang tidak terlalu kecut, serut/cacah panjang-panjang
- 7 buah cabe rawit
- 1/2 sdt terasi
- garam secukupnya
- 1/4 sdt gula pasir

Cara membuat :
  1. Cobek cabe, terasi, gula dan garam sampai halus.
  2. Masukkan serutan mangga, aduk rata. Bisa dicobek sedikit bersama bumbu.
  3. Siap dihidangkan. Catatan: kalau mangganya agak asam, setelah dicacah campur dengan air matang lalu remas-remas dan tiriskan airnya.

8 komentar:

miss.kembang mengatakan...

Mba kl ayam diganti sm teri nasi bs jg gak?:D

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja kayaknya mbak, yang penting bukan teri asin kan ^^

Anonim mengatakan...

mba telurnya kpn d masukinnya?

Hesti HH. mengatakan...

Bersamaan aja semuanya mbak dgn bumbu halus, lalu diaduk rata.

Anonim mengatakan...

mba,klo diganti ikan lamuru..bumbu sama persis kah? Thx

Anonim mengatakan...

salam kenal kak hesty,,, sdh lama niy jd silent reader blognya kakak. kebetulan sy jg org sulsel,lbh tepatnya kab.Bulukumba,, sering banget bikin niy sambel Ttp msh penasaran, itu sambel mangganya pahit gak?? klo sy bikin kok pahit ya?? trus terasinya tdk dibakar??
Nila

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, sama saja.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga Nila,

Bulukumba? waaaah sama dong kita sekampung. Mamaku jg orng Bulkum.
Pahit? ndaji kayaknya. Kalau agak kecut sih memang. Tapi kalau pahit apa mungki bijinya ikut keparut juga ^^

terasinya jelasmi yang sudah dibakar atau digoreng dong...hehe

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails