Senin, 29 November 2010

Lemon Tart



Udah lama aku pingin buat lemon tart. Udah googling sana sini...malah jadi bingung, resepnya banyak dan beda-beda. Tapi rata-rata semua pakai krim kental. Masalahnya di tempatku jarang ada krim kental, and di kulkas cuma ada cream cheese. Jadinya aku ada ide tuk mengawin silangkan resep-resep tersebut sesuai bahan yang ada...dan hasilnya alhamdulillah... yummmmmiiiii tenan... menurutku ini pie terenak yang pernah kubuat. Wangi lemonnya...hmmm...


Pie :

- 75 gr salted butter

- 150 gr terigu protein sedang

- 1/4 sdt garam
- 3 sdm gula halus
- 1 kuning telur

- 1-3 sdm air es


Bahan filling :

- 125 gr gula pasir

- 125 gr creamcheese (suhu ruang)

- 50 ml susu cair

- 3 butir telur

- 1 sdm kulit jeruk lemon

- jus dari 2 lemon dan 1 jeruk sunkist

- 1 sdm maizena


Cara membuat :
  1. Kulit pie : aduk tepung, gula, garam sampai rata. Masukkan mentega dan aduk menggunakan pisau pastry sampai berbutir-butir (bisa menggunakan food processor). Tambahkan kuning telur, aduk lagi. Lalu masukkan air es sedikit-sedikit, aduk sampai menjadi gumpalan. Jangan diuleni karena teksturnya akan keras. Bungkus dengan cling wrap, pipihkan sedikit agar nanti gampang digiling. Simpan di kulkas selama 30 menit.
  2. Giling adonan pie. Ratakan di dasar cetakan pie diameter 22 cm. Tusuk-tusuk dengan garpu. Blind bake (taruh biji/kacang-kacangan di permukaan kulit pie yang sudah dialas kertas roti/wax paper) selama 15 menit dengan panas oven 180 C. Setelah setengah matang olesi dengan telur agar bahan filling nanti tidak bocor.
  3. Sementara itu kocok creamcheese dan gula pasir sampai lembut saja. Berturut-turut tambahkan telur, susu cair, air jeruk lemon dan sunkist, serta kulit jeruk lemon. Aduk rata menggunakan whisk. Jangan dikocok. Tambahkan maizena. Aduk sampai halus.
  4. Tuang di atas kulit pie yang sudah setengah matang. Panggang lagi dengan api 160 C selama 30 menit.
  5. Angkat. Hias sesuai selera.

18 komentar:

eviesetyadi mengatakan...

mbak,salam kenal saya evie.. rencananya mo bikin lemon tart ini . mau nanya telurnya dimasukin dimana ya? terus klo g di blind bake gapapa? di bakar biasa aja?

Hesti HH. mengatakan...

oooh maaf ya...kelupaan. Makasih dah ngingetin. Telurnya masuk setelah creamcheese dan gula dikocok. Jadi Kocok creamcheese dan gula asal rata dan licin...jgn terlalu lama nanti creamcheesenya pecah. Habis itu masuk telur, lalu susu cair, air dan kulit jeruk. Terakhir maizena. Aduk rata aja pake whisk.

Kalo nggak blind bake bisa sih tp takut menggelembung. Caranya panggang aja...kalo kelihatan mulai menggelembung, langsung keluarkan dan tusuk dengan tusuk sate bag. yg menggelembung. Lalu masukkan lagi ke dalam oven. Tapi dikerjakan dgn cepat ya...

Kacang-kacangan yang dipake blind bske itu nggak rusak kok dan masih bisa dipakai masak seperti biasa...

Lely mengatakan...

i love your blog. fotonya cantik2 :)
aku kopi resepnya ini yang mbak. btw, ini rasanya gak terlalu asem kah mbak? air lemonnya smpe dari dua jeruk.

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiih Mbak Lely dah berkunjung, silahkan dicopy resepnya.

Sama sekali ngga berasa asem, cuman menyumbang wangi aja.

Imatar Yo mengatakan...

salam kenal mba, saya yoan ..
makasi banget buat resepnya, niatnya mau bikin yg kaya gini buat temen" pas pemotretan year book,

hehe.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Sama-sama mbak Yoan, semoga sukses bakingnya ya...salam buat temannya ^^

Anonim mengatakan...

mba hesti, kemaren sy bikin lemon tart ini. hasilny alhamdulillah jadi. mengingat ini tart pertama saya. walaupun permukaan fillingnya agak retak disana sini. tapi aseeem mba. sya yg masih asi eksklusif ga berani makan. cm nyobain 1 gigit aja. hiks-hiks... padahal bhn2 kueny mahal semua.

sbgai penggemar mba hesti, saya mo saran aja. maybe next time klo unt ukuran lemon ato jeruk, jangan pake per buah mba. karena mungkin ukuran buaahnya beda2. pake ml ato ukuran sendok mba..

makasih mba..

Hesti HH. mengatakan...

Waduuuh maaf ya mbak kalo hasilnya kurang memuaskan. Nggak kebayang kalau sampe berasa asem sekali. Karena punyaku baik baik saja. Tapi memang lemon ada 2 macam. Ada lemon lokal ada lemon import, kalo yang lokal sedikit perpaduan lemon dan jeruk nipis, lebih kecut menurutku. Tapi mungkin juga ukuran lemon besar jadi berpengaruh ke hasil akhirnya

Makasih banyak inputnya mbak, lain kali aku lebih perhatikan takarannya.

Nitta Sestra Afdya mengatakan...

Mbak Hesti, kalau baca dari awal, mbak menggunakan creamcheese karena krim kental gak ada ya? Berarti creamcheese bisa digantikan krim kental?

Hesti HH. mengatakan...

Kayaknya aku pake susu cair mbak pengganti krim kentalnya...

Habibah Fillah mengatakan...

mba hesti mau Tanya donk.. untuk point ke 2, saat mengoles telur itu maksudnya kuning telur yg sudah dikocok ya mba? ngolesnya pake kuas begitu kah? mkasih jawabanya ya mba...

Hesti HH. mengatakan...

Beda juga tapi resepnyambak...kalau yg ini mmng cheese pie jadi dominan rasa kejunya. Kalau pk krim kental berasa susu saja.

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, bener pake telur kocok, ngolesnya pake kuas...

vshekania mengatakan...

Mba hesti kl ini dibikin mini pie bs ga yah?trs nnt ngebake nya sekaligus kulit sm fillingnya atau satu2 sesuai resep diatas?saya biasa bkn pie susu ngebakenya barengan...makasih

Hesti HH. mengatakan...

InsyaAllah bisa mbak, dan karena versi mininya gak perlu dipanggang satu satu juga gak papa. Kalau suhu dan waktunya pas pasti matang merata.

Anonim mengatakan...

Mbak, kalau pake krim kental utk gantiin cream cheese, berarti susu cairnya ga dipake ya mba?
Pengen coba bikin nih..makasih yaa

Angel Kuhurima mengatakan...

Mbak hesti....kalo kulit pie nya bisa diganti ga sama kulit pastri siap jadi?makasih,,,dr Angel bdg..

Angel Kuhurima mengatakan...

Mbak hesti....kalo kulit pie nya bisa diganti ga sama kulit pastri siap jadi?makasih,,,dr Angel bdg..

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails