Senin, 08 November 2010

Ikan Asam Padeh


Ikan lagi...ikan lagi...doyan apa doyan...hehehe. Iya sih...memang doyan, secara tuk orang Sulawesi ikan tuh makanan sehari-hari. Apalagi si masku juga diet mengurangi daging karena kolesterol. Dia juga gak doyan ayam...jadi apalagi lauk yang paling cocok? Tempe, tahu dan ikan...kali ini kuolah dengan resep Sumatra. Enak, segar dan gak terlalu berat karena kuahnya kental walaupun gak pake santan. Apalagi menggunakan ikan lamuru besar, jadi dagingnya tebal dan teksturnya agak kenyal bila dibandingkan dengan ikan kakap yang berdaging lunak or tenggiri yang padat. Pokoe enaaak..nak..nak... . Oh iya, berhubung di sini gak ada asam kandis, sebagai penggantinya aku pake bunga kecombrang alias pattikala bahasa sininya. Kan sama-sama asam. Ini dia resepnya...

Bahan :
- 500 gr ikan tenggiri (aku pakai ikan lamuru)
- 3 sdm air jeruk nipis
- 1/2 sdt garam halus
- 5 lmbr daun jeruk
- 2 batang serai
- 2 lmbr daun salam
- 1 lmbr daun kunyit
- 1 genggam daun ruku-ruku (aku pakai kemangi)
- 4 potong asam kandis (aku pake 4 helai bunga kecombrang)
- 3 sdm minyak

Bumbu (haluskan) :
- 3 buah cabe merah besar, buang bijinya
- 10 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri, sangrai
- 2 cm kunyit
- 2 cm lengkuas
- 1 cm jahe
- garam halus secukupnya
- gula pasir secukupnya

Cara membuat :
  1. Lumuri ikan yang sudah dipotong-potong dengan air jeruk nipis dan garam hingga rata, sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, sereh, daun jeruk, bunga kecombrang, daun kunyit dan daun salam sampai wangi.
  3. Tuang air dan biarkan mendidih. Tambahkan ikan, aduk rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap dengan api kecil. Sesaat sebelum api dimatikan, tambahkan daun kemangi.
  4. Angkat. Hidangkan.


Source : dimodifikasi dari buku 'Variasi Makanan Padang Favorit' oleh Rahmat Kusnedi & Bahrun Darodjie.

5 komentar:

Viyi Astinovya mengatakan...

Ikannya bisa diganti bandeng gak??? trus asam kandisnya bisa diganti belimbing wuluh gak???

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja kok Vi ikannya pake bandeng...bisa jg pake belimbing...coba aja...

Sari Kembang mengatakan...

Mba kalau pake ikan tongkol enak ga ya????

yuni mengatakan...

Salam kenal,,terima kasih atas resepnya mbak,,,jadi bisa masak masakan daerah :)

Hesti HH. mengatakan...

@SAri Kembang, bisa juga tapi agak beda aromanya. Karena tongkol dagiangnya sangat tebal, potong ikannya agak tipis biar bumbu meresap ke dalam daging ikan

@Yuni : alhamdulillah, semoga manfaat ya mbaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails