Minggu, 07 November 2010

Ikan Asin Kerapu Asam Manis

Waaaaa...ini nia nih makanan favorit penggugah selera....hehe...nikmatnya....panas-panas dengan nasi panas ... Ikan asin kok dibuat asam manis...lhaa siapa bilang gak bisa. Enak lagi, tapi tergantung ikannya sih. Kalo di Sulawesi emang cocoknya pake ikan kerapu atau namanya di sini ikan sunu. Cocok karena kalo ikannya agak besar, dagingnya tebal sekali. Pokoe maknyuuus, ditambah lagi harum cabe rawitnya....coba deh...but baunya tinggal di tangan berhari-hari gak hilang...hihihi...becanda ding...

Bahan :
- 1 - 2 ekor ikan asin kerapu/sunu, cuci bersih dengan air mengalir agar asinnya berkurang
- 7 butir bawang merah, iris tipis
- 5 siung bawang putih, iris tipis
- 15 buah cabe rawit
- 1/2 cup air asam jawa yang kental
- gula merah/gula pasir secukupnya
- minyak

Cara membuat :
  1. Goreng ikan asin sampai garing.
  2. Ambil sedikit minyak bekas menggoreng ikan asin untuk menumis bumbu (bisa dicampur dengan minyak baru) agar ada aroma khasnya.
  3. Tumis bumbu sampai wangi. Tuang air asam. Tidak perlu ditambah garam karena ikan asinnya sudah cukup asin. Tambahkan gula.
  4. Masukkan ikan asin gorengnya dan cabe rawit. Masak sampai kuahnya agak mengental. Cicip sesuaikan dengan selera.
  5. Angkat, sajikan panas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails