Minggu, 14 November 2010

Bassang (bubur jagung)


Bassang merupakan salah satu bubur tradisional Makassar. Mungkin kalo di Jakarta seperti 'bubur jali' yang aku sendiri blom pernah coba hihi...hopely someday...
Keistimewaannya yaitu terbuat dari jagung pulut (bukan hanya beras yang pulut khaaan?) dan sudah melewati proses pengelupasan kulit. Dimasak dalam jangka waktu yang lama sampai sekitar 3 jam sehingga didapatkan bubur yang benar-benar lembut dan gurih karena menggunakan santan. Tapi berhubung teknologi dah canggih aku cukup pake presto aja selama 1 jam. Penampakan jagung mentahnyanya seperti di bawah ini...



Mungkin sekilas mirip pakan ayam yeee....hihi soalnya anak-anakku bilang "Bu, ini makanan ayam yang kayak di rumah mbah yaaa?" tapi kalo diperhatikan baik-baik memang warnanya aja udah beda. Dan karena jenisnya yang pulut hasil buburnya legit sekali...teksturnya beda kalo kita bikin bubur jagung dari jagung manis biasa. Kalo ini menghasilkan kuah yang kental dan seperti berlendir...padahal itulah ciri khasnya pulut....makanya ada penambahan sedikit tepung tuk kuahnya biar lebih pas. Proses masaknya juga gak pake gula sama sekali, tapi pas akan disajikan panas-panas baru deh ditambahkan gula pasir. Well enough deh ceritanya... ini dia resepnya ...

Bahan :
- jagung pulut kupas, rendam semalaman
- santan encer
- santan kental
- daun pandan
- garam
- tepung terigu

Cara membuat :
  1. Masak jagung dengan air banyak sampai jagung lunak. Setiap air habis ditambahkan lagi sampai didapatkan jagung yang mulai lunak.
  2. Apabila air sudah menyusut tambahkan santan encer dan daun pandan. Masak terus sampai jagung benar-benar lembut.
  3. Siapkan santan kental dan beberapa sendok tepung. Masukkan sedikit air bubur ke dalam adonan santan dan tepung. Aduk rata lalu tuang kembali ke dalam bubur jagung. Aduk rata dan biarkan mendidih dan kental.
  4. Siap dihidangkan panas-panas dengan tambahan gula pasir.

Ket : kalau menggunakan presto, proses pertamanya (pelunakan jagung) di lakukan di panci presto selama 1 jam. Proses berikutnya bisa dilanjutkan di atas kompor.

20 komentar:

ati mengatakan...

salam kenal yah mb...aku suka sekali makan bassang...wah rendamnya hrs semalaman yaaa....

Hesti HH. mengatakan...

Gak semalaman jg gak papa tapi masaknya jelas harus lebih lama.Kalo ibuku bikin lamaaa sekali karena ditambahkan air berulang-ulang sampai lembut and jadi bubur betul...

EEN mengatakan...

SALAM KENAL MBA....
KLO NGA ADA PRESTO GIMANA? SAYA ANAK KOS JD PERALATAN TERBATAS

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga En...makasih dah berkunjung. Gak harus pake presto kok. Asal di masak lama dengan api sedang sampai benar-benar lembek. Kalo habis airnya msh blm terlalu ngebubur tambah lagi dan begitu seterusnya sampai benar-benar lunak...

faris ahmad mengatakan...

nyari jagung pulutnya dimana?

Hesti HH. mengatakan...

Kayaknya cuma ada di Makassar mas, jadi harus ke sana atau bisa minta dikirimin teman ^^

pidonesta mengatakan...

nasib anak rantau.. :)
susah sekali cari jagung u bassang d luar makassar..

Hesti HH. mengatakan...

Minta dikirimi bisa kaaaaannn??

anbhar mengatakan...

yang anak kost boleh beli yang instan, sudah ada kok bassang instant di makassar

Anonim mengatakan...

Pingin lomba karya ilmiah "Bubur Bassang"..
Doakan aku..

^_^

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

sip makasih gan..

abdul azis mengatakan...

jgn pakai santan klo masak bassang gan,sebaikx pakai susu jagung juga.trus saat disajikan jgn pakai gula pasir,tapi pakai perasan air tebu.klo didesa sy sih cara makan n buat bassang sperti yg sy tulis ini.jadi sehat abis gan.makax tinggal didesa aja klo mau sehat

Hesti HH. mengatakan...

Sayangnya di sini tidak ada susu jagung. Jagung bassangnya saja pesan dari makassar. Mungkin beda daerah di sulawesi selatan beda juga cara memasak dan menyajikannya ya? terima kasih sudah berkunjung.

Anonim mengatakan...

jadi ingat dulu pernah makan di dekat pelabuhan makassar, masih ada ngga ya?!!!!??
usup-jogja

Siti Jamillatul Husna mengatakan...

jadi ingat baca artikel Dirut PT Semen Tonasa (Satar Taba) trnyata dlunya jualan jagung ini
kerennn :)

http://makassar.tribunnews.com/2012/09/27/sattar-taba-dari-penjual-bassang-ke-kursi-dirut-pt-semen-tonasa

Anonim mengatakan...

Saya mau tanya
ada yang tahu tempat jual bassang instan-nya dimana?

Anonim mengatakan...

Jagung Pulut untuk bubur bassang dapat dipesan di
TOKO PHINISI - PUSAT OLEH OLEH DAN KERAJINAN KHAS MAKASSAR(SULSEL)
Ruko Beverly Hills No. 18 Jl. Antang Raya Makassar Sulawesi Selatan
Telp. 0411-2090116 / 081383877919

Nani Natalia mengatakan...

Launching new product
BUBUR BASSANG MAKASSAR di Carrefour Lebak Bulus
Pada hari Jumat, 10-10-2014
Dan segera menyusul di Carrefour lainnya
Info lengkap lihat di www.hokkyfood.com
MARI KI BELI !

Thomas mengatakan...

Bu Hesti
Terima kasih atas resepnya dipublikasi di yahoo. saya sudah rindu makan bassang. Lihat fotonya bassang kepingin pulang ke Makassar.

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...iya saya juga rindu makan bassang, di sini nda ada jagung bassang harus ke Makassar dulu, hiks

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails