Minggu, 21 November 2010

KBB #20 : Biskuit Tradisional - Bangket Coklat Kacang Mede

Waaaaa...gak terasa KBB round up 20 dah dekat deadline. Waktunya untuk segera beraksi. Secara aku nih baru calon anggota. Harus lulus round #20 - #21 dulu baru bisa jadi anggota resmi. Jadi...harus berhasil... semangat..semangat.. . Kemarin dah setor tuk NCC but aku bikin pingin yang lain tuk KBB. Aku memakai 1/2 resep kue bangket penang. Tapi aku modifikasi dengan menambahkan coklat dan kacang mede. Ternyata gak salah aku pilih resep ini karena hasilnya uuuuuueeenakee....hehe..



Pembuatan adonan alhamdulillah gak ada kesulitan yang berarti. Tapi ternyata tepung yang kupake gak habis semua. Emang sih di resep harusnya tepungnya 250 g. But setelah kusangrai dan kutimbang lagi ternyata tinggal 220 gr. Lhaaaa yang 30 gr nya kemana ya? terbang, menguap (kok menguap sih, air kallliii...). Aku menambahkan coklat bubuk 20 gr dan mede 100 gr. Kayaknya medenya harus dikurangi jadi 75 gr aja...enak sih but rasanya mede abiiiis. Pas diadon, aku sengaja gak menurunkan tepungnya sekaligus, karena khawatir adonannya keras. Ternyata benar belum kuturunkan semua udah mulai keras. Jadi aku menyisakan sekitar 50 gr tepung.

Kalo di resep aslinya disarankan pake cetakan semprit. Aku ada cetakan press cookies but setelah dicoba ternyata kurang lancar keluar adonannya karena tersumbat oleh kacang mede yang memang sengaja gak kugiling halus. Jadinya aku pake cara lama...hehe...sistem giling cetak aja, dengan bentuk hati. Kuhias dikit dengan garisan radar kue. Waaaah lumayan...cantik juga. Ini resepnya di bawah ya...yang telah kumodifikasi...

Bahan :

- 225 gr tepung sagu tani
(sangrai dengan daun pandan sampai daunnya layu)
- 20 gr coklat bubuk
(aku pake merk Bendico: lbh gelap warnanya tapi gak pahit)
- 125 gr margarin/butter (aku pake margarin)

- 70 gr gula halus

- 1 butir kuning telur

- 1/4 kaleng susu kental manis

- 1/2 sdt vanili bubuk

- 75 gr kacang mede
, sangrai dan blender kasar

Cara membuat :

  1. Kocok mentega dan gula halus sampai lembut.
  2. Masukkan kuning telur, tambahkan susu dan vanili bubuk. Kocok sebentar saja.
  3. Tambahkan kacang mede, aduk rata.
  4. Masukkan tepung dan coklat bubuk yang telah diayak bersama sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  5. Giling dengan ketebalan sekitar 1/2 cm. Cetak dengan cookie cutter.
  6. Taruh di talam beroles margarin. Panggang dengan panas oven 150 C selama kurang lebih 15-20 menit. Angkat, dinginkan.



Alhamdulillah aku lulus tantangan ini teman....






Source : resep bangket penang dimodifikasi dari Blog Saifa House.

8 komentar:

.: paprilia :. mengatakan...

bangket kacangnyanya cokelat banget..tadi kupikir bangket cokelat mba..komposisi fotonya juga aku suka mbaa (^.^)

Hesti HH. mengatakan...

He..he..iya mbak. Makasih dah berkunjung ya...ikutan NCC or KKB jg kan? Aku ingat sekali namanya. Duuuuh jadi malu...daku ini masih pemula mbak, baru belajar ngeblog dan fotography...but makasih yaaa...

Amy mengatakan...

Hai Hesti, salam kenal. Aku suka fotonya. Tapi nih host berkunjung kok bangketnya dah habis ya?...;)

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaaa ibu host...^.^ lam kenal jg...thanks for visiting my blog. hahaha...iya ya...masa sih bangketnya dah habis...aku gak nyangka kalo ada yang suka fotonya. Itu cuma pake kamera saku aja kok mbak..

Pipiet mengatakan...

mba hesti... mau ikutan nyoklat and ngemede aahhh.... beneran deh tempting berat yuummmmm

Hesti HH. mengatakan...

Eeeeh ibu Host ya..silahkan dicoba mbak semoga gak mengecewakan. Kalo menurutku..bangket ini enak tp msh lebih enak kukis coklat berglazur..he..eh..bukan promo lho. Cuma waktu bikin bangket itu aku memang membayangkan seperti kukisku yang terdahulu, tp tetep beda sih tekstur bangket yang dari sagu dengan kukis yang terigu....

Anonim mengatakan...

Salam bunda hes.. dsini biasanya kuih bangkit ni d campur sm areo yg udh d hancurin atau oat. Dr kmren mesen kuih ini tp belum dteng jugak pesenannya ehh nemu resep nya dsini so.. mmutuskan bkin sndiri ajalah.. klau mau d modif tanpa coklat bubuk dn d tambah oreo atau oat takarannya gimana ya bund.. mkasi sblumnya

Zeezee

Hesti HH. mengatakan...

Ayaknya cokelat bubuk lebih pahit mba jadi takarannya tentu saja lebih banyak oreonya mgkn sekitar 30 gr

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails