Kamis, 04 November 2010

Siri Manis


Akhirnya ketemu juga sukun di pasar. Soalnya...gak tiap hari sih ada di pasaran. Tergantung musimnya. Aku dah lama pingin bikin lagi kue khas Makassar ini soale gak pernah makan di tempat lain. Perasaan cuma ibuku aja yang biasa bikin....padahal gampang sekali membuatnya.
Rasanya legit-legit gurih...mmmmh pokoknya nikmat. Orang gak akan tau itu sukun karena teksturnya mirip kentang pas udah dikukus, tapi masih lebih legit or chewy sukun ini.



Bahan :
- 1 buah sukun yang matang, potong-potong lalu kukus sampai matang
- 1/2 sdt garam
- 1 butir telur

Saus gula merah (dimasak bersama sedikit air sampai kental):
- gula merah
- daun pandan
- duren (optional)

Cara membuat :
  1. Haluskan sukun panas-panas (kalo saya dicobek menggunakan bagian bawah gelas). Tambahkan garam, aduk sanpai rata.
  2. Setelah halus, bentuk bulat-bulat pipih. Celup di dalam kocokan telur lalu goreng sampai kekuningan.
  3. Siap disajikan dengan saus gula merahnya.

4 komentar:

IMAGINADA mengatakan...

Mbak kalau sukunnya direbus bs kah?

Hesti HH. mengatakan...

belum pernah coba tapi takutnya benyek mba...

wheny azzaher mengatakan...

Mba dulu saya pernah di kasih sma tetangga ( suku bugis ) bentukx sama persis seperti ini cma kalo dari rasanya seperti terbuat dari tepung saja, ngak ad rasa sukun or rasa2 yang lain, dan saya suka sekali sma kue itu cuma ngak tau buatx mau tanya sma YBS orgnya sudah pindah, siapa tau mba hesti tau sma kue yg saya naksud ??,,,'y

Hesti HH. mengatakan...

Waaa maaf mba saya jg ngga ngerti. mesti tanya mamaku dulu yaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails