Senin, 15 November 2010

Kue Potong Kenari


Resep kukis potong ini sama aja dengan resep kuker biasa. Hanya kutambahkan baking soda, vanili, and baking powder dikit biar agak renyah. Diratakan di talam, oles kuning telur beri potongan fruitmix dan kenari cincang, tusuk-tusuk dengan garpu biar gak menggelembung lalu dipanggang. Setelah setengah matang dipotong-potong pindahkan di talam dan beri jarak. Panggang lagi sampai renyah. Pokoe...kayak biskuit...enaaak...

12 komentar:

Anonim mengatakan...

mba hesti mau dong resep kue potong kenarinya,kayanya mantabbbb banget

Hesti HH. mengatakan...

Aku posting sini aja ya...soalnya udah diwanti2 sama yg punya resep...hehe

- 250 gr margarine(campur butter)
- 250 gr gula halus
- 350 gr terigu protein endah
- 4 kuning telur
- 2 sdt essence vanili (aku pake yang bubuk)
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt soda kue

Taburan :
- kenari
- ceri merah/hijau potong2
- kismis potong2

Cara : mentega+gula+vanili bubuk dikocok hingga mengembang lalu masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok. Tambahkan tepung, baking powder dan baking soda. Aduk rata.
Tuang di 2 buah talam dan ratakan dengan pisau palet. Olesi kuning telur. Tuang bahan taburan. Atur sedemkian rupa hingga warnanya merata. tusuk2 dgn garpu.
Panggang dengan api oven 175C sampai agak kuning. Angkat, potong-potong dengan cutter. Tata di talam yang lain dan beri jarak. PAnggang lagi sampai matang dan kering dengan panas 160 C.

Anonim mengatakan...

hehehe,,makasih banyak ya mba hesti resepnya,cara bikinnya sama seperti sultana dong mba?klo ditambahin maizena dan susu bubuk bs ga ya?klo dicetak pake cetakan biasa gmn?trus mba kuenya tahan brapa lama ya?makasih ya mba untuk infonya,,jd nanya mulu nieh hehe..

Hesti HH. mengatakan...

Iya sama-sama. Kalo ditambahin susu bubuk kayaknya bisa. Ditambahin maizena juga bisa aja cuman takutnya kuenya terlalu renyah dan gampang hancur. Terutama pada saat dipotong-potong. Kalo tahannya ya bisa sampe 1 tahun. Asal gak sering dibuka tutup dan panggangnya bener2 garing. YAng mau disimpan lama sisihkan sendiri dalam toples yang berbeda. Semakin sering dibuka toplesnya dan terpapar udara semakin pendek daya tahannya...

nelsadoublee mengatakan...

waah.. pasti enak.

kalo di daerahku namanya bukan kue potong kenari tapi kue mistar.. hehehe,,
cz bentuknya mirip mistar :)

Anonim mengatakan...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهِ
Mbak lg galau niy.. Kok kukisku gak jadi ya.. Apa adonan nya memang lembek? Hampir ky cake, setelah dioven pun tekstur nya ky cake, slh ku dmn ya mbak? Baru kali ini aku praktekin resep mbak yg gagal... Yg lain udah puluhan resep mkn gak pernah gagal...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Memang begitu mbak, itu bukan gagal. Panggangnya dua kali. Yang kedua...api oven dikecilkan dan kukis dipanggang lagi sampai kering/renyah.

Anonim mengatakan...

Ok... Mbak, ntar praktek lg,msh penasaran..thanks ya mbak...

Anonim mengatakan...

Biar potongannya rapih gmn ya mba? Aku udh coba mba kuenya enak tp pas dipotong kok byk sekali remahnya kuenya jd kdlihatan kurang rapi.satu lg nih mba, satu resep tuh utk uk loyang brp ya? Aku cobanya pk loyang uk 40x30 trs adonannya jd sisa mba

Hesti HH. mengatakan...

POtongnya harus pake pisau cutter mba karena lebih tipis. Dan setelah dikeluarkan dari oven biarkan sebentar dulu sekitar 5-7 menit lalu dipotong. Dan usahakan potongan kismisnya jangan terlalu besar supaya ketika dipotong tidak terburai....loyangnya saya pakai 20x20 dua buah. Bisa juga 21-22 cm hasilnya lebih tipis

Anonim mengatakan...

Ok mba Hesti saya mau coba buat lg sesuai arahan mba Hesti.terima kasih mba atas balasannya and informasinya :)

Hesti HH. mengatakan...

Siiiip selamat baking ya mba semoga sukses bikinnya....

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails