Monday 2 January 2012

Bajigur

Bajigur

Waktu ke Malang kemarin aku sempat membeli beberapa pernak pernik buat photography. Dapat juga gelas batok kelapa dan sendok yang lucu ini. Tapi bingung...resep apa ya yang menggunakan gelas ini supaya kepake. Akhirnya cari punya cari dapat resep 'bajigur' yang sesuai dengan tema tradisional. Kebetulan cuaca lagi dingin...cocok sebagai penghangat badan.

Nah...resep aku ambil dari Femina. Berikut ya lengkapnya...

Bahan :
- 1 1/2 liter santan dari 1 butir kelapa
- 150 gr gula merah, sisir halus
- 25 gr gula pasir
- 150 gr jahe bakar
- 5 cm batang kayu manis
- 2 lembar daun pandan, simpulkan
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm kopi bubuk
- kolang kaling/daging kelapa muda (pelengkap)

Cara membuat :
  1. Didihkan santan, gula merah, gula pasir, jahe, kayu manis dan daun pandan hingga gula larut. Aduk perlahan agar santan tidak pecah.
  2. Bubuhi garam dan kopi bubuk. Aduk rata,
  3. Diamkan sejenak hingga kopi mengendap. Saring.
  4. Masukkan kolang kaling matang (aku nggak pake karena nggak ada) dan kelapa muda dalam gelas saji. Tuang bahan kuah.
  5. Nikmati hangat-hangat.

Oh iya, tuk postingan kali ini aku sekalian pingin ikutan blog anniversary giveawaynya Mbak Tika Hapsari Nilmada. Ada beberapa alasan yang memotivasi aku tuk bikin blog. Ada ketertarikan yang mendalam pada saat melihat blog-blog senior. Dulu, setiap aku googling tuk mencari resep wuiiih aku terpana lihat foto dan resep makanan yang keren-keren. Aku pikir...kenapa nggak bikin juga sendiri ya...aku bisa mendokumentasikan semua hasil karyaku, bisa sharing resep dengan teman yang membutuhkan, dan satu lagi tentu saja untuk menyalurkan hobi masak dan bakingku. Terakhir adalah alasan yang muncul kemudian di belakang hari. Aku ingin menyalurkan hoby baruku dalam dunia photography. Walaupun masih baru...yaaaa semoga seiring waktu semua bisa lebih berkembang.

Sekarang...kalo ada teman or tetangga yang nanya resep ini itu, aku nggak perlu lagi nyatat or sms in panjang lebar. Aku tinggal ngomong "mbak tolong lihat di blogku" dan mereka pun segera meluncur ke blog. Betul-betul terasa...nikmatnya berbagi. Terutama apabila teman yang memperaktekkan resepnya berhasil dan hasilnya memuaskan. Waaahhh...bahagia luar biasa.

Makasih tuk Mbak Tika yang udah mau ngadain contest giveaway ini. "Happy Bloggiversary" semoga kesuksesan terus mengiringi langkah Mbak Tika...



10 comments:

tata | bonitafood said...

Hihihihhi, beli mangkoknya dmn mbak? Di deket Sengkaling banyak dan murah2 tuh :)). Btw, ke Malangnya bentar amir, tau2 dah balik T___T

tika hapsari nilmada said...

Thanks udah ikutan event ini ya... :)
Sharing ilmu kayak yang kita lakukan ini mudah2an jadi ladang amal yang ga putus buat kita. Aamiin...
oooohh...saya juga punya mangkok batok kelapa dan sendoknya. Cuma belum ada kesempatan pakenya
:p

Hesti HH. said...

Beneeeeer Mbak Tata, di situ dah aku belinya pas mau ke Batu. Asyiiik, murah meriah dan cantik cantik.

Liburannya lumayan mbak...10 harian. Cukup lama tuk shopping, hehehe

Hesti HH. said...

Amiiiin...

Hihi...aku malah gak sabar, rasanya pengin segera aku pake semuanya hasil belanjaanku kemarin mbak Tika...

bunbun said...

lucuuuuu si batokkk.. mauuu... titip sama mbak hesti aja deh, minta kirimin.. hahaha.

aku juga suka gitu, nyari makanan yang bisa difoto sama properti.. terbalik yah.. :D

suak fotonya mbak... dan.. event apakah itu di blognya mbak Tika? masih bisa ikutan kan? *saya iköööt*

Hesti HH. said...

Iya...emang lucu Bun, tapi aku cuman beli satu, xixi. Kata hubby kalo pernak perniknya melebihi quota 'belanjaannya jinjing sendiri' wadawww gawat deh.

Iya...mestinya, masak dulu bau cari properti. Nah ini dah ada properti...masak apa biar cucok ama propertinya...aneh ya!

Event blogiversarinya Mbak Tika. Segera Bun ikutan...hadiahnya canteeek...cuman diminta bikin postingan tentang alasan kita bikin blog...kalo Bunbun bisa banyak tuh ceritanya karena pandai bercerita.

Admin Hanjuang said...

Bajigur emang minuman tradisional yang cocok buat di cuaca dingin mba... Informasi juga mba hesti, kalo mau coba bajigur dalam kemasan praktis boleh coba produk bajigur hanjuang...

Hesti HH. said...

Makasih infonya Admin Hanjuang, nanti aku tanyain teman teman kalo ada yg berminat ya...

Anonymous said...

Kayaknya itu bukan bajigur deh, tpi bandrek. Soalnya klo bajigur ga pke jahe sma daging kelapa tpi pke kolang kaling

Hesti HH. said...

Ooooh salah ya....wah harus bikin lagi nih kayaknya...makasih ya dah dikoreksi ^^

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...