Tuesday 31 May 2011

KBB #23 Cheesy Fun : Lemon Cheesecake





Asyek asyek asyek...dapat surat cinta lagi nih ... surat yang dinanti-nanti tiap 2 bulan sekali. Yang seru yaitu kali ini tantangannya adalah membuat lemon cheesecake. Tapi cheesecake kali ini agak unik...beda dengan yang pernah aku bikin sebelumnya. Untuk crustnya menggunakan kacang-kacangan dan rempah mix spices. Untungnya aku ada stok mix spices homemade. Aku bikin dari campuran pala, kayu manis, cengkeh dan cardamon. Di sangrai dulu, dihancurin kecil-kecil balu deh diblender dan diayak. Wanginya...lebih wangi daripada bumbu spiku yang dijual di pasar. Sedangkan tuk cheesenya pake campuran sultana dan manisan aprikot. Kebayang kan...rasanya...

Tapi tugas KBB kali ini sempat membuat ketar-ketir. Soalnya bahan-bahan cheesecakenya agak susyah ditemukan. Wadauuw...pusing 7 keliling...gimana ya caranya.

Di toko ekspaktriat sini cuman dapat creamcheesenya. Itupun gak ada ricotta. Yang ada cuman mascarpone dan neufchatel. Yaaah...wislah, daripada gak ada. But manisan aprikotnya juga gak ada. Sultana dan brown sugar juga gak ada.

Emang mungkin udah jodoh ya...alhamdulillah aku dibawain ibuku yang baru pulang dari Malaysia kacang-kacangan dan manisan. Di dalam kemasan kacang tersebut ada juga sultana and raisinnya. Berhubung cheesecake ini memakai sultana...segera aku sisihkan sultana dan raisinnya. But...manisannya bukan aprikot. Melainkan manisan nanas. Daripada tunggu manisan aprikot toko yang gak jelas kabarnya mendingan aku pake manisan nanas ini aja. Secara...penampakannya kayak manisan aprikot kok...hihihi



Manisan nanas....yang sudah dipotong-potong...mirip aprikot kan???



Kacang-kacangan yang terdiri dari almond, mede, fig, dan pistachio. Di bawah ini bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatan lemon cheesecake.



bahan crust


bahan cheesecake


Ini aku copy resep dan cara membuatnya dari surcin yang aku terima kemarin...

Lemon Cheesecake
Sumber : Successful Baking

Bahan :
Untuk 8-10 porsi
- ¼ cup port (aku pake jus apel)
- ¼ cup orange juice
- 75g sultanas (aku campur kismis dikit)
- 150g mascarpone
- 400g ricotta (aku pake neufchatel)
- 125g gula kastor
- 2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
- 3 buah lemon, parut kulitnya
- 60g tepung terigu
- 80g manisan apricot, iris tipis (aku pake manisan nanas)
Crust:
- 30g mentega tawar
- 185g kacang2an, haluskan
- 8 sdt gula kastor
- 4 sdt dark brown sugar (aku pake campuran gula pasir & gula palem)
- ½ sdt bubuk kayu manis
- ¼ sdt bubuk mixed spice

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.
  2. Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.
  3. Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.
  4. Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.
  5. Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.
  6. Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.
  7. Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.
Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.



Foto di bawah ini pas baru dimasukin ke dalam oven. Kelihatan crustnya lebih tinggi daripada cakenya.


Pas udah dioven....dia naik membumbung tinggi. Tapi setelah ovennya mati...eeeeh perlahan-lahan cakenya turun. Lihat gambar di bawah...


Akhirnya cuma setinggi ini aja...


4 comments:

Unknown said...

kalo ada manisan nenas sih aku bakal pake manisan nenas, soalnya lebih tropical gitu loh hihihihi...

Hesti HH. said...

Tul...tul...betul mbak, untung juga adanya manisan nenas...rasanya lebih enak, mostly dari sensasi rasa nenasnya sih...legit-legit gimanaaaa gitu...

Anonymous said...

mbak itu pake loyang bongpas bukan? klo iya waktu di oven cara au bain marie cakenya ga kemasukan air?

Hesti HH. said...

Bener mbak, tp ini panggangnya bukan au bain marie jadi nggak pake air. Cuman supaya gampang ngambil loyang bulatnya dari oven makanya dialas loyang kotak.

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...