Wednesday 9 November 2011

Spiral Mooncake


Spiral Mooncakes

Masih berusaha nyetor sesuatu tuk Chinese Food Week NCC, kali ini aku memberanikan diri membuat spiral mooncake yang lebih populer di Indonesia dengan nama kue pia atau bakpia. Sebelumnya aku hanya pernah mencoba bikin versi bakpia pathok...caranya persis sama cuman beda di teknik akhir saja.


Sebenarnya aku ada resep mamaku didapat dari temannya yang peranakan Chinese Makassar. Bahannya lemaknya nggak pake mentega tapi minyak. Untuk adonan minyak dan air dua-duanya menggunakan minyak tapi resep ini untuk bakpia biasa bukan bentuk spiral. Setelah browsing, aku akhirnya memilih menggunakan resep dari "The Whitakere Redneck's Kitchen" yang digabungkan dengan resep mamaku...selain bahannya simpel takarannya juga pas tuk percobaan pertama...hehe. Untuk isian aku pake kacang ijo kupas. Resepnya bisa dilihat di sini.


Spiral Mooncakes


Resepnya silahkan lihat di sini. Bahan shorteningnya aku ganti minyak goreng biasa dan supaya lebih gurih kulitnya aku tambahkan sedikit garam.

Untuk mengetahui perbedaan mooncake yang digoreng dan yang dipanggang, aku mencoba menggoreng 2 buah adonan. Ternyata hasilnya lebih ringan dan krispi yang digoreng...memang ya, minyak nggak pernah bohong *hhaaaahh??* tapi resep asli memang digoreng sih...aku awalnya takut kalo hasilnya berat dan berminyak...ternyata nggak sama sekali. Alhamdulillah puas dengan hasilnya. Baru jadi...hubby udah habis 3 biji..., enak katanya. Lha cuman sisa 3 lagi buat aku, kakak dan adek...pas dweeeehhh sebiji sebiji!!


No comments:

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...