Monday 17 August 2015

Cake Cokelat Ketan Hitam Pisang Dengan Streusel



Lagi kangen makan cake ketan hitam. Kali ini bikin versi yang sudah pernah aku bikin sebelumnya. Dengan tambahan pisang dan cokelat. Resepnya dari majalah Sajian Sedap. Aku beri streuel atasnya untuk variasi. Makannyapun lebih seru karena ada yang renyah renyah di atasnya. Selain itu, aromanya pun wangi sekali. Sangat memuaskaan...



Bahan :
- 200 gr margarin 

- 125 gr gula palem

- 200 gr pisang raja kupas, dihaluskan

- 4 butir telur 

- 50 gr tepung terigu protein sedang 

- 125 gr tepung ketan hitam 

- 25 gr cokelat bubuk 

- 1 sdt baking powder

Streusel (aduk rata sampai berbutir butir) :
- 65 gr gula pasir
- 45 gr terigu protein sedang
- 55 gr butter
- 1/4 sdt bubuk kayu manis


Cara membuat :
  1. Kocok margarin dan gula palem halus sampai lembut. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  2. Masukkan pisang ambon. Kocok rata. Tambahkan sisa tepung terigu, tepung ketan hitam, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
  3. Tuang di loyang tulban diameter 22 cm yang sudah dioles margarin dan ditabur tepung. Taburi atasnya dengan bahan streusel.
  4. Oven sekitar 40 menit dengan suhu 180 derajat celsius sampai matang.

6 comments:

Resep Masakan Keluarga said...

Resep cake coklatnya terlihat sangat lezat..
terimakasih untuk infonya..

Unknown said...

hai mba,apa kabar? Dulu pernah buat cake ini enak,tapi belum pernah buat yg pakai streusel,mau tanya mba apa ngak kemanisan kalau pake streusel seperti resep diatas? Apa streuselnya bisa diganti dgn streusel keju? bagaimana takaran nya kalau pakai streusel keju? terima kasih..

Hesti HH. said...

Saya ngga terlalu sehat mba makanya lama baru balesnya.

KAlau saya sih suka manis mba jadi cocok aja sama selera saya mba. Kalau pakai keju saya belum coba tapi kayaknya banyak resepnya di internet. Tapi kue ini rasanya ngga terlalu manis jadi menurutku streuselnya cocok yg manis.

Unknown said...

Hai mba,terima kasih sudah mau balas komen2 nya. Saya baru baca ttg kondisi mba. Skrg uda sembuh kan mba? Mba harus banyak istrht,tetap semangat ya... Resep ini sudah saya buat pake streusel keju,ludes dessss..... Resep streusel keju juga ambil dari resep mba,saya klik diresep roti ehh ada streusel keju,ya uda cocok juga pake keju jadinya seperti brownies. Terima kasih mba.. ;)

Suzan Milvara said...

wah ternyata memang benar Manfaat Pisang sangat banyaksekali, termasuk dijadikan santapan yang lezat seperti ini.

Hesti HH. said...

@Fina Wati : Alhamdulillah mba...baikan walau belum pulih benar. Alhamdulillah mba bisa dipraktekkan resepnya ^^

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...