Thursday 16 February 2012

Bikang Doang

IMG_3964

IMG_3978

Naaah kalo snack yang satu ini salah satu favoritku. Kalo daerah lain kenalnya dengan nama bakwan udang. Orang Makassar bilangnya bikang doang. Doang itu artinya udang jadi bikang doang artinya bika udang. Isinya ya mirip mirip aja. Ada sayur mayurnya dan ada hiasan udangnya di atas. Seperti biasa aku bikinnya pake takaran kira kira aja. Potongan sayur semua aku masukkan ke wadah. Habis itu aku tambahkan tepung, bumbu halus, telor dan air. Aku aduk rata. Kekentalannya pake feeling aja. Jadi nggak boleh terlalu kental nanti bikangnya keras, kalo terlalu encer nanti bikangnya letoy...hehe, yang sedang sedang saja *sambil nyanyi ala dangdut*

Supaya seragam ukurannya aku dapat ilmu dari Bu Euis Afrizal nih. Makasih ya Bu Euis! Pertama-tama bikang dituang dalam cetakan bika habis itu setelah bagian bawahnya udah berkulit (sekitar 5 menit) lepaskan dari loyang bika dan pindahkan ke dalam minyak panas dalam wajan besar. Goreng sampai garing tapi jangan kelamaan nanti jadinya alot. JAdi deh bikang yang imut dan seragam besarnya...

Bahan :
- tepung terigu
- wortel serut
- kol iris halus

- toge, siangi

- daun bawang, iris halus
- telur

- air
- udang ukuran sedang, buang kepala lalu beri sedikit garam

Bumbu halus :

- bawang merah
- bawang putih

- merica

- garam

- gula


Cara membuat :
  1. Campur semua bahan lalu aduk rata.
  2. Siapkan cetakan bika dan wajan berisi minyak banyak. Panaskan keduanya di atas kompor.
  3. Beri sedikit minyak pada cetakan bika. Tunggu sampai panas. Tuang adonan dalam cetakan bika sampai penuh. Taruh udang di atasnya. Biarkan sekitar 5 menit (atau sampai bentuknya set) lalu transfer ke dalam wajan. Goreng dengan panas sedang sampai matang.
  4. Sajikan dengan cabe rawit atau kuah cuka.
Untuk mengantisipasi kepedasan setelah makan bikang ini *secara makannya habis berapa biji cabe* aku dah menyiapkan jeruk nipis peras. Sekalian buat merontokkan lemak lemak yang masuk ke perut, hihi. Oh iya...kalo lagi rajin aku suka menikmati bikang doang ini dengan kuah cuka. Campurannya bawang putih (aku cukup 1 biji), cabe (aku cukup 3 biji), gula pasir (agak banyak), garam dan sedikit cuka atau jeruk nipis. Diblender bersama air lalu dimasak sampai mendidih. Nanti makan bikangnya sambil dicocol atau direndam kuah cuka. Manteeeeph deh...


Bikang Doang (bakwan udang)


Bikang Doang (bakwan udang)


13 comments:

Anonymous said...

Ealah mbak hesti, aku sama sekali nggak kepikiran mencetak bakwan pake cetakan bikang. Kebetulan aku punya cetakan carabikang. Aku memakainya paling kalo lagi membuat carabikang atau pukis. Dengan tips seperti di atas, cetakan bikangku bisa diperbudak lagi nih. Makasih banyak ya mbak hesti.

Rina Audie

Hesti HH. said...

Iya mbak...aku jg diajarin teman. Nggak susah susah pake sendok sayur satu persatu. Langsung banyak dan matangnya bersamaan. Makasih juga mBAk Rina...

Azlita Aziz said...

Salam Hesti..

Bagus ya ideanya utk seragam cetaknya..
kalau di sini akak panggil cucur.. enak makan sama sausnya..
Makan panas2 dengan kopi.. enak bangat!!

picnya juga cantik! akak suka sangat yg bigkang dalam saus tu hetty..

Anonymous said...

mba hesty...
suka banget ama blognya mba... aku bukan foodie blogger sih..cuma suka masak aja :)
blognya informative, ga menggurui,dan tampilannya uapiiikk.. thanks ya..aku banyak belajar dari blog mba..

salam,

ria

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam kak Ita...
Betul betul betul *Ipin Upin mode on* enak sama sausnya hehe. Ada manis dan asamnya...seru rasanya.

Makasih Kak...aku jg banyak belajar dari blog Kak Ita...

Hesti HH. said...

Waduuuuh, makasih banyak MBak Ira pujiannya *hidung kembang kempis* hihi
Senang kalo bisa bermanfaat...

Rima said...

Salam Hesti
Tempoh hari akak tinggal kan komen tapi komen nya hilang entah kemana.. teringat pembantu adik akak.. dia suka bangat sama ini bakwan udang.. she likes to add shredded carrot into it too..

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam Kak Rima,
Iya Kak, kalau di Indonesia memang sukanya pakai wortel. Jadi bakwannya penuh dengan sayur...tapi tidak tahu apakah sayur ini masih ada gizinya ataukah hilang karena digoreng, hehe

Indonesia Eats said...

Siiipp lain kali kl bikin ote2 pk cetakan carabikang. Hesti suka cara isi gak? Aku doyan bgttt

Hesti HH. said...

Iya mbak...next project itu. Aku juga doyaaaan...

Rika said...

salam kenal kak
bbrpa kali sy browsing resep makanan di google n dari sekian banyak blog sy merasa paling cocok dgn resep di blog ini :D
sy mahasiswi lg hamil anak pertama n jauh dr kampung, akhir2 ini lg pngen makan makanan kampung, resep2 di blog kak hesti lmayan gampang buat diikuti krn bahan2nya yg sederhana, masak jadi terasa sesuatu yg tidak ribet :)

foto2nya juga kereen >.< , kak hesti yg motret sndiri ya? saluttt

sukses ya kak!

Unknown said...

Mantapp nih... mau nyoba ah...

Unknown said...

Mantapppp nih kayakx... mau nyoba ah...

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...