Kamis, 07 Oktober 2010

Tom Yum




Kayaknya kurang afdol kalo bikin tom yum gak pake daun ketumbar. Secara di daerahku gak bakalan nemu daun ketumbar. But pas kucoba weeeeleh ternyata enak juga kok...hehe karena aku gak tau kalo pake daun ketumbar gimana rasanya. Ini aja dah maknyus...asam, pedes,...n syegeeeer. Ini dia resepku...

Bahan :
- 200 gr udang ukuran sedang (kupas kulit sisakan ekor)
- 200 gr cumi (bersihkan dari tinta dan kulitnya)
- 200 gr daging ikan kakap
- 100 gr jamur, potong-potong
- 1500 kaldu udang (dari kulit udang yang direbus dengan air)
- 3 batang serai
- 5 lembar daun jeruk
- 4 sdm kecap ikan
- 2 cm lengkuas, dimemarkan
- 5 sdm air jeruk nipis
- 1 sdt gula pasir
- garam
- daun ketumbar

Bumbu halus :
- 2 buah cabe kering
- 2 siung bawang putih
- 2 sdm ebi (rendam air panas, sangrai)
- 2 sdm minyak goreng

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus, lengkuas, sereh dan daun jeruk sampai wangi.
  2. Masukkan kaldu udang. Biarkan mendidih. Tambahkan ikan, udang, cumi dan jamur.
  3. Masak sampai daging empuk tapi tidak alot. Tambahkan garam, gula, dan kecap ikan.
  4. Terakhir tambahkan air jeruk nipis. Matikan api. Sajikan panas.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Mba, ini untuk brp porsi?

Hesti HH. mengatakan...

Waaaa saya udah lupa mba udah 5 tahun lalu bikinnya. Kayaknya sekitar 5 porsi mba.

shanesia mengatakan...

K Hesti aq punya daun ketumbar segar

Hesti HH. mengatakan...

Bagi doooongggg...heheheee

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails