Rabu, 27 Oktober 2010

Pallu Butung


Ini juga salah satu resep jajanan Sulawesi Selatan. Agak mirip-mirip kolak tapi kuahnya lebih kental dan menggunakan gula pasir. Enak disantap panas ataupun dingin seperti pisang ijo.
Resepnya aku gak tulis detail jumlah bahannya karena bikinnya pake perasaan aja...hehe...gak nimbang lagi. Oh iya cara buatnya ada 2 macam. Bisa langsung dicampur semua dan dimasak sekaligus, atau bisa juga seperti pisang ijo. Kuah dimasak tersendiri, begitu juga pisangnya. Jadi kalo mau dimakan baru dicampur. Lebih nikmat dengan serutan es dan sirup merah....



Bahan :
- pisang kepok yang matang tapi tidak lembek
- santan kental dari satu butir kelapa
- gula pasir
- garam sedikit
- daun pandan
- tepung terigu secukupnya untuk mengentalkan saus

Cara buat :
  1. Campur pisang yang sudah dipotong-potong dengan santan, gula, daun pandan dan garam. Tambahkan tepung terigu yang sudah dikentalkan dengan sedikit santan.
  2. Masak di atas api sedang sampai mendidih sambil sesekali diaduk agar tidak gosong bawahnya.
  3. Siap disantap panas maupun dingin.

4 komentar:

rahel8877 mengatakan...

Hai Mbak Hesti,apa khabar? Wah kayaknya saya pengen nyontek semua resepnya Mbak Hesti,soalnya smua mknan kesukaan sy,jadi inget waktu masi sekolah di Palopo,slalu beli jajan kayak ginian,slalu aja penasaran dg resep yg enak2.

rahel8877 mengatakan...

Hai Mbak Hesti,kayaknya gue mau nyontek semua resepnya ni.

Hesti HH. mengatakan...

Hai jg Mbak...thanks for visiting my blog...
Silahkan dicontek resepnya, dengan senang hati...smg bermanfaat. Oooooh pernah tinggal di Palopo toh...dekat dong kita, saya kan di Sorowako. Btw sekarang di mana mbak?

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

kolek pisang say.... hehehe...
jadi seru nih,main tebak-tebakan nama makanan dari daerah masing-masing...hehehe...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails