Kamis, 21 Oktober 2010

Lumpia Basah


Ngga tau kenapa ya...sekarang aku lagi semangat-semangatnya bikin kue tradisional. Memang sih kemarin kemarin si Masku udah komplain. Jangan terlalu sering bikin kue yang bikin kolesterol naik...hihihi...jadinya yaaaa beralih ke selera nusantara deh. But kalo kue tradisional tapi bersantan kan sama aja yaaaaak...? but setidaknya mengurangi margarin,krim/susu, kuning telur, dan yang pasti gak pake bahan tambahan kimianya kan? Nah today aku buat lumpia basah. Kenapa lumpia basah? kenapa gak lumpia goreng? Memang sih lumpia goreng enak, gurih, garing... huuu kecintaan suamiku banget. But tuk pelaku diet sama sekali gak membantu. Dan...lumpia basah juga gak kalah enaknya kok... tergantung isiannya juga kalleee...and sudah pasti sausnya. Lumpia yang kubikin ini alhamdulillah bisa jadi tipis deh kulitnya. Mungkin juga karena pake pan crepe ya...pokoke gak kayak kue dadar gulung...jadiiii yuuuk mari dicoba...tuk kulit dan sausnya aku ambil dari resepnya Bu Sisca Soewitomo. Tapi isiannya modifikasi aku sendiri.

Bahan (campur semua, buat dadar):
- 100 gr tepung terigu
- 50 gr tepung beras
- 1 butir telur
- 350 ml air (kalo mau tipis sekali bisa ditambahkan air sedikit)
- 1/2 sdt garam
- 1-2 sdm minyak goreng

Isi :
- 200 gr rebung (masak dulu dan tiriskan, iris halus)
- 2 buah wortel, parut kasar
- 2 buah jamur shiitake cincang (bisa gak pake)
- 3 sdm udang rebon, rendam air panas, tiriskan
- 2 batang daun bawang
- 1/2 sdt gula pasir
- 1 sdt kecap asin
- 1 sdt saos tiram
- 1 sdt kecap manis
- 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
- 4 biji bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica
- garam secukupnya

Saus (haluskan dan masak semua bahan):
- 4 sdm tauco
- 2 siung bawang putih
- 1 sdm saos tomat
- 2 sdt gula pasir
- 2 sdn saos lombok
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm kecap manis
- 1/4 sendok teh cuka
- 150 ml air + 2 sdm maizena

Cara membuat :
  1. Isi : tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan rebon, rebung, jamur dan wortel. Aduk rata. Tambahkan 2 sdm air (tidak perlu terlalu banyak karena rebung juga mengandung air). Tambahkan gula, kecap manis, kecap asin, dan saos tiram. Aduk rata. Masukkan daun bawang. Masak sampai matang dan air habis.
  2. Penyelesaian : ambil satu lembar kulit, beri isi. Lipat kedua sisinya, lalu gulung. Sajikan selagi hangat bersama sausnya.


Source : resep kulit lumpia dimodifikasi dari buku 'Kue Gurih Favorit' oleh Sisca Soewitomo.

11 komentar:

ira mengatakan...

ijin salin resepnya yah mbak. trims sebelumnya. :)

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak Ira....

TotokW Prihanto mengatakan...

ijin nyontek Mbak..., thanks

TotokW Prihanto mengatakan...

Ijin menyontek Mbak.., thanks berat

Inta mengatakan...

Mba Hesti, kalau pakai rebung kalengan, ada rekomendasi merk tertentu ngga mba? Terimakasih

Mega Nanda mengatakan...

mbak kok dadarnya bisa seputih ini sih??? aku bikin barusan malah ada semu kecoklatannya... ada tips???

Hesti HH. mengatakan...

Apinya kecil aja mbak...kadang tepung memang ada yg lebih cokelat dari yg lainnya

Indira Syahzira mengatakan...

Ini bisa jadi berapa buah ya mba? Terus kalau mau buat digoreng bisa kan yah?

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mba saya belum pernah coba digoreng jd gak tau. Takutnya nyerap minyak karena kulitnya tebal. Hasil jadinya kalau ngga salah sekitar 15 buah mba

Anonim mengatakan...

Mba hesty pengganti tauco apa yah? Soalx gak dpt tauco

Mkasih sebelumx mba hesty....

Hesti HH. mengatakan...

Diskip aja mba...gak apa apa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails