Senin, 04 Oktober 2010

Puding Zebra


Bahan :- 2 bks agar-agar bubuk tanpa warna
- 1/2 kaleng susu kental manis

- 5 butir telur

- 2 sdm margarin

- 2 sdm tepung terigu (sangrai sebentar sampai kecoklatan/jangan sampai gosong)

- 300 - 350 gr gula pasir
(sesuai selera)
- 50 gr coklat bubuk

- 2 bks vanili

- 1/4 sdt garam
- 1200 ml air


Cara membuat :
  1. Campur gula, garam, telur, dan sebagian gula. Kocok pelan menggunakan whisk asal rata. Jangan sampai berbusa. Tambahkan tepung terigu yang sudah disangrai. Aduk rata. Tambahkan susu kental manis, aduk rata. Bila bergerindil saring terlebih dahulu. Sisihkan.
  2. Masak agar-agar,vanili, separuh bagian gula, margarin bersama air sampai sambil diaduk aduk sampai mendidih (harus benar-benar mendidih agar adonan telur tadi matang). Panas-panas tuang ke dalam campuran telur lalu aduk cepat sampai rata. Bagi 2 adonan, yang satu ditambahkan coklat bubuk. Cara mencampur coklat yaitu ke dalam coklat bubuk tambahkan dulu 3 sdm air matang panas dan aduk sampai rata baru kemudian ditambahkan adonan agar.
  3. Siapkan cetakan agar-agar atau puding. Paling baik menggunakan cetakan agar bongkar pasang seperti tulban tapi tengahnya tertutup. Tapi kalau cetakan yang ada hanya yang berlubang seperti tulban bisa ditutup lubang di tengahnya dengan gelas. Karena penuangan adonan dilakukan di atas gelas tadi.
  4. Tuang secara bergantian (bisa menggunakan cangkir) 1/2 cangkir adonan coklat dan putih pelan-pelan di tengah cetakan atau di atas gelas tadi sampai adonan habis. Apabila menggunakan gelas, lepaskan terlebih dahulu gelas dari cetakan lalu dinginkan di kulkas.

Di bawah ini gambar cetakan agar yang berlubang dan yang tidak.


53 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum....salam kenal mbak hesti...wah blognya bagus banget mbak.saya sering ngunjungi blog mb hesti.resep yang saya praktekkan pertama puding zebra ini.hmmmm enyaaaaak n tampilannya cuantiiiik banget.cuma aku pake telurnya cuma 2,takut bau amis n bikin eneg.oiya mbak,fungsi margarin buat apa ya mbak?trims.
emma

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam warahmatullah...

Salam kenal juga MBAk Emma. Makasih udah berkunjung ke blogku ya.

KAlu pakai vanili insyaAllah nggak amis kok mbak, dan fungsi margarin di sini untuk memberi aroma dan rasa gurih.

Anonim mengatakan...

trims ya udah mau jawab pertanyaanku.maklum mbak,masih belajar jadi agak heran puding kok dikasih margarin?hehehe ndheso.sukses ya buat mbak hesti.emma.

Anonim mengatakan...

mbaa, kalau 2 bks vanili bubuk bisa diganti dengan berapa sdt vanili essence cair ya??hehehe. aku mau coba nih resepnya. salam kenal :)

dinda

Hesti HH. mengatakan...

Saya juga ngga pernah pake essence jadi ngga ngerti juga. Mungkin sekitar 1 sdt aja mbak karena essense baunya kuat (mengandung alkohol)

Anonim mengatakan...

makasih mba, hehe, udah aku coba bikin dan hasilnya cukup memuaskan, cuma garis2nya agak terlalu rapat krn aku pake centong sayur bukan cangkir.
mba kok foto makanannya selalu kelihatan bagus2 banget yaa :)

Hesti HH. mengatakan...

Syukurlah kalo dah berhasil mbak. Kan sekarang udah tau...jadi lain kali pasti bisa lebih bagus ^^

Makasih pujiannya, semuanya lewat proses mbak. Aku belajar foto otodidak, nggak langsung bagus juga. Lihat aja foto jadul di album yg lama...masih asal jepret aja ^^

Maya Efendy mengatakan...

Assalammualaikum Mbak Hesti, terima kasih sharing resep puding zebra. Aku udah nyobain resepnya, dan hasilnya ternyata yummy Mbak.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Makasih juga mbak Maya udah nyobain resepnya dan feedback ke aku. Alhamdulillah kalo suka ^^

aza kayla mengatakan...

aduh mbak g pernah bosen sy bk blogx mbak abisx kue2x uenak2 tenan, barusan sy bt kue puding zebrax n hslx sempurna,enak n cantik pokoe memuaskan. tq ya mbak.

aza kayla mengatakan...

salam mbak, seneng buanget kunjung k blok mbak abis kuex enak2 n anti gagal n puding zebrax sy dah cb n hslx sempurna lembut cntk spt motif zebra gitu pokoe sempurna makasih ya.

Hesti HH. mengatakan...

Salam mbak kayla,

Syukurlah mbak kalau yg mbak cobain berhasil semua. Ikutan happy ^^

OctaNH mengatakan...

Mbak Hesti, fungsi tepung terigu yang disanggrai itu biar apa ya ya?

Komen pertama nih, Mbak. Walopun udah dari lama jadi pengunjung setia blog ini. ^_^

Makasih.

Hesti HH. mengatakan...

Biar mateng mbak, kalau nggak nanti kita makan tepung mentah. Kalau telurnya dah matang kena agar agar panas. Tapi tepungnya tetap mentah lho...

syarief mengatakan...

Izin icip² resepnya ya Bu ^^"

Eci mengatakan...

mba..aku udah cb bikin puding ini rasanya maknyus enak tapi koq bentuknya gak secantik yang digambar ya mba..hehehe. kaya kurang2 padet gitu apa krg tepungnya yah?
itu 2 sdm margarine dan 2 sdm tepung maksudnya 2 sdm munjung mba? kocokan telur yang agak berbusa itu pengaruh juga ya mba?

VERONICA DHANI mengatakan...

mbak Hesti,aku udah bikin mbak cuma tepung terigu aku ganti kustard,makasih resepnya ya mbak,,,,enak banget lembut,,,,,

rita candrasari mengatakan...

Assalamualaikum ...
Mbak Hesti, makasih untuk resep puding zebranya, aku sudah coba dan hasilnya enak dan lembuuutt ... aku sekeluarga suka semua. Nggak sampai sehari sudah ludes tanpa sisa, qiqiqi ...

Hesti HH. mengatakan...

@Eci : nuangnya bergantian secara perlahan aja mbak. Biasanya klo lapisannya nggak rapi atau nyampur itu karena adonan encer banget. Mungkin kurang tepung. 2 sdmnya sedang aja mbak...nggak munjung, nggak peres juga

@Vero : alhamdulillah kalo suka mbak...

Ida Muhammad mengatakan...

Mba Hesti,
Aku pengen nyoba resep ini tapi takut gagal karena sering banget gagal bikin puding yang pakai telor. Gagalnya tuh pudingnya jd spt terpisah gitu. Bisa kasih tips nya biar sukses? Oh yaatu lagi, di cara no 1 itu gula yg dicampur sebagian saja? Dibagi dua dgn cara nomor 2 atau gmn? Vanili bungkus yg spt apa ya? Taunya cuma vanili cair dan ekstrak,kaget jg dibilang ada alkoholnya :(
Maaf ya pertanyaan nya lsg banyak. Terima kasih atas waktunya

Hesti HH. mengatakan...

InsyaAllah yg ini gak gagal soalnya telurnya gak dimasak tapi disiram agar panas. Dan karena menggunakan sedikit tepung jadi gak misah. Tentang gula, kalau yg digunakan 400 gr maka 200 gr masuk ke dalam rebusan agar yg 200gr nya lagi dicampur bersama telur. Vanili bks itu vanili bubuk kemasan sachet. isinya sekitar 1/2 sdt. Biasanya ada juga yang bubuk botolan tapi di sini adanya yg buks bungkus kertas itu.

Anonim mengatakan...

assalamualaikum mb hesti, mb hesti maksudnya gmn nuang di atas gelas. berarti gelasnya harus pas ya mb dg lubang tulban itu. saya punya loyang tulban. kan berlobang tengahnya.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,
Nggak harus pas jg mbak, lbh besar jg boleh yg penting bisa sebagai landasan tuk nuang adonan...

marwah mengatakan...

Assalamualaikum mba aku baru mau nyoba resep puding sebrax Tapi aku mau tanya dulu cara ngadukx pakai soled atau micser ya mba,,,tolong di jawab yach terima Kasih mba atas waktux

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, pakai whisk saja mbak...tapi ngaduknya cepat

Anonim mengatakan...

mbk. mau nany masalah tepung nya. kalau pake tepung kemasan bisa? custard powder tu tepung yg kaya gimana y? trus, itu diameter loyang ny brp cm?
Makasi mbk Hesti sblm ny :))

Anonim mengatakan...

Asslm.. Mb, saya mau nany. tepung ny itu bisa pake tepung kemasan y? custard powder itu teoung yg kaya gmn y mbk?
trus, diameter loyang ny bro cm?
Makasi mb Hesti :))

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, boleh pake tepung kemasan mbak asal bukan yang untuk roti ya...

Custard powder itu tepung custar yang dijual dalam kemasan kaleng atau dus. Mirip maizena tapi udah ada tambahan pewangi dan pewarnanya. Biasa dijual dengan merk Hercules. Diameter loyangnya sekitar 22 sm tapi tengahnya lubang ya

yaya abdullah mengatakan...

Mbak...sy br gabung nih, ga ketinggalan kan? Hehe. Nyampur telur, gula dll-nya itu smp mengembang? gak smp berbusa maksudnya gmn ya? Soalx sy pake mixer, dikocok sbntr udah berbusa tuh... :( mohon jwbnx...

Hesti HH. mengatakan...

Engggaaakkk kok...santai ajaaaa hehee

Maksudnya asal nyampur tapi gak sampai naik dan berbusa mbak. Kalau berbusa gak cantik karea busanya ngapung dipermukaan. Pake whisk aja.

Anonim mengatakan...

Mbk. Sya udh nyoba resepnya. Enak jadinyaa :) tpi saya pake telur 3, takut kalo 5 ntar amis. emg kalo mkin byk telur pengaruh ke puding ny gmna y mbk?
Trus pas udh dibagi 2 adonan, mau dicetak. Tekstur adonan ny jadi kyak bulir2 telur gitu y mbk?

Hesti HH. mengatakan...

jangan khawatir mbak, kue ini tdk amis karena menggunakan vanili. Kalau bulir bulir artinya adonannya pecah mbak. Ngaduknya memang harus cepat.

Unieq Munawir mengatakan...

Udah bikin ini juga, sayangnya si adonan cokelatnya cepat banget bekunya, padahal dah diaduk2, jadinya pas nuang adonan cokelatnya ga nyebar, iksssss. Bentuknya ga cantik hehehee tapi rasa, endeeeesss bangettt!! suka sama rasanyaaa.

Makasih kak Hesti.

Hesti HH. mengatakan...

Artinya kebanyakan tepun mungkin mbak, karena pengalamanku nggak pernah sampai beku begitu. bisa juga karena proses menuangnya terlalu lama sehingga adonan jadi dingin dan beku

Anonim mengatakan...

mau nanya mbak Hesti, puding zebra ini dengan puding margarin sama ya?

Hesti HH. mengatakan...

Waaaa saya baru dengar ada puding margarin mbak. Kalau resep ini sudah beberapa belas tahun lalu saya dapat dari tabloid apa dah lupa.

Risa Mahdayani mengatakan...

Bu ,coklat bubuknya biasanya pale merk apa? Terimakasih

Hesti HH. mengatakan...

Saya kalau mau enak terasa cokelatnya pake van houten tapi kalau mau lbh gelap pake bendico

devi mengatakan...

Mba hesti maaf ya saya tnya member baru hehehe...saya masih bingung cara tuangin agarnya diatas gelas mba...maksudnya tuangin yg putih dulu setelah itu baru yg coklat ya mba? Atau dituang secara bersamaan diatas gelas itu? Makasih mba sebelumnya

Hesti HH. mengatakan...

Iya bener mba tuangnya bergantian supaya berlapis....

devi mengatakan...

Mba kalau saya pakai tepung maizena aja bisa ga? Nnt jd merubah tekstur ga mba?

devi mengatakan...

Mba hesti saya udah bikin pudingnya....enak n lembut...cuman agak manis...gula saya kasi 300gr...next mesti dikurangi hehehe..makasih ya mba atas resepnya yg enak....

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah...maaf mba lambat jawabnya. Iya sesuaikan saja dengan selera manis keluarga mbak, makasih yaaaa

Anonim mengatakan...

Salam kenal mba..mau tanya,itu setengah kaleng susunya bisa pake susu apa?trus setengah kaleng itu kaleng besar atau kecil..trima kasih mba

Hesti HH. mengatakan...

Saya pakai susu kaleng bendera gold mba. Stengah kaleng yang kecil

Anonim mengatakan...

Mbak, selain kue lapis, adik saya juga minta dibuatkan puding untuk ultah ibu mertuanya. Saya bikin puding zebra ini. Saya hanya pakai 3 butir telur, tapi porsi 2 telur sekitar 100ml saya ganti dg air. Jadi porsi air menjadi 1300ml. Kurang puas dg motifnya, tapi rasanya ok. Komentar adik saya, ibu mertuanya bilang enak. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Hesti HH. mengatakan...

Oh kalau diganti telur adonannya akan lebioh encer mba. Karena telur kalau terkena panas jadinya akan set sedangkan air akan tetap cair. JAdi bisa dipastikan kalau ditukar air jadinya lebih encer. walaupun pudingnya akhirnya bisa set tapi untuk menuang adonan agak susah karena encer sehingga zebranya kadang nyampur.

Anonim mengatakan...

O gitu ya. Baiklah lain kali coba pake 5 bt telur, tapi gula tetep dikurangi. Manis banget buat kami. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Hesti HH. mengatakan...

Hehe iya sih mba saya emang penyuka manis....

ai sari mengatakan...

Mohon info mba hesti..jika saya menggunakan loyang persegi bagaimana cara menciptakan motif marmernya ya? Terimakasih...

Hesti HH. mengatakan...

Tetap sama aja mba. Letakkan gelas yang berat di tengah tengah loyang. Lalu mulai menuang dari tengah selang seling. Setelah dingin baru diangkat gelasnya.

Nah kalau ngga punya gelas yng berat bisa tuang langsung adonan bergantian dari tengah seperti marmer cake. Karena kalau gelasnya ringan...pas adonannya dituang lama kelamaan gelas akan mengambang.

rosi rose mengatakan...

Mba hesti makasih resep puding zebra kmren sya bikin bwt acara ultah mama dipuji lho pudingnya enak...bkn cm puding zebranya sya jg bikin proll tape keju n getuk keju smw resep mbak hesti heeee smw blg yummy mkasih mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, ikut senang mba kalau resepnya sukses ^^

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails