Jumat, 31 Desember 2010

Aneka Roti Manis


Hari ini aku membuat aneka roti manis. Sebenarnya sih cuma 1 macam aja adonannya. Bentuknya aja yang macam-macam. Aku senang..senang..suueeenang sekali karena dapat ilmu baru dari googling di blog Home Baking. Blognya sangat informatif tentang step by step pembuatan roti, cake dan cookies. Jadilah harus langsung dipraktekkan biar gak lupa...hehe... Aku dah sering bikin roti tapi variasi bentuknya masih kurang banyak. Oh iya gulanya kukurangi 20 gr karena isiannya manis semua. Isiannya juga gak sama persis dengan di Home Baking. Aku cuma memanfaatkan bahan2 yang ada di rumah. Lagian...kan baru belajar juga. Nanti kalo udah lancar tinggal divariasikan isinya dengan isian yang lebih menarik seperti resep aslinya. Di bawah ini gambar roti dan step by stepnya ya. Cara melihatnya sesuai arah jarum jam.




Keterangan gambar :
  1. Pipihkan adonan. Olesi selai aprikot.
  2. Lipat dua.
  3. Potong-potong seperti di gambar.
  4. Buka lipatan.
  5. Taburi poppyseed.
  6. Gulung memanjang.
  7. Untir.
  8. Gulung.



Keterangan gambar :
  1. Pipihkan adonan. Olesi unsalted butter.
  2. Taburi gula palem, kayu manis bubuk dan kismis.
  3. Gulung memanjang.
  4. Bagi dua memanjang.
  5. Saling untirkan.




Keterangan gambar :
  1. Pipihkan adonan. Olesi unsalted butter.
  2. Taburi dengan coklat chip.
  3. Lipat 2.
  4. Potong menjadi 4 bagian.
  5. Ambil satu bagian. Belah tengahnya tidak terputus.
  6. Masukkan bagian atas melewati lubang di tengah dua kali.
  7. Rapatkan.



Keterangan gambar :
  1. Pipihkan adonan.
  2. Oles selai aprikot dan taburi poppyseed.
  3. Gulung memanjang.
  4. Rapatkan gulungan.
  5. Potong-potong dengan gunting tidak sampai putus.
  6. Gulung melingkar.
  7. Adonan bisa dibiarkan seadanya berbentuk seperti bintang..
  8. Adonan dipipihkan bagian gulungannya berbentuk seperti bunga.



Keterangan gambar :
  1. Pipihkan adonan.
  2. Olesi unsalted butter dan taburi coklat chips.
  3. Lipat dari sisi kiri dan kanan.
  4. Rapatkan kedua ujungnya.
  5. Pipihkan sedikit lalu lipat dua.
  6. Potong memanjang tengahnya tidak putus.
  7. Lebarkan seperti bentuk hati.



Keterangan gambar :
  1. Pipihkan adonan.
  2. Belah sisi-sisinya tidak putus.
  3. Bawa yang sebelah kiri ke kanan.
  4. Bawa yang kanan ke sebelah kiri saling bertumpuk.
  5. Isi dengan selai.
Di bawah ini satu2nya yang gak ada gambarnya. Soalnya simpel aja kok. Tinggal diisi selai, dibulatin dan dililitkan adonan yang sudah digiling memanjang kecil.



Yah teman-teman semoga ilmunya bermanfaat ya. Berikutnya aku dah planning mau buat roti polo. Tunggu tanggal mainnya yaa...

8 komentar:

Anonim mengatakan...

liat gambarnya seru bangettttt!!!
apalagi makannya..
mudah2an bisa praktek..tq
risma

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...apanya yang seru mbak Risma? prosesnya or hasilnya, or dua-duanya. Yang gak kalah seru tuh menikmati roti buatan sendiri hangat-hangat fresh from the oven. Enaaaaakkk...

Thanks udah berkunjung...

Renata mengatakan...

Mbak, masing2 berapa gram adonannya yang dibentuk?

Fikrisu mengatakan...

Nice article, very helpfull & usefull.wah jadi lapar nich lihat foto rotinya. Dan untuk anda yang ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / mesin bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK ditunggu blogwalking nya yach. good luck & keep blogging. Thank's & salam kenal yach......

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, salam kenal. Ilmunya ttg bentuk2 roti sangat bermanfaat bagi saya. Ada beberapa bentuk yg saya belum pernah lihat di blog2 lain. Bisa menambah koleksi spy bentuk roti buatan saya (untuk konsumsi sendiri) semakin beragam. Terima kasih!
Sisca - Surabaya

Anonim mengatakan...

bu, kok gak bisa di copas. mau di print, buat belajar.

Bieke Privillia Pati mengatakan...

Hi, salam kenal mbak hesti, kreasinya bagus2 :)

Bieke Privillia Pati mengatakan...

Hi , salam kenal mbak hesti, kreasinya sgt bgs, thx for sharing the recepie ^_^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails