Rabu, 22 Desember 2010

Jus Dengen


Buah ini adalah buah endemik Sorowako daerah tempat tinggalkuu. Hmmm...kayaknya sih. Belum pernah dengar ada di tempat lain. Tumbuhnya di pinggir Danau Matano. Rasanya asem, mirip-mirip kombinasi antara jeruk yang asem dan markisa, tapi bedalah karena memang punya cita rasa khas. Kalo udah dibikin jus lumayan seger karena dah ditambah es batu, air dan sedikit gula.



Gak tau kalo bisa diolah dalam bentuk lain. Biasanya sih waktu aku masih kecil doyan dimakan dengan sambal kecap. Terdiri dari kecap, lombok dan gula pasiiiir.....ssshhhh..shhh puedaaasss .. but tambah lagi n' lagiii...


12 komentar:

hasmawaty mengatakan...

wuiih..segerx..dengenx mulus'',,,halo sis lam kenal lokasix di srk dmana coz sy jg di srk...blogx cantik n rapih enak dilihat resepx oke''...mantap deh...

Hesti HH. mengatakan...

Wahaaaaa...sekampung nih...salam kenal juga. Makasih ya dah berkunjung. Makasih pujiannya...jadi GeEr ^_@. Saya tinggal di Pontada Buton 31...Hasma di mana?

hasmawaty mengatakan...

sy di semasang 3,,,tp lbh sering sm ortu di srk baru @Tk.seruni...mngkn srg ketemu tp blm slg kenal..yaa..

Hesti HH. mengatakan...

Iya...mungkin juga sering berpapasan di pasar or di mana...hehe. Hasma ada blog juga?

Anonim mengatakan...

salam kenal mba, aq yeni dri makassar. buah dengennya seru mba n segar klo diolah.... mba, buah dengen banyak yach disoroako, diapsaran dijual dengan harga berapa mba, klo bisa foto pohonnya diposting juga mba.. mau buat laporan ttg buah dengen mba, maklum mahasiswa...
salam kenal mba hesti
yeni

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal jg Yen...
iya buah dengen memang banyak kalo sedang musim, tp gak pernah dengar di jual di pasar krn memang banyak di pinggir danau. Lagian gak semua orang bisa mengolah...jd kalo cuman mau makan aslinya kecut banget.

TApi sdh ada bbrp home industri yg mngolah dgn bikin sirup dan sambel dengen dijual di supermarket.

InsyaAllah kalo sempat nanti sy fotokan pohonnya ya...makasih udah berkunjung...

Nurwidio mengatakan...

Salam Kenal u Mbak Hesti,
Saya pernah ngerasain jus Dengen pas di sorowako, dan di bawa pulang ke jakarta, ternyata enak juga diminum dingin2, mau dong di fasilitasi untuk di kirim ke Jakarta, pasti banyak yg suka,apalagi kalau model mangga' mas or mangga'mbak...he..he...

Regards
Nurwidio

Anonim mengatakan...

kearifan lokal mesti kita pelihara... mari perkenalkan Dengen...

Anonim mengatakan...

Buah ini sangat banyak di kendari, apalagi dikabupaten konawe, tumbuh sepanjang tahun tanpa kenal musim, pada musim hujan daging buah lebih berair ketimbang musim kemarau...buah ini jg banyak terdapat didaerah bima, dompu dan sumbawa di NTB, dan saya pernah melihat sendiri buah ini di Luang Prabang, North Laos saat masih bekerja disana...jadi sebernanya bukan tanaman endemik..

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah, jadi malu. Terima kasih infonya berguna sekali. Sekarang saya jadi tau kalo bukan hanya di Sorowako ada buah dengen. Iya, insyaAllah nanti saya revisi masalah 'endemik'nya... hehe. Soalnya saya googling dengen nggak ketemu dimana mana, padahal mungkin di tempat lain berbeda namanya. Apa mas atau mbak ini tau nama dengen di daerah yang dikunjungi??

Phoenix Green mengatakan...

Boleh minta bijinya gak? buat ditanam di jawa.. pengen ngembangin tanaman yg unik. kl boleh minta bijinya ini email saya.. ntr bs kontak2an deh.. margarie_dec@yahoo.com ato FB nya TRI MARGARIA

Hesti HH. mengatakan...

Oke mba makasih ya, saya usahakan

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails