Sabtu, 04 Desember 2010

Pancake Cokelat


Hari minggu yang cerah, bikin sarapan yang simpel buat anak-anak, yaitu... pancake. Aku dapat resep ini hasil blogwalking di My Secret Recipes nya mbak Dyah. Pancakenya menggiurkan. Dari tampangnya kayaknya lembuuuut sekali. Teksturnya cenderung kayak cake, dan sangat ringan. Gimana nggak, telurnya aja lima..dan susunya dibikin buttermilk dengan tambahan jeruk nipis. Cuman kumodif dengan tambahan coklat bubuk dan disajikan dengan saus cokelat dan fruit cocktail....hasilnya coklat abiiiis...hihi...anak-anak sih suka. Tapi kalo aku sih lain kali bikin pake resep aslinya aja deh. Kalo pancake lebih enak yang putih. Bahan sausnya aku bikin seperti resep vla puding, tapi kutambahkan dark cooking coklat.


Bahan:
- 5 btr kuning telur
- 3 btr putih telur
- 150 gr gula pasir
- 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya
- 300 cc susu cair
- 230 gr tepung terigu protein sedang
- 20 gr cokelat bubuk (ayak bersama terigu)
- 1 sdt baking powder
- 35 gr mentega cair

- 3/4 sdt garam
- 1/2 sdt vanili

Cara Membuat:
  1. Campur susu dan jeruk nipis, diamkan kurang lebih 10 menit atau sampai susu kelihatan agak bergumpal. Setelah itu tambahkan kuning telur dan telur utuh ke dalam susu. Aduk rata.
  2. Tuang di dalam wadah, terigu, coklat bubuk, baking powder, gula dan garam. Aduk Rata. Tambahkan Bahan cair tadi sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata dan halus, diamkan minimal setengah jam.
  3. Panaskan teflon, tidak perlu dioles margarin. Tuang satu sendok sayur adonan. Panggang dengan api kecil sampai muncul gelembung-gelembung. Harus berhati-hati karena warnanya cokelat tidak kelihatan kalau sudah kuning.
  4. Balik lagi. Biarkan sampai matang, angkat. Selesaikan semua adonan.
  5. Hidangkan dengan saus coklat dan fruit cocktail atau sesuai selera.
Sepertiga adonannya iseng aku buat di cetakan bika kecil. Ternyata cantik juga dan praktis. Kakak malah lebih suka pancake mini ini.




Source : resep dimodifikasi dari blog 'My Secret Recipes' nya Mbak Dyah.

5 komentar:

Alice mengatakan...

Hes, aku lg liat2 blog mu, baru liat nih kamu rupanya ada pernah bikin pancake coklat...lupa ya? hehehehe...punyamu cakep deh, menul2..kapan2 coba ah :)

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...iya mbak udah lama, masih tahun lalu. Itu mah gayanya doang mbak...tnyata aku lebih suka yang Martha Stewart. Kayaknya resep ini kurang baking soda/baking powder kan pake buttermilk jadi bagusnya sih pake biar lebih fluffy lagi. Resep aslinya pake selfraising flour...tapi aku gak perhatikan...jadi lewat deh...ntar aku tambahkan di resep...thanks ya mbak aku jd teringat...

Anonim mengatakan...

Hai Hai Bund, jadi kl resep aslinya tepung selfraising 250 gr atau tetap 230 tanpa tambahan cok.bubuk 20 g?

trus kl buttermilknya dari susu non fat atau susu kedelai jg bisa ya Bund? (hehe td dah komen jg di resep martha stew.)

Nanda, yg lagi semangat mbikin pancake

Hesti HH. mengatakan...

Kalau nggak pake cokelat ya 250 aja nanda.
Boleh dari non fat yang penting susu sapi. kayaknya kalo kedelei beda kandungannya jadi nggak bisa menggumpal kalo dikasih cuka atau jeruk...

ren mengatakan...

hmm nampak enak bgt :3

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails