Friday 3 December 2010

Kue Mangkok Tape Ketan


Kemarin waktu bikin tape ketan hijau aku dah niat mau bikin jajanan lain dari tape. Akhirnya aku memilih membuat kue mangkok aja. Aku kan dah pernah bikin yang versi tape singkong. Ternyata rasanya...menurutku lebih enak tape ketan ini. Beneeer...sueeeeer....wangi pandan dan bau khas campuran soda dan tapenya...cocok sekali.

Bahan :
- 125 gr tape ketan hijau
- 175 gula pasir
- 200 gr tepung beras
- 200 ml air pandan (dari 3 lembar daun pandan)
- 100 gr tepung terigu
- 75 gr gula pasir
- 150 ml air
- 150 ml soda manis (mis : Sprite)
- 1 sdt baking powder
- 2 tetes pewarna hijau
- 1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Campur tape ketan dan gula. Blender halus. Sisihkan.
  2. Campur tepung beras, garam dan air pandan. Aduk sampai rata dan halus. Sisihkan.
  3. Masak 150 ml air dan 75 gr gula sampai mendidih dan gula larut. Biarkan hangat. Tuang sedikit-sedikit ke dalam tepung terigu sambil diaduk terus hingga halus.
  4. Campur adonan tape dan tepung beras, aduk hingga licin. Campur dengan adonan terigu, aduk hingga rata. Tuang soda sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata. Saring adonan.
  5. Tuang ke dalam cetakan cucing (yang sudah terlebih dahulu di panaskan di dalam kukusan) sampai penuh. Kukus selama 20 menit dengan panas tinggi. Beri jarak pada cetakan cucing agar mengembang sempurna.
  6. Angkat. Biarkan sebentar, sampai uapnya hilang. Keluarkan dari cetakan perlahan-lahan.
Tips : untuk memudahkan penuangan ke adonan ke dalam cucing dan terhindar dari uap panas, gunakan alat penuang bermoncong panjang seperti gambar di bawah.




Source : dimodifikasi dari resep NCC

3 comments:

Unknown said...

laporan mba Hesti, aku udah bikin kue mangkoknya tapi pake ketan putih, enak banget...lain kali mau bikin lagi ah pake yg hijau biar cantik kaya foto diatas, thanks ya...

Hesti HH. said...

Yuhuuu...alhamdulillah ikutan senang MBak Annadina. Iya kalo jadi yg ketan hijau kabar kabari ya mbak...

Yuni said...

Hallo Mbak Hesti, saya mau tanya ini resep kuenya pake tepung beras yg baru atau yg paketan? soalnya setiap kali saya buat selalu gagal :( Terimakasih ya Mbak :)

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...