Sabtu, 18 Desember 2010

Sus Jepang



Sudah lama aku cari-cari resep sus tiger. Akhirnya googling ketemu resep sus Jepangnya Pak Sahak. Berhubung hari ini ada acara kumpul-kumpul aku cobain bikin sus Jepang alias sus Tiger ini dengan sus resep sendiri tapi toppingnya punya Pak Sahak. Aku bikin 2 rasa. Vanila n' cokelat. Ternyata muantaaaap. Susnya renyah diluar dan lembut di dalam. Anak-anak suka cokelat tapi bapaknya anak-anak suka vanila. Katanya enak yang original...hehehe. Well, kalo daku suka dua-duanya.

Bahan kulit :
- 250 ml air
- 150 gr margarin
- 150 gr terigu protein sedang
- 1/2 sdt garam
- 4 butir telur

Filling vla vanila :
- 600 ml susu cair (aku pake 1/2 kaleng susu kental yg dicampur air sampai 600 ml)
- 2 kuning telur
- 30 gr maizena + 20 gr terigu
- gula secukupnya
- 1/4 sdt garam
- 1 bungkus vanila bubuk
- 1 sdm butter

Filling vla cokelat :
- 100 ml krim kental
- 200 gr dark cooking chocolate
- 50 gr butter
- 3/4 bagian vla vanila

Topping/tiger (kocok semua bahan sampai rata, masukkan dlm. piping bag) :
- 50 gr terigu
- 50 gr gula halus
- 50 gr butter
- 1 sdm air

Cara membuat :
  1. Kulit : masak air, margarin. garam sampai mendidih. Masukkan terigu sekaligus sambil diaduk sampai kalis. Angkat, dinginkan. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata. Masukkan di piping bag. Gunting ujungnya sekitar 2 cm, semprotkan di atas talam bersemir margarin tipis. Semprotkan bahan tiger bentuk spiral dari tengah ke bawah. Panggang dengan panas oven 200 C atau 400 F selama kurang lebih 20-25 menit sampai garing kekuningan. Dinginkan, lubangi bawahnya dengan sumpit.
  2. Vla vanila : campur semua bahan kecuali butter dan aduk sampai rata dan halus (kalau perlu disaring). Masak sampai meletup-letup. Sisihkan.
  3. Vla cokelat : panaskan krim kental asal panas. Masukkan butter dan cokelat aduk sampai semuanya meleleh dan kental. Tambahkan 3/4 vla vanila ke dalam ganache dan kocok sampai rata. Dinginkan di kulkas.
  4. Penyelesaian : masukkan bahan vla ke dalam piping bag yang digunting sedikit ujungnya. Semprotkan ke dalam kulit pie yang sudah dilobangi sedikit. Sebagian diisi vla cokelat, sisanya diisi vla vanila.
  5. Siap disajikan.
Ini gambar sus isi cokelat. Yummy and very creamy. Yang di bawah sus isi vla vanila. Yummy juga kok..

Ini gambar step by stepnya, biar ada bayangan gimana modelnya.


Tips : pada saat mengisi adonan vla cokelat, agar isi piping bag tidak bleber keluar, arahkan piping menghadap ke atas dan masukkan ke dalam sus. Setelah tertancap, arahkan piping bag ke bawah dan semprotkan bahan vla sampai kulit terisi.

19 komentar:

Anonim mengatakan...

Mbak,saya maw tanya. klo bagian kulitnya saya tambahin pewarna makanan, kira2 takarannya seberapa ya?

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya kulit sus apa kulit tigernya??

Kalo kulit sus untuk satu adonan kira kira 2-3 tetes aja kecuali mau yang lebih terang warnanya bisa ditambah. Tapi kadang kalo pewarna di adonan nggak terlalu kelihatan terang, ntar pas mateng jadi lebih keluar warnanya. Jadi pakenya jangan terlalu banyak. Ada juga jenis pewarna yg agak mahal, pake dikit aja udah ngejreng...pokoknya tergantung pewarnanya mbak. Nuangnya juga pake feeling aja...

irma mengatakan...

maksudnya 3/4 bagian vla vanila itu gimana ya mbak?
setelah vla vanila jadi, langsung 3/4 bagian vanila disisihkan utk coklat ya...
berarti itu jadinya 1/4 bagian susnya diisi vanila dan 3/4 susnya diisi coklat ya...

kocomripat mengatakan...

Fotonya bikin ngiler..
Mau tanya nih, Mbak.. *sering banget nanya* :D
Itu utk adonan susnya dikocok pake whisk aja or mixer?
Trus utk adonan toppingnya dikocok pake mixer?
Thanks for share, Mbak.. :)

Hesti HH. mengatakan...

@ Irma : bener mbak.

@ kocomripat : kalau saya ska pake mixer biar cepat campurnya mbak tapi masukin telurnya satu persatu atau kalau mau sekaligus kocok lepas dulu telurnya. Topping jg pake mixertapi harus 2x resep di atas supaya cukup tuk semua susnya.

paulina gunawan mengatakan...

Mba Hesti, saya sudah coba resep kue sus ini. Rasanya enak...semua aku cobain bilang enak. Katanya mirip beardpapa hihihi...thankyou mba Hesti buat resepnya

Anonim mengatakan...

Mbak sy mau tnya. Ini kalu udh dingin emang toppingnya jd meleleh gitu ya? Kok pnya sy meleleh ya jd lengket2 gtu. Solusinya gmna mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak.....happy deh dengarnya

Hesti HH. mengatakan...

Solusinya, jangan diisi langsung semua mbak. Begitu akan disajikan dipanaskan dulu kulitnya sampoai garing baru deh diisi ^^

Henny Saragi mengatakan...

Mba Hesti, di resep Filling fla vanila kan ada butter, itu kpn dimasukannya ?

Hesti HH. mengatakan...

Terajgir mbak, pas dah diangkat. Aduk terus sampai butternya leleh dan nyampur di adonan vla

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum.mba hesti salam kenal saya hikmah..saya penggemar setia semua resep mba dan da beberapa yang sudah saya buat seperti martabak dan kuenya mba.oiy mba saya mau tnya untuk resep sus jepang ni untuk bahan kulitnya proses penyampuran air+margarin+garam+tepung memang dimasak dan diaduk hingga mendidih ya mba bukan di whisk atau mixer y mba .mf ya atas pertnyaannya krn saya takut salah.maksih mba atas jawabanya

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, salam kenal mbak Hikmah...makasih sudah menjadi pembaca setia. Terigu masuk setelah air+margarin mendidih mbak. Telur masuk terakhir setelah adonan agak dingin. Emang begitu prosesnya kalau bikin kue sus mba.

mince flo mengatakan...

Salam kenal mba.. sy udah coba resepnya,tp kenapa bahan kulitnya encer banget ya..klo disrmprot ga bisa tinggi...jd ga bisa diisi flanya..tp setelah matang enak..tp ga kayak kue sus lagi😁

mince flo mengatakan...

Halo mba.sy udah coba bikin kuenya semalam..tp kenapa bahan kulitnya encer banget ya..waktu didsemprot melebar ga bisa tinggi..tp setelah matang tetap enak..walau ga bisa diisi flanya..

Hesti HH. mengatakan...

Apa masukin telurnya pas adonan masih panas mba? atau bisa juga telurnya kebanyakan. Mgkn telur yang mba gunakan ukurannya besar besar. Tapi biasanya akan tetap ngembang besar sekali dan dalamnya kopong besar juga.

Wiji Lestari mengatakan...

mbak mau nanya saya tiap bikin sus jepang knp y bawahnya udah coklat bgt n bagian luar juga udah kering udah saya oven 400F slm 30mnt tp stlh saya keluarkan sus jd ngempes (mengecil) otu penyebabnya ap y mbak mohon bantuannya thx

juwita sari mengatakan...

kalo resep di atas kira2 bisa jadi berapa biji mba ?

Hesti HH. mengatakan...

@Wiji : memang beda oven beda panasnya mba. Mba taruh di rak bawah ya? kalau memang begitu lain kali taruh di rak tengah aja mba spy dasarnya gak cpt gosong, matang merata dan kering luar dalam.

@Juwita : tergantung ukurannya mba. Saya biasanya bisa sampai 40 ukuran sedng

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails