Tuesday 21 December 2010

Ayam Woku


Bahan :
- 1 ekor ayam, buang kulitnya lalu potong sesuai selera
- 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
- 2 batang sereh, digeprek
- 3 ruas jahe, digeprek
- 2 batang daun bawang
- 1 lembar daun pandan, ikat
- 1 genggam daun kemangi
- 2 buah tomat, potong-potong
- 5 sdm minyak untuk menumis
- air

Bumbu halus :
- 4 buah cabe merah besar
- 3 buah cabe keriting
- 8 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 4 butir kemiri
- 2 ruas kunyit
- garam secukupnya
- gula secukupnya

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, jahe, daun jeruk, pandan dan sereh sampai wangi. Masukkan ayam. Aduk-aduk hingga rata. Tambahkan air secukupnya. Bubuhi garam dan gula pasir.
  2. Masak sampai ayam matang dan bumbu meresap. Tambahkan tomat, daun bawang dan daun kemangi. Masak lagi sampai semuanya layu dan harum.
  3. Angkat. Siap disajikan.

6 comments:

meinekueche said...

halo mba, akhirnya saya praktekkan resep ini...senengnya, rasanya sama dengan masakan kantin di kantor saya, ga usah beli lagi deh, cukup bawa bekal resep dari mba Hesti..makasi ya,,,

Hesti HH. said...

Alhamdulillah...senangnya mBak kalo suka sama resepnya. Makasih juga ya udah sharing hasilnya ^^ really appreciate it!

Ella said...

Mba Hesti..kenalan nama sy Ella. Sy dah coba resep ayam woku ini..maknyuuuss bgt, jd menu andalan kluarga;) klu d daerah sy biasany pake ikan Mba n ada tambahan kcg kenari cincang..hehe. pengganti kemiri... skli lg makasih yah Mba resepnya...mantaapp:D.

Hesti HH. said...

Hallo mba Ella, salam kenal yaaaa
Alhamdulillah kalo cocok ma resepnya. lkha menarik itu resep yang pake kenari. Boleh minta resepnya gak. Dari daerah mana?? ternate kah?

digi said...

Kalo melihat penampakan diatas bukan woku tapi "ayam tumis bumbu woku" karena bumbunya di tumis. Kalo masak woku bumbunya tidak di tumis dan jgn memakai bawang putih sebab aroma bawang putih akan menghilang rasa dan aroma bumbu2 masakan woku itu sendiri. Bawang merah juga tidak di butuhkan karena sdh memakai daun bawang. Setuju dgn Mba Ella, kalo mau sedikit kreatif tanpa mengorbarkan aroma dan rasa bumbu woku, kemiri bisa diganti dengan kenari atau kacang mente.

Hesti HH. said...

Waaaah terima kasih masukannya. Jadi kalau tdk memakai bw putih dan bw merah bumbunya jadi dikit dong...apakah akan tetap wangi ya??

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...