Minggu, 09 Juni 2013

Klappertaart (versi kering)




Kemarin aku beli kelapa muda. Langsung deh anak anak minta dibikinkan klappertaart. Memang sih sudah lumayan lama aku ngga buat dan rasanya kangen juga. Aku bikin dua versi. Versi custard ala wilton dan versi padat/kering. Nah yang aku posting kali ini versi padatnya karena memang aku belum pernah bikin. Setelah cari cari aku tertarik sama klappertaartnya Mbak Endang. Judulnya aja klappertaart original Menado. Apalagi yang punya resepnya Mbak Ellen Antheunis yang kalau nggak salah memang orang Menado. Ya segeralah aku pilih resep ini tuk dipraktekkan.

Untuk rasa...kedua duanya enak dengan keunggulan masing masing. Kalau versi custard tentu saja lembut membelai lidah dan rich karena menggunakan susu dan banyak telur. Anak anak lebih suka dimakan hangat sambil disendokin. Nah, versi potong ini juga enak. Ngga terlalu manis dan mild rasanya. Teksturnya padat tapi nggak keras. Bagusnya  versi ini bisa dipotong potong serta gampang dihidangkan. Cuma kurang seru rasanya kalau makan klappertaart tanpa aroma kayu manis. Jadi aku taburilah atasnya dengan campuran gula bubuk dan kayu manis. Nah kalau yang kedua aku dan hubby suka. Yang jelas dua duanya enak.





Berikut resepnya Mbak Ellen "Chicken's Kitchen" yang aku ambil dari Mbak Endang. makasih ya mbak Endang udah sharing. Bahan sedikit aku rubah sesuai bahan yang ada di rumah.

Bahan :
- 200 gr gula pasir
- 220 gr tepung terigu protein sedang
- 100 gr butter atau margarine, cairkan
- 200 ml air kelapa
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 2 kelapa muda, keruk isinya
- 4 butir telur
- 40 gr kismis
- 1/2 sdt vanili bubuk


Cara membuat :
  1. Larutkan susu kental manis dengan air kelapa, sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula sampai agak mengembang tapi tidak sampai pucat atau kental berjejak.
  3. Tambah vanili, tepung, susu dan mentega cair, aduk terus dengan sendok kayu sampai rata dan busanya hilang. Tuang ke loyang atau pinggan tahan panas beroles margarin. Taburi kismis.
  4. Panggang selama 30-40 min dengan suhu 170-180°C. Angkat. Dinginkan lalu potong potong.


24 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak hesti, kelapa muda nya di masukin di step no. 2 ?

Chairul Liza mengatakan...

Mba larutan air kelapanya dimasukin pas kapan yah?

Hesti HH. mengatakan...

Kelapa muda masuk terakhir mbak.

Hesti HH. mengatakan...

Di step 3 mbak, kan dia udah campur susu...

amartiwi raihana mengatakan...

mintaka resep ta

diana mengatakan...

Mba hesti, salam kenal
Sy sdh beberapa kali coba resep2 mba hesti antara nya opor, kue kering emping, pisang ijo dadar, siomay...
Td aku praktek bikin klappertaart kering ini, tp kok punyaku seperti bantet ya mba? Trus kelapanya itu pada ngumpul di atas semua :-) apa krn aku aduknya kurang lama ya sampai masih berbusa? Atau mungkin aku kocok telunya terlalu lama? Trus mba, waktu aku keluarkan dr loyang, kok mentega cair gitu ya di loyang?

Mohon masukan nya mba hes
Thank u ya mba hesti

Hesti HH. mengatakan...

memang klappertart versi ini agak padet mbak, beda banget sama klappertart basah yg berupa vla.
Tapi harusnya tetep lembut. Ngocoknya jangan sampe kelamaan dan ngembang, cukup agak meengembang aja. Mungkin itu sebabnya mbak...maaf nggak bisa bantu

NItta Sestra mengatakan...

salam kenal, mbak :)
udah lama ngikutin blog mbak dan pada semakin termotivasi buat ke dapur. Resep dan variasinya banyak banget, bener-bener salut buat mba Hesti. Makasih banyak udah mau berbagi ilmu, mbak :)

Hesti HH. mengatakan...

@ Nitta : salam kenal juga mbak,sama sama mbak makasih juga...doakan supaya daku tetap semangat update blog yaaa

Anonim mengatakan...

mbak hesti..untuk 1 resep ini jadinya berapa potong ya?makasih :)
keep posting mbak..

-riska-

Renie Yustanti mengatakan...

hallo mbak hesti, resepnya gampang ajah tu,, sya pengen nyoba besoknya ! mudah mudahan jadi yaa... hehehhe

program menurunkan berat badan mengatakan...

Waah, nikmat nih kayaknya.

Anonim mengatakan...

Mba Hesti klappetart simple ini ya,penasaran sama klappetart,coba kulit risolesnya juga pas banget,liat,ga lengket

Anonim mengatakan...

Mbak,salam kenal ya.namaku lenny.aku udah coba buat,cm kok ga kokoh kyk punya mbak hesti ya.hikz..tp rasanya sih cihuy..hehe.resep crumble nya kata anakku mantapppp...cm aku ganti bluberry..pinter banget sih mbak hesti..

Hesti HH. mengatakan...

@Riska : saya lupa mbak krn udah lama, mungkin sekitar 20buah.
@Renie : Good luck mbak, ditunggu hasilnya ^^
@Anonim : alhamdulillah kalo cocok...
@Anonim : salam kenal mbak Lenny, makasih pujiannya. hehe tunggu dingin mbak baru dipotong ^^

lenny agustina mengatakan...

Mbak di oven ku kok 60 menit ya.oven jadul ngaruh kali ya.hehe.40 menit,msh cair bgt.oven ku tuh oven nangring.yg ada mickey mouse nya itu..(baru tau itu sebutannya.hihi)overall enakkkkk...

Hesti HH. mengatakan...

Hehe iya kali mbak, maaf aku juga gak ngerti kalau oven yg lain gimana ^^

emma mengatakan...

Aswrwb....,salam kenal Mba Hesti, barusan coba resep klapertart kering ini, dgn bahan pas2n, air kelapa cma dapat 150ml sisanya tmbah air susu sja, tp pas jadi bagian bawah lebih keras dibanding bagian atasnya. Apa pngaruh kurang air kelapa itu ya? Oya ini resep kesekian yg dicob, maaf baru pamit..., semuanya sukses. Tp posting hasilnya hnya di akun FB dgn foto ala kadarnya.

emma mengatakan...

Oya satu lagi mba....kok kismis di klaprtart bikinanku tenggelam smua? Gak kyak punya mba yg bermunculan di atas....hehee...punyaku karena kurang kismis malah pake sukade dan sukadenya yg pada muncul dipermukaan kue. Apa kismisnya ditabur saat setengah matang?

Anonim mengatakan...

Punyaaku juga toppingnya pada tenggelam smua mba. Harusny gmn mba hes?

Hesti HH. mengatakan...

@Emma & anonim : boleh ditabur pas setengah matang mba. Bisa juga di awal memanggang tapi kismisnya ditabur tepung/susu bubuk dulu yaaa

Desti Dwi mengatakan...

makasih infona mbak hesty , bahan nya ga ribet,,,

Hesti HH. mengatakan...

Beneeer mba, selamat mencoba yaaaa

irham dhafin mengatakan...

Mba hesti klo bahan2nya dibagi 2 bisa ga
Saya pgn bikin kue ini tp takut gagal, klo baha2nya cm 1/2nya az kn hemat
Makasih

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails