Sabtu, 15 Juni 2013

Brownies Tape




Cari varian yang lain tuk brownies kali ini pilihan jatuh ke brownies tape. Kenapa tape?? ya karena yang lainnya sudah dicobain semua. Mulai brownies pisang, cappucino, cheese marble, kukus, ketan hitam dan masih banyak lagi. Aku suka semua jenis kue yang ada tapenya. Tapi ragu kalau brownies cocok dipadankan dengan tape. Makanya daripada penasaran langsung aja dicoba.

Sewaktu diicip pas masih panas, aroma tapenya terasa. Bukan di hidung karena baunya seperti brownie yang biasa aja. Di lidah pun tak terlalu terasa tapi begitu masuk di kerongkongan terasa aroma khas tapenya. Walaupun tetap dominan cokelatnya ya. Ada sedikit rasa pahit diujung lidah. Lucunya...setelah dingin malah nggak terasa. Malah menurutku, orang nggak bakalan tau kalau dalam adonan brownie ini ada tapenya. Karena udah terbukti. Hubby aja langsung makan tanpa komen. Aku tanya apa ada rasa yang lain, katanya biasa aja...ya rasa brownie. Hehehehe...tuh kan. Yang aku suka tape menyumbang kelembaban pada brownie ini. Beda dengan brownie biasa yang agak dense, yang satu ini lembut banget. Berasa seperti makan tape. Tak perlu dikunyah disesap saja dah lumer. Aku suka...walaupun masih lebih suka brownies cappucino sih ^^




Resep aku lihat di Tabloid Saji edisi 256. Aslinya pake baking powder tapi aku skip karena memang brownies yang asli nggak pake baking powder kan. Ternyata ngembang juga kok. Berikut bahannya...

Bahan :
- 125 margarin (aku 75 gr margarin,  50 gr butter)
- 225 gr cokelat masak pekat, cincang
- 3 butir telur
- 125 gr gula pasir
- 150 gr tape singkong, haluskan
- 50 gr tepung terigu protein sedang
- 25 gr cokelat bubuk
- 25 gr susu bubuk
- 1/4 sdt baking powder (I skip this)
- 25 gr cokelat chips tuk taburan

Cara membuat :
  1. Panaskan margarin dan butter. Matikan api. tambahkan cokelat cincang. Aduk sampai larut. Masukkan tape singkong, aduk rata. Sisihkan dan biarkan mengental.
  2. Kocok telur dan gula pasir 2 menit sampai rata (aku pake whisk aja asal gula larut).
  3. Masukkan campuran margari sambil diaduk hingga rata.
  4. Tambahkan campuran terigu, cokelat bubuk dan susu bubuk yang sudah diayak. Aduk asal rata.
  5. Tuang di loyang 30x10x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburkan coklat chips.
  6. Panggang dengan oven suhu 180C selama sekitar 30 menit atau ketika tes tusuk ada sedikit crumble di tusuknya tapi sudah tidak basah. Angkat, dinginkan.





14 komentar:

Dan AZ mengatakan...

MasyaAllah, saya nulis komen sambil lap iler. hehehe.. :)
ijin copy resepnya ya mbak...
insyaAllah dibikin pas ada tape, hehe...

rima rahman mengatakan...

Ma'nyuuus nih...Rima kmrn dah cb brownies pisangnya mbak,,kelwrq ku suka,lembut n unik

rima rahman mengatakan...

Ma'nyuuus nih...Rima kmrn dah cb brownies pisangnya mbak,,kelwrq ku suka,lembut n unik

ulfa mengatakan...

penampakannya enak banget mba hesti... saya blm prnh buat brownies pake tape, harus di coba ni mba biar tau rasanya gimana.. makasi y mba

Hesti HH. mengatakan...

Hihihi...jangan lupa sedia lap ya mbak.

Semoga suka sama resepnya, ditunggu hasilnya ^^

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak kalau suka...

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, lumayan buat variasi...sekalian menghabiskan sisa tape yang tinggal sedikit ^^

analisa mengatakan...

waaaa menggoda iman....

Rima Rahman mengatakan...

mbak hesti,,rima dah coba nih..
bener tuh pas dimakan,kuenya lumer dimulut n tapenya sih g tak terlalu berasa..
wanginya unik deh tape tp nyoklat ^^

Hesti HH. mengatakan...

@ Analisa : enak lho mbaaak...

@ Rima : semoga suka yaa..

Anonim mengatakan...

wah mbak Hesti, bener2 bikin ngiler semua nih foto2 mbak..
ohya, usul nih mbak (kalo belum pernah bikin)gimana kalo nyoba bikin brownies kering? saya sudah cari resep2 nya tapi kok belum ada yg pas. tolong ya mbak kalau mbak ada resepnya? terimakasih berjuta- juta :)

Anonim mengatakan...

mbak Hesti, resep brownie tape nya sudah aku coba. dan hasilnya enaaaak banget. langsung ludes wkwk. makasih ya mbak sudah share resep :)

fina wati mengatakan...

Mba hesty,brownies tape saya baru keluar dr oven,karena saya buat diloyang 24x10x4 masi ada sisa nya,saya pake cup aja.. saat masi panas saya potong brownies yg di cup,ngak terasa tapenya,malah coklatnya yg terasa banget.. brownies nya lembut mbak,ngak kayak brownies biasa.. ohya mbak kenapa ya waktu masi dioven kembang n tinggi adonan.. pas uda keluar,kuenya turun.. apa ada yg salah ya,saya kocok telur pake whisk aja... thanks mba

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin kocok pake whisknya kekencangan mbak, diaduk aja sampai rata. Semoga rasanya tetep cocok ya mba...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails