Selasa, 18 Juni 2013

Opor Ayam




Aku sering bikin olahan ayam berkuah yang mirip opor tapi baru kali ini bikin opor beneran. Maksudnya?? iya, yang aku bikin lebih mirip kari sih. Sebenarnya opor ya kari juga tapi bumbunya lebih minimalis serta warnanya agak pucat karena tidak menggunakan cabe dan kunyit. Nah, kalau kebetulan pas makan di rumah teman dan disuguhkan opor ini, anak anak suka sekali dan seringkali minta dibikinkan. Nah hari ini aku sempatkan tuk mencoba resep ini. Segera anak anak makan dengan lahapnya, soalnya sama sekali nggak ada jejak pedesnya. Padahal karena gemes warnanya terlalu pucat tetap juga aku tambahkan cabe merah besar. Tapi cuma seiprit...sepotong aja agar ada semburat semburat merahnya. Halaaah....liat aja di gambar nggak kelihatan kalo ada cabenya kan??? Resep di atas ini menghasilkan opor yang agak kental. Kalau mau lebih light bisa menggunakan santan encer ya.

Untuk mendapatkan hasil opor yang beraroma wangi dan tidak terlalu berlemak, bumbu bumbu kering sebaiknya disangrai sebelum dihaluskan. Kulit ayampun sebaiknya dibuang apabila menggunakan ayam ras.


Bahan :
- 1 ekor ayam, potong sesuai selera
- 1000 ml santan dari 1 butir kelapa
- 4 lembar daun jeruk purut
- 3 lembar daun salam
- 2 batang sereh, geprek
- 2 ibu jari lengkuas, geprek
- 1 sdt air asam
- garam secukupnya
- gula secukupnya
- 5 sdm minyak untuk menumis bumbu

Bumbu halus :
- 8 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 cm jahe
- 3 butir kemiri, sangrai
- 1 sdm munjung ketumbar sangrai
- 1/4 sdt jintan sangrai
- 1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, salam, lengkuas dan sereh hingga wangi.
  2. Masukkan ayam, aduk aduk hingga berubah warna. Tambahkan santan dan garam, aduk rata.
  3. Biarkan mendidih sambil diaduk sesekali. Tambahkan air asam dan gula, masak hingga santan sedikit menyusut. Cicipi, dan tambahkan bumbu yang kurang.
  4. Nikmat disajikan dengan taburan bawang goreng.


13 komentar:

Anonim mengatakan...

mba hesti.. saya silent reader nya mba hesti... photo2 nya cantik2 pake kamera apa mba? makasi yaah :)

rima rahman mengatakan...

mbak hesti,,,ini opor ayam favritku klo lebaran rasanya kurang afdol klo blm ada opor ayam,aplgi klo ayamnya ayam kampung..wiiih bikin ngilller..

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak, saya pakai DSLR Canon EOS 60D...

Hesti HH. mengatakan...

Iya *tosssss* aku juga suka...kenapa juga aku baru bikin yaaaaa...

Sashy mengatakan...

Aduh mba Hesti opornya keliatan enak banget , ini favorite suamiku ... kalo dia liat postingan mba ini pasti minta dibuatin :)

anggriany lqbal mengatakan...

Wah.. Hesti ley ini menu andalan di t4 mertua klo lebaran ditambahin sambel goreng ati pake pete ma krecek..makannya pake lontong....wuiihh enak tenan...

Hesti HH. mengatakan...

senangnya kalau hubby suka, suamiku malah nggak makan ayam...jadi yg embat anak anak dan ibunya aja ^^

Hesti HH. mengatakan...

Betuuuul, ini menu wajib kalau lebaran di jawa di' Anggilei...favoritku sambel goreng ati petenya hehe^^

annie mengatakan...

allow mba hesti...aga kareba,
saya sdh coba gank resep opor ayamnya, rasanya mantap mentong...alias maknyussss
makasih naa untuk resep2nya

Hesti HH. mengatakan...

Karena madeceng ndi' hehe

Alhamdulillah kalau suka. makasih juga sudah dicoba gang ^^

Aneka Resep Masakan mengatakan...

waw, opornya kayaknya enak banget nieh,,, Aneka Resep Nusantara memang harus dilestarikan

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak, sudah mampir...

opor ayam kampung mengatakan...

mantep ni opornya,makasih ya jeng...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails