Saturday 29 June 2013

Roti Konde Cokelat Keju




Bosan dengan bentuk roti yang biasa kali ini aku bentuk konde aja. Kenapa kusebut konde? karena memang mirip kondenya ibu ibu yang berkebaya hehe. Cara bikinnya bisa lihat Home Baking. Di sana pake isian candied orange sedangkan aku isiannya mises dan atasnya ditabur keju. Cara bikinnya sama awalnya, tapi punyaku dililit menjadi simpul sedangkan aslinya digulung melingkar aja.

Resep seperti biasa pake andalan water roux, silahkan lihat di sini.

11 comments:

yenny said...

Mbak hesti boleh tanya ya. Kenapa dg resep water roux roti saya hanya empuk saat panas. Stl dingin terasa seret. Dimana kesalahan saya mbak? Trmksh

yenny said...

Mbak hesti boleh bertanya ya. Kenapa dg water roux roti saya hanya empuk saat panas? Stl dingin kok seret. Dimana kesalahan saya mbak? Trmksh mbak hesti

yenny said...

Salam kenal mbak hesti.boleh tanya ya mbak. Kenapa dg water roux roti saya hanya empuk saat hangat. Bgt dingin lgs terasa seret. Dimana ya mbak kesalahan saya? Resep nya persis dg punya mbak hesti. Trmksh ya mbak.

yenny said...

Hesti boleh ya saya bertanya.kenapa dg water roux roti saya masih gampang keras.pdl sdh elastis kok.apa ya kira2 kesalahan saya. Trmks.

Hesti HH. said...

Mungkin bisa beberapa hal mbak. Bisa saja water rouxnya terlalu panas/mendidih atau keenceran. Suhu idealnya adalah 60C atau sampai mendekati mendidih tapi belum berasap terlalu banyak. Pokoknya asal kental aja, ketika sendok diaduk kelihatan jejaknya di dasar panci.

Bisa juga karena memanggang terlalu lama sehingga roti menjadi kering. Panas oven kan beda beda jadi tanda matang itu kalau atas bawahnya udah kecokelatan nggak usah terpaku sama waktu di resep.

Resep water roux jg ada 2 macam. Ada yg pake telur ada jg yang tidak. Dua duanya lmbut tapi sedikit perbedaan di teksturnya. Pori2 yg tdk menggunakan telur lebih besar dan lebih cepat kering dibanding yg menggunakan telur tapi yang jelas lembutnya bisa sampai 2 hari kok mbak.

Ini resep andalanku mbak, karena dari pengalamanku roti inilah yang paling lembut tanpa bahan tambahan.

Anonymous said...

Assalamualaikum kak hesti :-) kak, ini mutia yg di jln ngurah rai hehe,kak sejak lama aku sering mampir liat blog nya :D 10 jempooool.. Kak numpang nanya sedikit,kl permukaan roti gak mulus a.k.a keriput knp ya kak?adonan udh aku tonjok and giling. Apa waktu proofing nya terlalu lama?

Unknown said...

Assallamualaikum Mbak Hesty,
Waah mbak, terima kasih lho resep-resepnya selalu enak dan menginspirasi diriku yang baru belajar memasak. Aku sudah coba beberapa resep rotimu mbak dan Alhamdullillah enak and lembuut banget. Tapi saya mau nanya mbak, kenapa setiap kali bikin Roti, bagian atas roti selalu pucat, tapi bagian bawah sudah cokelat bahkan ada yang gosong. Padahal oven sudah aku otak-atik suhunya dan posisinya sudah aku coba pindah2. Aku pakai oven listrik mbak . Kira-kira dimana ya letak kesalahannya? . Sekali lagi terima kasih , sudah mau sharing lewat blog ini. Salam dari Sarajevo.

Hesti HH. said...

@Anonim : waalaikumsalam, waaaaaaaah daku kok kelewatan baca komen mutia, maaf yaaaaa.
Permukaan keriput setelah keluar oven? atau memang ketika dibentuknya gak mau mulus mbak?
Kalau ketika keluar oven artinya over fermentasi mbak. Tapi kalau keriputnya karena gak mulus artinya sewaktu membentuk kurang ditarik tarik mbak *susah menjelaskannya harus liat langsung kayaknya*

Hesti HH. said...

@Hanifa : waalaikumsalam mbak, alhamdulillah kalau berkenan resepnya mbak. Ternyata mbak jauh banget ya di sana ^^
Tentang warna roti itu biasanya masalah pemanggangan atau oven saja mbak. Kalau ovennya besar loyang bisa di taruh di bawah dulu mbak, ketika dasarnya sudah cokelat pindahkan loyang ke rak atas dan masukkan loyang berikutnya ke bawah. Bisa juga loyang di taruh di rak tengan agar panas apinya dapat di bawah dan atas.

Kalau menggunakan loyang besar memang kadang begitu mbak. Karena space untuk panasnya naik ke atas ketutup sama loyang sehingga yg cokelat cuman bawahnya. Jadi untuk menguningkannya harus dipindah atau bisa menggunakan api atas bawah (saya cuman pakai api bawah krn gak bisa atas bawah bersamaan). Atau pakai loyang yang ukurannya lebih keci dari lebar ovennya mbak sehingga panas dari bawah bisa naik ke atas.

Unknown said...

Mbak, saya coba membentuk roti kentang saya seperti roti konde diatas tapi meises meleleh mengotori permukaan roti. kenapa yah mbak?klo pny mbak Hesti kan meises tdk meleleh.
mksh

Hesti HH. said...

Misesnya jangan terlalu banyak mbak. Kalo banyak dan saling nempel jadi leleh kena panas. Saya juga pake merk Ceres gak terlalu gampang leleh kok.

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...