Monday 3 June 2013

Cake Labu





Cake labu ini sudah pernah aku posting sebelumnya. Tapi karena hari ini aku bikin dengan tambahan topping jadi aku posting lagi. Aku skip emulsifiernya tp tetep pakai baking powder. Taburan aku tambahkan kenari dan kismis...benar benar melengkapi rasa manis dari labu. Supaya tidak tenggelam ke dasar loyang, taburi kenari dan kismis dengan sedikit terigu dan susu bubuk. Hmmm wangi pokoknya.Tekstur kue moist karena ada labunya. Cenderung perpaduan antara butter cake dan kue lumpur. Lho kok?? iya benar...sebenarnya ini termasuk cake, tapi karena di dalamnya mengandung labu yang agak banyak jadi hasilnya sedikit dense gitu deh, pokoknya harus dicoba supaya tau rasanya. Yang jelas selain pumpkin bread, ini adalah kue favoritku.

Untuk kue ini labunya aku panggang untuk mengurangi kandungan airnya. Jadi labu aku panggang dalam loyang yang ditutup alumunium foil sampai masak. Tandanya apabila ditusuk dengan tusuk sate, tembus sampai ke bawah dengan mudah. Panas panas langsung dihaluskan ya supaya nggak bergerindil.




18 comments:

Dewi F'yanti said...

Mb Hesti TOP B G T deh, tiap hr bs baking n cooking menu sehari2 pst'y..andai mb hes itu dkt rmh aq tiap hr deh aq sambangin, hehee..
pgen deh swt saat bs ky mb hes, bnr2 ibu n istri yg luar biasaaa...#hopefully...

Dewi F'yanti said...
This comment has been removed by the author.
Lina IbunyaAzRaf said...

pumpkin....oh... Pumpkin... bikin penasaran sama rasanya... Kbtulan di sini ga liat2 labu di pasar...
Mba, msh suka pake food additives ga?

dapur said...

wiiiiikkk... enak e... kpn2 bikin ah..
oya mbak hes, ak pernah bikin pumpkin bread rasanya enaaakk, gak berhenti ak makannya hahaha. tapi kenapa atasnya bolong2 ya?gak kayak punya mbak hesti yg mulus...

bunda shofi said...

salam kenal mb hesti. bagian dalam cakenya bagus banget warnanya, kapan2 mau nyoba ahh.. oh ya ijin nge-link blognya ya mba.. tx

Hesti HH. said...

Makasih apresiasinya mbak Dewi ^^

Tapi nggak tiap hari juga baking & cookingnya kok mbak. Orang kira aku rajiiin banget padahal kalo capek atau datang malasnya aku juga beli. Tapi kalau kebetulan pas belanjanya ketemu teman pasti tegurnya kayak mbak, "Lho kok tukang kue beli kue??? hihihi

Hesti HH. said...

Makanya dicoba biar gak penasaran. Resep lain lagi dong, kan banyak ^^

Aku maunya sih menghindari mbak, tapi saat ini cuman bisa mengurangi. Kalo emulsifier sih udah jarang tapi baking powder or soda kue masih. Pewarna jg kadang kadang kalau nggak nemu pengganti alaminya. Kadang ada jg resep resep yg "I'm dying to try" tapi nggak bisa kalo diskip bahan tambahannya itu, nanti beda tekstur. Tapi menurutku selama takarannya wajar dan syukur syukur lagi kalau bisa kita kurangi lebih bagus lagi. Masih jauh lebih baik daripada anak anak jajan di luar yg kita tdk tau pake bahan apa aja...

Hesti HH. said...

Syukurlah mbak kalo suka.

Kalau masalah permukaannya yang bolong bolong mukngkin ngaduknya terlalu keras mbak, jadi gelembung udaranya sewaktu dipanggang pecah dan meninggalkan jejak bolong. Mungkin lho....aku jg gak yakin ^^

Hesti HH. said...

Untuk resep di atas aku skip emulsifiernya tp tetap pake baking powder. tetap mengembang dan lembut karena memang labunya bikin moist.

Hesti HH. said...

Makasiiiih....silahkan nge-link mbak

ningnung said...

mba hesti, ngoven labunya kira2 berapa lama ya? makasi mba :)

Hesti HH. said...

Sekitar 30 menitan mbak, dites tusuk aja untuk ngetes matangnya. kalau pas ditusuk langsung tembus sampai ke bawah artinya dah matang.

Unknown said...

aku suka banget nih bikin kue labu, tapi belum coba pake topping kismis, makasih ya resepnya, blognya bagus

Hesti HH. said...

makasih juga mbak, udah mampir...

Febry said...

Mba..aku sudah coba resep kue labu ini. Enak. Padahal awalnyya takud gagal krn adonan encer banget.

mba. Mau tanya kalo menteganya dikocok apakah bisa?

Hesti HH. said...

Syukurlah kalo jadi mbak.
mengocok mentega itu biasanya tipe kue buttercake mbak. Tapi saya juga belum tau apakah tetap ngembang atau beda teksturkah krn belum pernah cona. Coba mbak bikin dulu baru kabarin ke aku ^^

Anonymous said...

Assalamu'alaikum mbak hesti, ijin nyontek-nyontek resepnya ya mbak. Kebetulan lagi banyak labu nih dibawain bapak waktu maen kerumah. Keliatannya kuenya sangat empuk ya mbak....
salam kenal -ummu habiba-

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, silahkan ummu habiba,, semoga sukses resepnya yaaa

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...